Home / Wordpress / Tutorial Lengkap Aktifkan Recaptcha Contact Form 7 – Terbaru 2019

Tutorial Lengkap Aktifkan Recaptcha Contact Form 7 – Terbaru 2019

/
/
92 Views
img

Setiap website pasti memiliki form kontak di mana berfungsi untuk komunikasi antara pengunjung dan pengelola website atau admin. Form kontak bisa juga digunakan untuk komunikasi form registrasi atau form konfirmasi pembayaran jika terjadi transaksi. Namun seringkali form kontak disalahgunakan untuk para spammer untuk mengambil keuntungan, maka dari itu perlu di aktifkan fitur recaptcha gratis dari Google yang bisa kita integrasikan pada form kontak.

Jika website Anda belum memiliki kontak khususnya untuk WordPress anda bisa menginstal plugin contact form 7 terlebih dahulu. Untuk cara install plugin bagi anda yang belum tahu bisa kunjungi link ini tutorial cara install plugin wordpress. Di artikel terpisah juga di berikan tutorial seting contact form 7.

1. Login ke halaman dashboard WordPress dan masuk ke ke bagian setting dari plugin contact form 7 yaitu menu integration. Lalu lanjutkan dengan mengklik tombol set up integration.

1 Tutorial Lengkap Aktifkan Recaptcha Contact Form 7 Terbaru 2019 1

2. Anda akan masuk ke jendela baru dengan tampilan seperti dibawah ini. Silakan klik Link www.google.com/recaptcha untuk mendapatkan kode recaptcha.

2 cara integrasikan contact form 7 dengan recaptcha google

3. Jika anda sudah login ke akun Google, otomatis anda akan dibawa ke halaman google recaptcha. Silakan isi data-data yang diperlukan seperti gambar di bawah ini. Setelah anda isi lalu klik tombol submit.

3 integrasikan fom contact 7 dengan recaptcha

4. Jika berhasil anda akan mendapatkan Site Key dan Secret Key yang nantinya akan anda copas ke halaman setting integrasi form kontak 7 yang ada di website anda.

4 halaman google recaptcha setelah dapatkan key

5. Masukkan kode yang sudah anda dapatkan pada kolom yang tersedia lalu klik tombol Save Changes.

8 masukkan kode google recaptcha key ke contact form

 

6. Maka tampilan halaman setting integrasi akan berubah yang memberikan informasi bahwa fitur recaptcha telah aktif.

5 status contact form 7 telah aktifkan recapcthca

7. Untuk membuktikannya jika anda melihat ke halaman form kontak secara live dari website anda maka akan muncul icon seperti gambar di bawah ini. Dan ini tandanya setting integrasi form kontak sudah selesai.

7 tanda halaman telah aktifkan recaptcha

Untuk Google reCaptcha versi 3.0 ini tidak ada lagi widget yang memerlukan aksi kita untuk centrang “I’am not robot”. Dan sifatnya lebih silent. Itulah tutorial lengkap aktifasi gratis Google reCaptcha dengan contact form 7. Semoga bermanfaat.

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
  • Buffer
  • Pocket
  • stumbleupon
  • Reddit

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views :