000Webhost

5 Layanan Web Hosting Terbaik dan Gratis yang Wajib Kamu Ketahui!

Layanan web hosting merupakan salah satu dari jenis layanan hosting internet yang mana memungkinkan setiap individu ataupun perusahaan untuk membuat suatu situs web mereka agar bisa diakses di Wordl Wide Web (WWW). Biasanya, ada hosting yang ditawarkan dengan harga, namun ada juga alternative liannya berupa hosting gratis yang juga mempunyai kualitas terbaik yang dapat kamu gunakan untuk mencapai tujuan kamu.

 Memberikan penawaran berupa layanan web hosting gratis juga menjadi suatu strategi pemasaran yang mana membuat orang yang awalnya tertarik untuk menggunakan hosting gratis dan kemudian saat situs web tumbuh, maka mereka akan menyediakan paket berbayar bagi pengguna tersebut serta mengharuskan mereka untuk melakukan upgrade ke web hosting yang berbayar.

Mungkin kamu bertanya-tanya, apa perbedaan antara hosting gratis dan berbayar? Perbedaan yang utamanya jelas terletak pada biaya. Walaupun menjadi layanan hosting gratis itu pastinya datang dengan adanya batasan-batasan tertentu.

Hosting gratis memungkinkan penggunanya untuk meng-host situs web dalam jumlah yang terbatas serta dilengkapi dengan ruang disk dan juga bandwith yang terbatas walaupun mereka menuliskannya unlimited. Batasan tersebut diberikan karena adanya tujuan untuk memastikan bahwa setiap pengguna bisa mempunyai kesempatan yang adil pada layanan mereka. Hosting gratis menjadi tempat yang baik untuk belajar. Hal ini memungkinkan kamu untuk bereksperimen, kode dan juga membangun tanpa modal atau investasi.

Pada umumnya, layanan hosting berbayar mempunyai lebih banyak kegunaan, mempunyai fitur tambahan serta terdapat banyak data dan juga batas bandwith yang lebih besar. Kamu bisa mendapatkan pengalaman yang lebih professiona dan juga fleksibel dengan seutuhnya.

Baca Juga :  Kamu Wajib Tau! Inilah Template Blogger Terbaik dan Gratis untuk AdSense!

Nah, berikut ini beberapa situs yang menyediakan layanan web hosting gratis dan dilengkapi dengan fitur popular yang dapat kamu coba.

InfinityFree

  1. InfinityFree

InfinityFree merupakan platform web hosting dan juga gratis dimana menyediakan ruang disk dan juga bandwith yang tidak terbatas. Tidak hanya itu, kamu juga tidak akan mempunyai iklan dari mereka serta memungkinkan kamu untuk membawa nama domain kamu ataupun memilih nama subdomain gratis dari lebih 25 ekstensi domain gratis yang tersedia.

Terdapat beberapa fitur yang akan diberikan InfinityFree pada hosting gratis mereka, seperti:

  1. Ruang Disk: Tak Terbatas
  2. Sub Domain: Ya
  3. Uptime dan Kecepatan: Bagus
  4. Website: Maksimal Hingga 400
  5. Akun Email: Maksimal 10
  6. Bandwith: Tak Terbatas
  7. Dukungan: Hanya Mendukung Forum atau Knowledge Base

Kelebihan:

Situs pengujian yang dihosting di Infinity sudah mencetak uptime bahkan diatas 99,9% secara konsisten. Sedangkan, untuk kecepatan serta kinerja pengujian performa situs web Infinity sudah berhasil mencetak TTFB (Time-To-First-Byte) dibawah 600 ms serta peringkat A + di tes kecepatan. Hosting gratis yang satu ini sangat baik jika dibandingkan dengan penyedia layanan web hosting gratis yang lainnya.

Kekurangan:

  • Layanan dukungan yang biasa.
  • Jumlah bandwith yang terbatas yang bisa digunakan pada situs kamu.
  • Bandwith dan ruang penyimpanan yang tak terbatas datang dengan banyak Batasan.
  • Pembatasan pada jenis konten dan juga file yang boleh untuk diupload.

Perlu diketahui bahwa terdapat 3 pasket hosting yang ditawarkan oleh Infinity, yaitu:

  1. InfinityFree
  • Harga: $0 per bulan.
  • Fitur: Adanya ruang disk yang tak terbatas, domain dan hosting yang tak terbatas, bandwith yang tak terbatas, 1 akun FTP, 10 akun email dan lain sebagainya.

Super Premium

  • Harga: $2,99 per bulan.
  • Hit harian tanpa batas
  • Fitur: Terdapat ruang disk yang tak terbatas, 20 domain yang di-host, 100 akun email, bandwith 250 GB, 100 akun FTP.

Ultimate Premium

  • Harga: $2,90 per bulan.
  • Fitur: Terdapat ruang disk yang tak terbatas, akun email yang tak terbatas, kiln harian yang tak terbatas, bandwith yang tak terbatas, domain yang dihosting tak terbatas, akun FTP yang tak terbatas.

000Webhost

  1. 000Webhost

000Webhost merupakan layanan web hosting terbaik dan gratis yang sagnat berpengalaman. Perlu diketahui bahwa seluruh akun 000webhost diaktifkan secara instan. Kamu dapat memulai untuk mengerjakan proyek website kamu segera sesudah kamu mendaftar, baik itu blog yang dibuat menggunakan WordPress ataupun situs web HTML sederhana, semuanya dapat kamu lakukan dengan hosting gratis yang satu ini.

Tentu kita mengetahui bahwa membangun suatu situs web tentunya membutuhkan kesabaran, waktu dan juga dedikasi. Namun, di 000webhost, ini cepat, mudah dan tentunya menyenangkan.

  • Harga: 0$ per bulan
  • Fitur: Terdapat aktivasi akun, Uptime 99% Blazing Speed, Control Panel, Teknologi terbaru.

Baca Juga :  Rekomendasi Layanan Hosting Terbaik Yang Ada Di Indonesia

 

Free Hosting

  1. Free Hosting

Free Hosting merupakan layanan web hosting terbaik dan gratis lainnya yang bisa kamu coba. Ini bahkan sudah menyediakan layanan web hosting sejak 2010. Mereka beroperasi di dua pusat data yang berbeda dan didedikasikan untuk melayani akun hosting gratis dan juga berbayar secara terpisah sehingga tidak mengganggu satu sama lain. Pusat data mereka berada di Jerman dan Perancis.

Paket hosting web gratis:

Fitur: Adanya server yang lebih cepat, konkurensi proses PHP, hosting multi-situs.

Paket hosting berbayar:

Fitur: Adanya weblog, CGI, konfigurasi PHP khusus, statistik web, sumber daya tambahan, cadangan.

  1. Dukungan: Tiket
  2. Fitur menonjol yang lebih dari 480 aplikasi web
  3. Sub-domain termasuk: Tidak
  4. Situs web: 1
  5. SSL tersedia sebagai tambahan
  6. Disk Space: 10GB
  7. Bandwith: Tidak diukur
  8. Akun email: 1

FreeHostia

  1. FreeHostia

FreeHostia merupakan platform web hosting terbaik dan gratis yang memberikan penawaran berupa skala signifikan, hal ini berarti tidak hanya menyediakan jenis hosting gratis, namun juga menyediakan layanan hosting kelas atas, seperti dedicated server.

Beberapa fitur yang ada di FreeHostia, yaitu:

  1. Situs web: 5
  2. Sub-domain: Taka da
  3. Dukungan: FAQ atau Tiket
  4. Waktu Aktif dan Kecepatan: Buruk
  5. Bandwith: 6GB
  6. Akun email 3
  7. Disk Space: 250MB

Kekurangan:

  • Waktu kerja yang tak bisa diandalkan serta kecepatannya yang cukup lambat
  • Hosting gratisan FreeHostia ini datang dengan banyak Batasan yang ada dalam hal penyimpanan dan juga bandwith.

Dreamnix

  1. Dreamnix

Dreamnix merupakan anak perusahaan dari BusinessICS International Ltd. Sejak tahun 1999, BusinessICS telah beroperasi di tiga Pusat Data Kelas Dunia yang berbeda (Los Angeles, Hongkong, Amsterdam) dan memenuhi kriteria yang paling ketat.

Dreamnix ini memberikan penawaran berupa harga web hosting terbaik dan gratis serte sederhana dan juga fleksibel yang mampu memenuhi kebutuhan dari setiap situs web ataupun setiap organisasi.

Cloud Free

  • Harga: $0 per bulan
  • Fitur: Adanya ruang disk 1 GB, 1 situs dan basis data, bandwith 1GB per bulan, Cpanel

Cloud Pro

  • Harga: $2 per bulan
  • Fitur: Adanya bandwith 1GB per bulan, Cpanel, 1 situs dan basis data

Cloud Turbo

  • Harga: $4 per bulan
  • Fitur: Terdapat 20x kecepatan muat lebih cepat, situs dan basis data yang tidak terbatas, Cpanel dan SSH dan SSL gratis, ruang disk dan bandwith yang tak terbatas, kotak surat tidak terbatas

Nah, itulah tadi beberapa layanan web hosting gratis dan terbaik yang dapat kamu gunakan di website kamu. Bagaimanapun juga, yang namanya gratis untuk suatu layanan hosting, tentu terdapat beberapa kekurangna jika dibandingkan dengan hosting berbayar. Hosting ini dapat digunakan untuk sekedar membuat website profile, uji coba serta pembelajaran. Semoga bermanfaat dan semoga sukses!

Check Also

Kamu Wajib Tau Inilah Template Blogger Terbaik dan Gratis untuk AdSense

Kamu Wajib Tau! Inilah Template Blogger Terbaik dan Gratis untuk AdSense!

Pada saat ini di Indonesia, terdapat banyak blogger yang membuat blog mereka dengan menggunakan platform …