Home / Internet Marketing / Panduan Singkat Cara Mendaftar di Google My Bussiness

Panduan Singkat Cara Mendaftar di Google My Bussiness

Beriklan adalah salah satu cara agar bisnis kita dikenal banyak orang, meningkatkan branding dari bisnis kita, dan tentu saja hasil akhirnya adalah agar supaya bisnis kita mendatangkan profit yang besar dan banyak memberikan manfaat bagi orang-orang.

Beriklan bisa dilakukan dengan cara gratis maupun dengan yang berbayar. Artinya beriklan bukanlah suatu pengeluaran tetapi suatu investasi untuk jangka panjang. Namun beriklan dengan cara berbayar bukan hal yang gampang. Ada biaya yang cukup besar yang harus kita siapkan untuk mengangkat brand kita dengan cara beriklan.

Dan cara gratis bisa kita lakukan dengan posting di akun sosial media Instagram maupun Facebook, dengan memasang banner di website kita sendiri dan banyak cara lainnya. Ada salah satu cara yang cukup signifikan manfaatnya dan gratis tentunya, yaitu dengan menggunakan layanan Google My Bussiness.

Pemahaman Google My Bussiness

Google My Bussiness adalah layanan gratis yang disediakan oleh Google dalam mempromosikan produk ataupun jasa dari bisnis kita yang ingin dipromosikan secara online. Layanan ini bisa menampilkan informasi terkait jadwal, lokasi, bentuk layanan dan contact person akan bisnis kita.

Panduan cara daftar Google My Bussiness

Karena ini adalah layanan dari Google tentu saja kita harus memiliki akun Google terlebih dahulu. Akun Google yang dimaksud disini adalah jika anda memiliki 1 buah email akun dari Google, maka email tersebut mencakup banyak layanan lainnya yang disediakan oleh Google termasuk salah satunya Google My Bussiness ini. Tetapi Tentu saja Anda tetap harus mendaftar secara terpisah.

Berikut cara melakukan pendaftaran di Google My Bussiness:

1. Silakan login ke akun Google anda.

2. Langkah selanjutnya adalah mengunjungi link dari Google My Bussiness diikuti dengan mengklik tombol hijau “Start Now”.

3. Sebutkan nama dari bisnis anda dilanjutkan dengan mengisi data-data ini yang sekiranya perlu Anda Tampilkan secara online. Jika memang Anda tidak memiliki tempat untuk dikunjungi oleh pengunjung Anda bisa menyembunyikan alamat lokasi bisnis anda.

4. Anda telah selesai memiliki akun bisnis Google My Bussiness pada tahap ini Anda boleh mempercantik tampilan dengan mengedit jika ingin menambahkan gambar atau foto-foto yang keberadaan dari bisnis anda. Banyak hal yang bisa dilakukan pada tahap ini.

5. Jika dirasa telah cukup maka lanjutnya adalah Anda bisa melakukan verifikasi akun Google My Bussiness dengan mengklik teks “Verify Now”. Pastikan alamat yang Anda isi di tahap ini adalah alamat yang memang akan menerima surat atau kartu pos dari Google. Surat atau pun kartu pos itu berisi kode verifikasi yang nantinya akan Anda masukkan ke dalam akun bisnis anda. Sedangkan untuk Google Maps dari usaha atau bisnis Anda bisa terlihat dalam waktu kurang lebih 1 x 24 jam.

6. Setelah anda menerima surat dari Google yang berisi kode verifikasi silakan lakukan hal-hal:

. Login ke akun bisnis yang telah anda buat sebelumnya
. Pilih Manager location
. Lalu klik tombol enter yang berwarna biru
. Lalu masukkan kode verifikasi yang anda terima dan diteruskan dengan mengklik tombol “Submit”

7. Setelah itu Anda akan menerima notifikasi dari Google yang menandakan bahwa aku google bisnis anda telah diverifikasi. Tugas anda selanjutnya adalah mengupdate Google My Bussiness dengan informasi-informasi terkait bisnis Anda sehingga bisnis Anda terkesan “hidup”. Disini ada bisa posting artikel singkat dan bisa dilengkapi dengan gambar-gambar yang menarik.

Baik Itulah keseluruhan proses bagaimana kita mendaftar akun di Google My Bussiness untuk mempromosikan bisnis kita secara online dan gratis. Melalui pelayanan ini pengunjung atau customer kita bisa memberikan review mereka terhadap bisnis kita.

Sekarang Sudah saatnya anda mendaftar segera untuk mempromosikan bisnis anda. Semoga artikel ini bermanfaat.

Check Also

google tag manager

Mengenal lebih jauh tentang Google Tag Manager

Saat ini, pemanfaatan teknologi dalam dunia marketing telah banyak dilakukan. Seperti halnya digital marketing yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *