Home / Wordpress / 7 Hal Yang Harus Anda Lakukan Untuk Keamanan WordPress Anda

7 Hal Yang Harus Anda Lakukan Untuk Keamanan WordPress Anda

Artikel kali ini akan membahas masalah keamanan atau security dari website berplatform wordpress. Meski wordpress adalah CMS paling modern dan canggih apalagi dengan fitur terbarunya yaitu editor Gutenberg, platform wordpress semakin digandrungi. Namun semakin populer wordpress digunakan oleh internet marketer maka semakin besar juga peluang para hacker mencari celah menembus keamanan website wordpress karena banyaknya para pengguna website wordpress.

Baca juga : Cara Menonaktifkan  Editor Gutenberg Pada WordPress

Kali ini saya akan bahas beberapa tips yang bisa meminimalkan resiko kerugian dari ulah para hacker untuk website wordpress kita.

1.Pastikan password admin yang “strong”

Semakin unik dan “aneh” password yang Anda gunakan akan semakin baik. Pastikan password Anda terdiri dari kombinasi angka dan huruf bahkan ada karakter karakter khusus seperti #,^*& dan lain lain.

2. Gunakan Captcha dihalaman login admin atau membership

Hal ini untuk memastikan bahwa mereka yang sedang mencoba login adalah bukan robot atau tool tool aneh, tetapi memang manusia. Anda bisa gunakan plugin captcha untuk melengkapi sistem keamanan ini.

3. Pastikan tidak pernah telat update wordpress ataupun pluginnya

Karena wordpress adalah platform yang sifatnya opensource maka semua orang bisa melihat source code didalamnya dan tentunya akan selalu ada bug. Maka dari itu pastikan wordpress anda selalu update. Begitu juga dengan plugin yang anda gunakan.

Untuk mempermudah pekerjaan Anda tanpa kuatir ketinggalan update wordpress ataupun pluginnya, maka Anda bisa menggunakan plugin Easy Update Manager, dimana Anda bisa melakukan setingan sedemikian rupa dan plugin tersebut akan bekerja otomatis untuk update sistem Anda sesuai setingan Anda.

Baca juga : Cara modifikasi file .htaccess untuk tingkatkan keamanan WordPress

4. Non aktifkan editor theme dan plugin

Menonaktifkan editor theme dan plugin dari wordpress Anda, jika celah atau bug yang terlewatkan oleh Anda yang nantinya bisa merugikan Anda sendiri.

5. Menyembunyikan versi dari WordPress Anda

Yang dilakukan pertama kali oleh orang usil atau hacker yang ingin mengganggu website Anda adalah dengan melihat versi dari wordpress sebelum mulai “mengerjai” wordpress Anda. Oleh karena adalah langkah bijak jika menyembunyikan versi dari wordpress Anda.

6. Username login unik

Jangan menggunakan username default dari wordpress seperti “Admin” tetapi gunakanlah username yang unik.

7. Pastikan auto backup website dan database

Backup website dan database untuk menjaga jika dikemudian hari terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Jika diperlukan Anda bisa melakukan restore website Anda dari backup-an yang terakhir.

Itulah beberapa tips untuk menjaga keamanan website Anda. Semoga artikel ini bermanfaat.


Check Also

featured image juragan online

Trik Sederhana Optimasi Blog WordPress Agar Meranking di Google

Kali ini kita akan membahas Bagaimana membuat sebuah website berbasis CMS WordPress agar bisa bercokol …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *