Home / List Building / Pengertian List Building

Pengertian List Building

/
/
495 Views
img

Didalam internet marketing, teknik penjualan atau promosi tidak terlepas dari yang namanya email dan list building. Hingga saat ini pemain pemain besar seperti Tokopedia dan marketplace lainnya menggunakan email. Apakah Kamu perhatikan ? J

Apakah Kamu perhatikan ? dimana mereka selalu mengajak/membujuk visitor, entah apapun caranya agar Kamu sebagai visitor memberikan emailnya kepada mereka (optin). Proses inilah yang disebut dengan list building, tindakan mengumpulkan email (secara legal, bukan scraping atau membeli database email). Marketplace – marketplace itu menggunakan “sesuatu” sebagai penukar agar visitor mau memberikan data email mereka. “Sesuatu” itu bisa berupa ebook, kupon diskon, atau hal lainnya yang pengunjung dapatkan setelah mereka memberikan email. Nah “sesuatu” itu bisa disebut Lead Magnet.

Contoh diatas adalah proses list building dengan menggunakan email. Selain email pun kita bisa melakukan list building dengan menggunakan nomor HP atau WA, pin BBM, daftar list teman di Facebook kita dan lain lain.

List building … secara sederhana bisa dibilang proses mengumpulkan data kontak para target bisnis kita.

Contoh seperti pada halaman website www.JuraganOnline.net gambar terlampir dibawah ini.

 

Perhatikan pada kotak merah. Disana saya menawarkan video belajar internet marketing kepada visitor secara gratis, tetapi dengan syarat mereka memberikan email mereka. Form itu disebut Form Optin dan saya menggunakan lead magnet video sebagai penukar data email mereka. Begitu visitor memasukkan nama dan email, mereka akan mendapatkan email yang berisi link akses video yang saya janjikan.

Kapanpun visitor memberikan emailnya melalui opt in form tersebut akan otomatis langsung mendapatkan email balasan oleh sistem yang berisi link akses untuk bonus atau produk yang dijanjikan.

Pertanyaan berikutnya adalah siapa yang mengirimkan email tersebut setiap saat ? itu adalah tugas dari autoresponder. Autoresponder akan dibahas secara mendetail di artikel terpisah.

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
  • Buffer
  • Pocket
  • stumbleupon
  • Reddit

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views :