Home / Wordpress / 7 Plugin Backup WordPress Terbaik Dengan Perbandingan
7 Plugin Backup WordPress Terbaik

7 Plugin Backup WordPress Terbaik Dengan Perbandingan

Membuat backup WordPress secara rutin adalah hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk keamanan situs web Anda. Jika memiliki backup data wordpress, memberi Anda ketenangan pikiran dan merasa tidak was was serta yang terpenting adalah kita tidak pernah tahu jika mengalami musibah seperti ketika situs Anda diretas atau gagal server, saat inilah backup data yang rutin kita lakukan sangat menolong.

Ada beberapa plugin backup WordPress gratis dan berbayar dan sebagian besar dari mereka sudah sangat membantu untuk melakukan backup data. Pada artikel ini, kami akan membagikan 7 plugin backup terbaik untuk WordPress.

Plugin Backup WordPress Terbaik

Penting: Meskipun banyak penyedia hosting WordPress menawarkan layanan backup terbatas, kami selalu menyarankan untuk tidak selalu mengandalkan mereka. Akan lebih baik jika anda melakukan backup juga secara teratur.

Jika Anda belum membuat backup situs WordPress Anda, maka Anda harus memilih salah satu dari 7 plugin backup WordPress terbaik ini dan mulai menggunakannya segera.

1. UpdraftPlus
Plugin backup WordPress UpdraftPlus terbaik

updraftplus plugin terbaik untuk backup wordpress

UpdraftPlus adalah plugin backup WordPress gratis paling populer yang tersedia di internet. Plugin ini digunakan oleh lebih dari 2 juta situs web.

UpdraftPlus memungkinkan Anda untuk membuat backup lengkap situs WordPress Anda dan menyimpannya di cloud atau mengunduh ke komputer Anda.

Plugin ini mendukung backup terjadwal serta backup sesuai permintaan. Anda juga memiliki opsi untuk memilih file mana yang ingin Anda backup.

Plugin ini dapat secara otomatis mengunggah backup Anda ke Dropbox, Google Drive, S3, Rackspace, FTP, SFTP, email, dan beberapa layanan penyimpanan cloud lainnya.

Selain membuat backup setiap situs web WordPress, UpdraftPlus juga memungkinkan Anda untuk dengan mudah me-restore backup langsung dari panel admin WordPress Anda.

UpdraftPlus juga memiliki versi premium dengan add-on untuk bermigrasi atau mengkloning situs web, pencarian dan penggantian basis data, dukungan multisite, dan beberapa fitur lainnya. Versi premium juga memberi Anda akses ke dukungan prioritas.

Harga: Gratis (UpdraftPremium Personal seharga $ 70)

Review: UpdratPlus adalah plugin backup WordPress yang paling disukai di pasar. Ini memiliki lebih dari 2 juta pemasangan aktif dan 4,9 dari rata-rata peringkat bintang 5. Meskipun versi gratisnya memiliki banyak fitur, kami sarankan untuk memperbarui ke Premium UpdraftPlus untuk mendapatkan semua fitur backup yang kuat.

Baca Juga :  4 plugin redirection paling recommended untuk Wordpress

2. VaultPress (Backup Jetpack)
VaultPress – Plugin Jetpack Backups

 

vaultpress plugin terbaik untuk backup wordpress

VaultPress didirikan oleh Matt Mullenweg (salah satu pendiri WordPress) dan timnya di Automattic.

Meskipun dimulai sebagai plugin independen, VaultPress sekarang menjadi bagian dari produk Automattic lain yang disebut JetPack. Anda akan memerlukan paket berlangganan JetPack untuk menggunakan VaultPress. Ada beberapa paket harga dengan serangkaian fitur yang berbeda.

Plugin VaultPress menawarkan solusi backup cloud real-time otomatis mulai dari $ 3,50 per bulan. Anda dapat dengan mudah mengatur backup VaultPress dan memulihkan dari backup dalam beberapa klik.

Paket Jetpack yang lebih tinggi juga menawarkan pemindaian keamanan dan beberapa fitur canggih lainnya.

Ada beberapa kelemahan menggunakan VaultPress.

Pertama, Plugin ini relatif mahal jika memiliki beberapa situs WordPress karena Anda membayar per situs.

Kedua, Anda harus berlangganan JetPack, mendapatkan akun WordPress.com, dan menginstal plugin Jetpack di situs Anda.

Terakhir, backup disimpan hanya selama 30 hari dengan paket yang lebih rendah. Jika Anda ingin arsip backup tanpa batas, maka Anda harus membayar $ 29 per bulan per situs web yang secara signifikan lebih mahal untuk pemula jika dibandingkan dengan solusi lain yang ada.

Harga: Mulai $ 39 per tahun untuk paket JetPack Personal

Review: VaultPress sebagai bagian dari plugin JetPack yang populer memberikan nilai terbaik. Jika Anda sudah menggunakan JetPack untuk fitur lain seperti JetPack CDN untuk foto, promosi media sosial, dll, maka itu adalah pilihan yang mudah bagi Anda.

3. BackupBuddy
BackupBuddy WordPress Backup Plugin

backupbuddy plugin terbaik untuk backup wordpress

BackupBuddy adalah salah satu plugin backup WordPress premium paling populer yang digunakan oleh lebih dari setengah juta situs WordPress. Ini memungkinkan Anda untuk dengan mudah menjadwalkan penbackup harian, mingguan, dan bulanan.

Dengan BackupBuddy, Anda dapat secara otomatis menyimpan backup Anda di layanan penyimpanan cloud seperti Dropbox, Amazon S3, Rackspace Cloud, FTP, Stash (layanan cloud mereka), dan bahkan mengirim email kepada Anda sendiri.

Jika Anda menggunakan layanan Stash mereka, maka Anda juga memiliki kemampuan untuk melakukan backup real-time.

Keuntungan terbesar menggunakan BackupBuddy adalah bukan layanan berbasis langganan, jadi tidak ada biaya bulanan. Anda dapat menggunakan plugin pada jumlah situs web yang disebutkan dalam paket Anda.

Anda juga mendapatkan akses ke forum dukungan premium, pembaruan rutin, dan penyimpanan 1GB BackupBuddy Stash untuk menyimpan backup Anda. Selain itu, fitur iThemes Sync mereka memungkinkan Anda mengelola hingga 10 situs WordPress dari satu dasboard.

Anda bahkan dapat menggunakan BackupBuddy untuk menggandakan, memigrasikan, dan memulihkan situs web.

Harga: $ 52 untuk Paket Blogger (1 Lisensi Situs)

Review: BackupBuddy adalah solusi backup WordPress premium yang hemat biaya untuk Anda. Ini memiliki serangkaian fitur lengkap yang Anda perlukan untuk membuat backup, memulihkan, dan memindahkan situs WordPress. Singkatnya, ini adalah alternatif UpdraftPlus dan VaultPress yang sangat rekomended yang dapat Anda gunakan.

4. BoldGrid Backup
Plugin BoldGrid Backup WordPress

boldgrid plugin terbaik untuk backup wordpress

BoldGrid Backup adalah solusi backup WordPress otomatis oleh BoldGrid, yang merupakan pembangun situs web yang didukung oleh WordPress.

Plugin ini memungkinkan Anda untuk dengan mudah membuat backup situs web, memulihkan situs setelah terjadi crash/macet, dan Anda bahkan dapat menggunakannya untuk memindahkan situs saat berpindah host. Anda dapat mengatur backup otomatis atau membuat backup secara manual dengan satu klik.

BoldGrid Backup dilengkapi dengan fitur automated fault protection (perlindungan kesalahan otomatis) maksudnya adalah plugin ini akan membackup secara otomatis sesaat sebelum wordpress Anda di update ke versi terbaru. Jika update gagal, maka secara otomatis mengembalikan situs WordPress Anda ke backup terakhir. Ini adalah fitur yang sangat bagus untuk melindungi Anda dari kesalahan pembaruan.

Dengan BoldGrid Backup, Anda dapat menyimpan hingga 10 arsip backup di dasbor dan lebih banyak lagi di lokasi penyimpanan terpencil seperti Amazon S3, FTP atau SFTP.

Harga: $ 60 per tahun (Termasuk semua alat & Layanan BoldGrid Premium)

Review: BoldGrid Backup adalah plugin backup WordPress sederhana yang dapat Anda gunakan untuk membuat backup situs web Anda. Keuntungan menggunakan plugin ini adalah dibundle dengan tool lain saat pembelian plugin ini.

5. BlogVault
Layanan Backup Terbaik BlogVault untuk WordPress

blogvault plugin terbaik untuk backup wordpress

BlogVault adalah layanan backup WordPress populer lainnya untuk WordPress. Plugin ini adalah Software as a Service (SaaS), jadi lebih dari sekedar plugin WordPress biasa. Plugin ini membuat backup di luar sistem website Anda secara mandiri di server BlogVault, sehingga akan ada nol beban di server Anda alias server Anda tidak terbebani samasekali.

BlogVault membuat backup otomatis situs web Anda setiap hari dan juga memungkinkan Anda untuk membuat backup berdasarkan jadwal yang Anda tentukan sendiri tanpa batas. Plugin ini memiliki fitur backup smart incremental yaitu hanya menyinkronkan perubahan tambahan saja untuk beban server minimal. Ini memastikan kinerja optimal untuk situs Anda.

Selain backup, plugin ini membantu Anda memulihkan situs web dengan mudah. Anda dapat menyimpan arsip backup 90 hari, sehingga Anda dapat memulihkan situs Anda dari musibah apa pun pada WordPress Anda.

Plugin ini juga memiliki fitur staging site, fitur bawaan untuk memungkinkan Anda menguji situs web Anda dengan mudah. Plus, ini memberikan opsi mudah untuk memigrasi situs web Anda ke host lain.

