Home / General / Kamu Wajib Tau, Inilah 5 Ciri-Ciri Ponsel Yang Sedang Disadap!
Kamu Wajib Tau Inilah 5 Ciri Ciri Ponsel Yang Sedang Disadap

Kamu Wajib Tau, Inilah 5 Ciri-Ciri Ponsel Yang Sedang Disadap!

Untuk mendapatkan informasi mengenai sesuatu tanpa diketahui orangnya langsung banyak orang yang melakukan kegiatan penyadapan. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang lumrah dilakukan bagi beberapa orang dan biasanya kegiatan menyadap ini dilakukan dengan tujuan membongkar suatu tindak kejahatan atau tindakan kriminal. Kegiatan menyadap yang dilakukan untuk membongkar suatu tindak kejahatan tentunya akan memberikan efek yang positif dan juga bermanfaat.

Tetapi tidak semua kegiatan menyadap dilakukan untuk memberantas tindak kejahatan. Ada juga kegiatan menyadap yang bertujuan untuk merugikan orang lain, kegiatan menyadap yang seperti inilah yang banyak meresahkan masyarakat dan tentunya merugikan banyak pihak. Oleh sebab itu, kita perlu waspada mengenai kegiatan penyadapan ini.

Untuk meningkatkan rasa waspada kita kita perlu mengetahui bagaimana ciri-ciri ponsel yang sedang disadap, seperti dibawah ini.

  1. Proses Shutdown Berlangsung Lebih Lambat dari biasanya

Ciri-ciri yang pertama bahwa ponsel Anda sedang disadap yaitu proses shutdown berlangsung lebih lama dari biasanya. Proses ini terjadi pada saat anda sudah menutup semua aplikasi dan sudah selesai dengan seluruh aktivitas yang Anda gunakan di ponsel, maka ketika anda akan mematikan ponsel tersebut  seharusnya tidak memakan waktu yang lama, tetapi jika proses shutdown pada ponsel kamu berlangsung lebih lambat dari biasanya maka kemungkinan besar ponsel kamu sedang disadap.

Mengapa hal itu bisa terjadi? Hal ini bisa terjadi dikarenakan ponsel kamu sedang menyelesaikan pekerjaannya untuk mengirimkan informasi kegiatan ponsel tersebut kepada si penyadap.

  1. Presentase Baterai Menurun dengan Cepat

Selanjutnya yaitu persentase baterai menurun dengan cepat. Pada saat ponsel kita disadap, biasanya daya baterai kita akan lebih cepat terkuras. Hal ini disebabkan adanya proses perekaman seluruh aktifitas ponsel yang kita gunakan yang kemudian akan dikirimkan kepada si penyadap. Proses pemantauan yang tidak kita sadari ini tentunya akan membuat daya baterai kita terkuras dengan sangat cepat.

Agar kamu tidak ragu mengenai hal ini, kamu bisa melihat perbandingan antara baterai ponsel yang kamu gunakan dengan baterai ponsel lain dengan software dan model yang sama. Jika hasil dari perbandingan tersebut membuktikan bahwa baterai ponsel anda terkuras lebih cepat dari pada ponsel dengan software dan model yang sama, maka kemungkinan besar ponsel yang anda gunakan sedang disadap atau bisa saja baterai ponsel anda sudah rusak.

  1. Ponsel Menunjukkan Adanya Aktivitas pada saat tidak digunakan

Ciri-ciri ketiga yang menandakan ponsel kamu sedang disadap, yaitu adanya aktivitas dari ponsel kamu walaupun ponsel itu sedang tidak digunakan. Beberapa aktivitas yang biasanya muncul secara tiba-tiba dari ponsel yang sedang disadap, yaitu layar ponsel yang menyala secara tiba-tiba atau timbulnya suara suara dari ponsel yang sedang diam. Selain itu, ponsel juga kerap kali ter-restart secara tiba-tiba atau melakukan reboot dengan sendirinya. Perlu diketahui bahwa penyadapan oleh oknum-oknum tersebut dapat dilakukan meskipun dari jarak jauh.

  1. Menerima kode-kode yang aneh

Terdapat beberapa penyadap yang melakukan aksinya dengan memanfaatkan fitur remote control dari sebuah software untuk melakukan penyadapan. Apabila si penyadap melakukan penyadapan dengan cara ini, maka software yang digunakan tadi akan bekerja dengan cara mengirimkan pesan teks berupa sandi rahasia kepada ponsel kamu.

Saat software yang digunakan oleh si penyadap ini tidak bekerja dengan optimal, maka bisa saja teks aneh yang berupa simbol atau karakter tersebut dapat terlihat di ponsel Anda. Bila hal ini terjadi secara terus-menerus, maka bisa dipastikan bahwa terdapat aplikasi mata-mata di ponsel kamu.

  1. Meningkatnya penggunaan data

Ciri-ciri terakhir yang menandakan bahwa ponsel kamu sedang disadap, yaitu meningkatnya penggunaan data seluler smartphone kamu. Beberapa aplikasi yang digunakan oleh mata-mata bisa saja membuat penggunaan data ponsel kamu meningkat secara drastis. Hal ini disebabkan oleh adanya aplikasi mata-mata yang mengharuskan ponsel untuk merekam dan mengirimkan informasi yang yang telah dikumpulkan oleh ponsel kamu.

Pengiriman informasi dari smartphone kamu ke si penyadap inilah yang menyebabkan terjadinya peningkatan penggunaan data. Oleh sebab itu, pada saat kamu menemukan keanehan dalam penggunaan data ponsel kamu sebaiknya kamu segera memastikan bahwa tidak ada aplikasi yang menjadi media bagi si penyadap.

Itulah 5 ciri-ciri yang menandakan bahwa ponsel kamu sedang disadap. Apabila kamu menemukan kejanggalan seperti yang sudah disebutkan diatas, sebaiknya kamu segera melalukan pengecekan pada smartphone kamu dan memastikan bahwa ponsel aman dan bebas dari penyadapan.

Check Also

cari kerja secara online dengan aman dan terbukti valid

3 Situs Lowongan Kerja Terbaik Dan Terpercaya Yang Wajib Kamu Kunjungi!

Pada zaman modern ini, segala informasi bisa kita peroleh melalui internet tak terkecuali lowongan pekerjaan. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *