img
Home / General / Tutorial Lengkap Setting Kolom Komentar di WordPress

Tutorial Lengkap Setting Kolom Komentar di WordPress

/
/
182 Views

Komentar menjadi salah satu bagian penting dalam sebuah blog atau wordpress. Mengapa dikatakan penting karena melalui komentar ini kita bisa beranggapan sebagai salah satu indikator bahwa sebuah postingan atau artikel memberikan manfaat bagi orang lain, itu terlihat dari banyaknya komentar yang ada di postingan tersebut.

Namun di sisi lain terkadang kolom komentar bisa disalahgunakan. Pengunjung sekedar berkomentar sekenanya namun sebenarnya mereka sedang menitipkan satu link yang merupakan link website mereka sendiri atau disebut dengan backlink.

Namun kita bisa mengatasinya dengan menggunakan plugin terkait komentar-komentar yaitu plugin Akismet.

Secara default WordPress akan mengaktifkan kolom komentar ini sehingga setiap pengunjung yang membaca artikel yang dimaksud bisa memberikan masukan atau pendapat. Semakin banyak komentar yang masuk tentu saja artikel ini akan menjadi semakin populer dan memperlihatkan antusias yang tinggi akan artikel tersebut.

Kita bisa mengatur bagaimana tampilan dari komentar akan terlihat di WordPress dan itu tergantung dari theme WordPress yang kita gunakan.

Dalam pengaturan komentar ini kita bisa temukan di menu Setting > Discussion di halaman admin area dari wordpress.

Elemen penting ya kita perhatikan adalah pada pengaturan dibawah ini:

Allow people to post Comment on new articles
Menu ini akan mengaktifkan apakah pengunjung diperbolehkan memberikan komentar. Namun secara default wordpress akan mengaktifkan menu ini. Menu ini akan berlaku untuk seluruh post atau page. Jika menu ini ada aktifkan (ada centang), maka dari seluruh post ataupun page otomatis akan aktif, demikian juga sebaliknya.

Comment must be manually approved
Setiap komentar yang masuk otomatis tidak akan terpublish atau tidak dapat dilihat oleh pengunjung lainnya, tetapi harus mendapatkan persetujuan atau approval dari admin sebelum tampil di website.

Menghindari komentar spam dengan plugin akismet

Plugin akismet sangat membantu dalam menangani komentar-komentar di WordPress. Secara default Setiap kali kita baru menginstall WordPress maka plugin akismet otomatis sudah ikut terinstal, namun belum aktif.

Akismet adalah layanan eksternal yang berperan untuk mengatasi spam. Akismet bekerja dengan cara menampung setiap komentar yang masuk berikut alamat IP juga alamat email dari pemberi komentar. Dari data itu jika jika cocok memenuhi kriteria dari spam maka komentar akan otomatis masuk ke folder khusus spam.

Sebelum akismet ini benar-benar kita harus mendaftar terlebih dahulu ke website dari akismet untuk mendapatkan key guna mengaktifkan plugin tersebut.

Tutorial video :

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

BINGUNG MAU MULAI DARI MANA ?

Segera bergabung di grup Facebook, belajar bisnis online untuk pemula, dari tingkat Basic hingga Advance. Sekarang atau tidak sama sekali.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

It is main inner container footer text
mastering bisnis online
mastering super affiliate
GRATIS!!Panduan Lengkap Menjadi Super Affiliate

GRATIS!!
Panduan Lengkap Menjadi Super Affiliate

Bongkar Tuntas Bagaimana Para Mastah Jalankan Bisnis Affiliasi Lokal


Powered by Kirim.Email

You have Successfully Subscribed!