Fitur BlogVault tampak menjanjikan namun harganya tampaknya agak mahal jika dibandingkan dengan plugin lain di atas. Anda harus membayar $ 89 untuk paket dasar yang menawarkan 1 lisensi situs.

Harga: $ 89 per tahun untuk Paket Pribadi (1 Lisensi Situs)

Review: BlogVault adalah solusi backup WordPress yang mudah digunakan. Ini membuat backup diluar server Anda, sehingga server situs web Anda minimal beban. Harga ini terlihat sangat mahal untuk bisnis kecil.

6. BackWPup
BackWPup plugin backup WordPress gratis

backwpup plugin terbaik untuk backup wordpress

BackWPup adalah plugin gratis yang memungkinkan Anda membuat backup WordPress lengkap secara gratis dan menyimpannya di cloud (Dropbox, Amazon S3, Rackspace, dll.), FTP, email, atau di komputer Anda.

Ini sangat mudah digunakan dan memungkinkan Anda untuk menjadwalkan penbackup otomatis sesuai dengan kebutuhan pembaruan situs Anda.

Memulihkan situs WordPress dari backup juga sangat sederhana. Versi BackWPup Pro hadir dengan dukungan prioritas, kemampuan untuk menyimpan backup di Google Drive, dan beberapa fitur keren lainnya.

Harga: Gratis (Paket premium juga tersedia)

Review: Digunakan oleh lebih dari 600.000 situs web, BackWPup adalah alternatif yang bagus untuk plugin backup lain dalam daftar diatas. Versi premium dari plugin menambahkan fitur yang lebih kuat termasuk restorasi situs web yang mudah dan cepat dari backend dengan aplikasi mandiri.

7. Duplikator
Plugin WordPress duplikator

duplicator plugin terbaik untuk backup wordpress

Seperti namanya, Duplicator adalah plugin WordPress populer yang digunakan untuk memigrasi situs WordPress. Namun ia juga memiliki fitur backup.

Itu tidak memungkinkan Anda untuk membuat backup terjadwal otomatis yang membuatnya kurang direkomendasi jika untuk solusi backup WordPress.

Harga: Gratis

Review: Duplicator memungkinkan Anda membuat backup manual dari situs WordPress Anda dengan mudah. Jika host web Anda membuat backup reguler, Anda dapat menggunakan plugin ini untuk membuat backup. Plugin ini adalah plugin migrasi situs yang sangat direkomendasikan.

Kesimpulan
Setiap plugin backup WordPress dalam daftar diatas ada minus dan positifnya, tetapi semuanya menawarkan backup file WordPress lengkap.

Jika Anda menjalankan situs web berukuran kecil hingga sedang dan tidak nyaman dengan membayar biaya bulanan, maka kami merekomendasikan plugin UpdraftPlus yang populer. Memiliki semua fitur canggih seperti enkripsi backup, transportasi backup terenkripsi, dan banyak opsi penyimpanan cloud.

Plugin backup WordPress mana pun yang akhirnya Anda pilih, JANGAN menyimpan backup Anda di server yang sama dengan situs web Anda.

Dengan melakukan itu, Anda meletakkan semua telur dalam satu keranjang. Jika perangkat keras server Anda gagal atau misal kejadian terburuk Anda diretas, maka Anda tidak memiliki backup.

Inilah sebabnya mengapa kami sangat menyarankan menyimpan backup Anda pada layanan penyimpanan pihak ketiga seperti Dropbox, Amazon S3, Google Drive, dll.

Kami berharap daftar ini membantu Anda memilih plugin backup WordPress terbaik untuk situs Anda.

Check Also

Rekomendasi Pengelola Website Bisnis Online

Memaksimalkan Fungsi WordPress Untuk Bisnis Online

Saat ini kita banyak menemui berbagai macam bisnis dalam dunia internet yang tersedia dari berbagai …

EBOOK GRATIS!

Dibongkar tuntas, rahasia para mastah menghasilkan puluhan hingga ratusan juta dari affiliate

Cek detail ebook dulu… klik disini

DIBONGKAR RAHASIA PARA MASTAH BER-BISNIS AFFILIATE

super affiliate e1522321658510
  • Mengapa bisnis ini menjadi favorit para pebisnis online
  • Tools apa saja yang mereka gunakan
  • Skill yang mesti kamu tahu untuk bisnis affiliasi ini
  • Bagaimana menciptakan "GIFT" untuk kumpulkan data
  • Traffic yang jadi andalan untuk jaring list email
  • Serta tips dan trik lainnya

Download Segera Sebelum Halaman Ini Saya Hapus!!

Bisnis affiliate hampir dilakukan oleh semua pebisnis online. Ebook ini akan bocorkan rahasia mengapa mereka dapatkan income puluhan juta bahkan ratusan juta dalam satu tahun

  • Sama seperti Anda, saya juga tidak menyukai SPAM. Data email Anda aman bersama Tim JuraganOnline