Cara Terbaik Menggunakan Tag atau Category Dalam SEO

Cara Terbaik Menggunakan Tag atau Category Dalam SEO

Seberapa yakin anda memahami antara kategori dan tak di dalam WordPress? Jika anda mengerti perbedaannya maka kita akan dapat memanfaatkannya dengan sangat baik.

Dalam artikel ini, akan dijelaskan perbedaan antara kategori vs tag untuk mengatur konten Anda, dan bagaimana mereka dapat memengaruhi peringkat SEO.

Apa Perbedaan Antara Kategori dan Tag?

Kategori dimaksudkan untuk pengelompokan yang lebih luas dari posting Anda. Bisa digunakan sebagai topik umum atau daftar isi untuk situs WordPress Anda. Kategori bersifat hierarkis yang berarti Anda dapat membuat sub-kategori.

Tag dimaksudkan untuk menjelaskan detail lebih spesifik dari posting Anda. Gunakan ini sebagai kata indeks dari situs Anda. Mereka memungkinkan untuk mengkategorikan mikro konten, konten yang lebih spesifik, lebih sempit. Tag tidak bersifat hierarkis.

Salah satu perbedaan terbesar antara tag dan kategori adalah bahwa semua postingan artikel WordPress harus dimasukkan kedalam kategori, tetapi mereka tidak harus memiliki tag.

Jika Anda tidak memberikan kategori suatu postingan atau artikel, WordPress akan secara otomatis menetapkannya ke kategori default yaitu kategori “uncategorized”.
Sebaiknya kategori ini ini anda bisa merubah namanya menjadi ” informasi umum” atau ” lain-lain” agar lebih bersifat informatif.

Bagaimana Anda Menambahkan Kategori dan Tag di WordPress?

Anda dapat menambahkan kategori dan tag di WordPress saat membuat atau mengedit posting. Anda akan menemukannya di sisi kanan di bawah pengaturan ‘Dokumen’.

Menambahkan kategori dan tag saat membuat posting

memasukan artikel kategori dan tag
Anda juga dapat membuka Posts >> Categories dan Posts » Tag untuk menambahkan kategori dan tag baru.

Berapa Banyak Kategori WordPress yang Harus Anda Miliki?

Tidak ada jumlah kategori tertentu yang harus Anda miliki. Dalam kebanyakan kasus, Anda akan menginginkan setidaknya antara 5 hingga 10 untuk mengkategorikan posting Anda dengan benar dan membuat situs Anda mudah ditelusuri.

Kategori dimaksudkan untuk mengelompokkan garis besar postingan/artikel. Anda dapat menggunakan sub-kategori dan tag untuk membagi posting Anda menjadi grup yang lebih kecil.

Jika Anda baru memulai sebuah blog, maka jangan khawatir tentang mencoba membuat daftar kategori yang sempurna. Cukup pilih 3 – 5 kategori luas dan tambahkan lebih banyak seiring berjalannya waktu.

Baca Juga :  Tutorial Cara Setting Plugin All In One SEO Pack

Apakah saya harus menggunakan sub-kategori?

Anda tidak harus menggunakan sub-kategori, dan banyak blog besar tidak menggunakannya. Namun, sub-kategori sangat membantu jika Anda memiliki kategori besar dengan banyak posting yang dapat dikelompokkan ke dalam bagian yang lebih kecil.

Misalnya, Anda mungkin memiliki kategori “Resep” yang berisi semakin banyak resep masakan. Lalu anda buat subcategory resep masakan khas jawa, sub kategori resep masakan khas Medan dan dan lain-lain.

Menggunakan Kategori di URL Posting Anda

Beberapa situs menggunakan nama Kategori di permalinks (URL posting), yang dapat Anda atur di bawah Pengaturan » Permalinks.

Sebaiknya apapun kategori dari artikel anda, tetap menggunakan permalink berdasarkan custom structure / postname.

Dapatkah kita memiliki satu artikel dengan banyak kategori?

WordPress memungkinkan Anda menempatkan satu artikel atau postingan ke dalam beberapa kategori. Ini bisa beberapa kategori induk, atau kategori induk ditambah subkategori atau subkategori.

Tetapi yang perlu Anda tahu Memiliki beberapa kategori untuk satu artikel tidak akan menguntungkan SEO Anda. Anda hanya boleh menetapkan posting ke beberapa kategori jika itu paling masuk akal bagi pembaca Anda.

Ada kemungkinan bahwa memiliki posting Anda dalam berbagai kategori dapat menyebabkan beberapa masalah SEO karena duplikat konten.

Jika Anda memang menggunakan banyak kategori, maka cobalah untuk tidak menempatkan satu posting ke dalam dua atau lebih kategori utama (induk). Setiap pos harus masuk dalam satu kategori utama.

 

Apakah Ada Batas untuk Berapa Banyak Tag yang Dapat Dimiliki Postingan?

WordPress sendiri tidak memiliki batasan jumlah tag yang dapat Anda miliki di setiap posting. Anda berpotensi memberikan ribuan tag atau lebih ke sebuah posting!

Namun, sangat tidak direkomendasikan.

Tujuan dari tag adalah untuk membantu menautkan posting yang berkaitan secara bersamaan. Bayangkan mereka sebagai bagian indeks dalam sebuah buku. Setiap tag seperti kata kunci dalam indeks.

Tag sangat membantu bagi pengguna yang mencari situs Anda. Beberapa plugin yang menampilkan posting terkait menggunakan tag untuk membantu mereka mengetahui topik posting yang terkait. Kami menyarankan Anda biasanya tetap maksimum 10 tag per posting.

Kategori vs Tag: Apa yang Lebih Baik untuk SEO?

Apakah ada kelebihan WordPress SEO menggunakan kategori lebih dari tag atau sebaliknya?

Jawaban singkatnya adalah Tidak.

Kategori dan tag keduanya memiliki tujuan yang berbeda. Anda harus menggunakan kategori, tetapi Anda tidak harus menggunakan tag jika tidak mau. Namun, kami sarankan untuk menggunakan keduanya, secara tepat, untuk membantu pembaca menavigasi situs Anda.

Pada akhirnya, Anda harus merancang situs Anda dengan mempertimbangkan pengguna. Semua mesin pencari ingin menunjukkan kepada pengguna konten yang akan paling bermanfaat bagi mereka.

Ini berarti bahwa dengan mengatur konten Anda sebaik mungkin dan juga akan membantu Anda mendapatkan peringkat SEO yang lebih baik.

Itu dia artikel bagaimana memanfaatkan category dan tag. Semoga bermanfaat.

Check Also

Rekomendasi Pengelola Website Bisnis Online

Memaksimalkan Fungsi WordPress Untuk Bisnis Online

Saat ini kita banyak menemui berbagai macam bisnis dalam dunia internet yang tersedia dari berbagai …