Home / Tutorial / Tutorial Lengkap – Belajar Bisnis Online
tutorial panduan lengkap belajar bisnis online untuk pemula

Tutorial Lengkap – Belajar Bisnis Online

Apapun bentuk bisnisnya mindset adalah hal yang penting. Mungkin anda akan merasa muak dan jenuh akan mendengar kata “mindset”. Banyak orang termasuk saya juga mengabaikan apa itu mindset. Sebelum anda melakukan kesalahan yang sama dengan yang pernah saya lakukan, lebih baik anda membenahi mindset terlebih dahulu.

Bisnis online apapun modelnya adalah sebuah bisnis. Kondisi ini perlu ditangani dengan serius dengan sikap mental yang positif. Bisnis adalah salah satu aset jangka panjang Dan suatu saat bisnis ini akan bekerja untuk kita.

Ada sebuah pemikiran yang mengatakan jika kita masih bekerja untuk bisnis kita berarti kita masih berstatus karyawan pada bisnis kita. Maka dari itu fokus kita dalam membangun bisnis adalah berkembang menjadi lebih besar dan lebih baik.

Dalam bisnis kita tidak akan terlepas yang namanya
1. Modal
2. Produk baik produk fisik atau senjata
3. Market yang akan kita target
4. Strategi bisnis yang akan kita jalankan

Dari 4 hal itu saja sudah sangat kompleks belum lagi dengan faktor-faktor lain yang tidak terduga. Disini akan sangat melibatkan keterampilan kita sebagai manusia bagaimana memanajemen sebuah bisnis.

Mari kita langsung mulai saja.

  1. Mindset yang Perlu Dilatih
  2. Lakukan Riset Peluang
  3. Model Bisnis Online Yang Paling Cocok untuk Pemula
  4. Bangun Website
  5. Promosi Produk atau Jasa
  6. After Sales Service
  7. Kesimpulan

Mari kita mulai belajar.

Langkah 1 : Mindset Yang Perlu Dilatih

Mindset adalah dasar dan bersifat personal. Jika mindset salah (rapuh) maka akan mudah tumbang oleh badai kesulitan dan seringkali menimbulkan rasa kecewa dan jera. Berikut beberapa mindset yang perlu kita pahami dari awal.

Fokus Pada Tujuan Yang Ingin Dicapai

Dalam berbisnis kita perlu memiliki tujuan. Para pebisnis online fokus pada tujuan akhir mereka. Bagaimana matahari jika difokuskan akan membakar sebuah benda, analogi ini bisa kita samakan dengan fokus dalam bisnis online. Jangan kita menjadi fokus otomatis segala sumber daya pikiran kita akan tertuju pada tujuan akhir. Kita tidak melihat ke kiri atau ke kanan dalam arti melihat peluang-peluang lain (sebelum kita mencapai tujuan awal kita) tetapi tetap fokus kedepan seperti halnya menggunakan kacamata kuda.

Berbicara tentang fokus bukanlah hal yang mudah. Apalagi bila kita berkecimpung di dunia online. Sebentar iklan muncul sebentar teman kita posting screenshot pendapatan mereka, sebentar ada tools yang canggih dan seterusnya dan seterusnya. Hanya dengan modal mouse kita klik sana klik sini dan berujung penyesalan karena beberapa jam telah terlewat dengan sia-sia.

Buatlah tujuan yang ingin dicapai, kemudian buatlah daftar hal-hal dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut. Setelah itu tindakan-tindakan tuangkan ke dalam jadwal anda selama beberapa hari kedepan. Sebaiknya anda memiliki jadwal setiap minggunya atau setiap bulan.

Sabar dan Tekun Menjalani Proses

Sabar dalam menjalani proses juga diperlukan usaha yang sangat keras. Kata sabar sangat mudah diucapkan namun sangat sulit dijalani. Terkadang kita berjalan tertatih-tatih namun melihat orang lain yang sama dengan kita, memulai bisnis sudah jauh meninggalkan kita. Ingatlah ada banyak faktor yang menjadikan seseorang sukses.

Intinya adalah kita harus bersabar dan terus mengikuti proses dengan tetap fokus pada tujuan yang ingin dicapai sesuai dengan jadwal yang kita buat. Kita akan siap mendapatkan pendapatan 10 juta jika kita telah mampu mendapatkan pendapatan 1 juta. Artinya semua adalah proses pembelajaran untuk ke tingkat level yang lebih tinggi. Jika kita sabar mengikuti proses dan memantaskan diri pada akhirnya kita pun akan mendapatkan hasil.

Jangan Gampang Menyerah

Apapun yang kita kerjakan selalu memiliki hambatan. Hambatan itulah yang akan menguji kita apakah kita akan terus atau berhenti. Hambatan adalah hal yang wajar yang akan meningkatkan kualitas diri kita sebagai pebisnis. Apakah itu kualitas diri kita dan bisa juga kualitas dari mental kita meningkat. Percayalah segala sesuatu yang terjadi ada alasannya dan jangan mudah bagi kita untuk menyerah.

Untuk kita yang baru memulai bisnis online akan mengalami banyak sekali hambatan. Karena pengetahuan yang minim dan melakukan hal-hal yang mungkin tidak kita sukai bisa menjadi alasan untuk menyerah. Terus fokus pada tujuan dan ketahuilah bahwa masalah yang ada di depan kita juga pernah dialami oleh pebisnis online yang jauh lebih dulu dari kita. Jika mereka bisa lewati, kenapa kita tidak bisa lewati? Maju terus pantang mundur.

Terus Memantaskan Diri

Sebagai pebisnis kita harus terus belajar. Kita boleh fokus pada tujuan kita tetapi tetap terbuka pada hal-hal yang mendukung pencapaian tujuan kita. Namun kita harus ingat hal-hal yang ada di sekitar kita pastikan menunjang pencapaian tujuan awal kita. Jangan sampai hal baru tersebut memaksa kita belajar dan tentu saja ini akan menyita pikiran dan waktu kita. Terus terbuka pada hal-hal tetapi tetap menggunakan filter yang tepat.

Aktif Dalam Komunitas yang Tepat

Jika perlu bersosialisasi baik di dunia maya maupun di dunia nyata yang memiliki satu minat yang sama. Hal ini untuk menjaga kita tetap fokus dan tetap semangat untuk menjalankan bisnis. Dengan membuka wawasan terhadap pengalaman-pengalaman para senior tentu saja akan menghemat waktu dan meminimalisir biaya belajar trial dan error kita dalam menjalankan bisnis online. Memiliki relasi yang banyak dapat juga membuka banyak Pintu Rezeki demi kelangsungan hidup dan bisnis kita.

Itu adalah mindset yang sedari awal harus kamu tanamkan dalam hati. Jika kedepannya kamu merasa lelah, gagal, tidak sukses di bisnis online, coba lihat kembali halaman ini. Mungkin ada yang keliru dalam cara berpikir kita. Kita akan lanjut dimateri selanjutnya.

Check Also

tutorial lengkap list building untuk pemula

Tutorial – List Building

Tutorial lengkap List Building untuk pemula. Perngertian List Building Tujuan dan Keuntungan List Building Tool …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *