Home / Wordpress / Trik Sederhana Optimasi Blog WordPress Agar Meranking di Google
featured image juragan online

Trik Sederhana Optimasi Blog WordPress Agar Meranking di Google

Kali ini kita akan membahas Bagaimana membuat sebuah website berbasis CMS WordPress agar bisa bercokol dihalaman satu atau mudah di Index oleh mesin pencari seperti Google atau Bing. Tips yang akan kami share sifatnya sederhana dan mudah diaplikasikan.

Sebelum kita membahas lebih dalam mengenai SEO WordPress ada baiknya kita mesti tahu mengapa hal ini begitu penting untuk dioptimalkan pada sebuah website.

Seberapa pentingkah SEO sehingga harus kita optimalkan pada website ?

SEO sangatlah penting untuk kita terapkan pada website kita karena jika diibaratkan dengan dunia offline seperti sebuah toko dengan lokasi yang strategis. Di mana orang lalu-lalang melewati jalan di depan toko sehingga orang mudah tahu dan mudah kenal akan toko atau produk yang kita jual. Untuk dunia online kita harus maksimalkan SEO dari website kita dengan maksud untuk memudahkan website kita ditemukan di mesin pencari.

SEO adalah salah satu cara bagaimana kita bisa mendatangkan traffic secara gratis dalam jangka waktu yang panjang yang tentu saja akan membuat bisnis online kita bertahan, bila dibandingkan kita dengan mendatangkan traffic secara berbayar atau beriklan yang mana traffic akan berhenti begitu iklan kita stop.

Mendatangkan traffic dengan teknik SEO tidak sepenuhnya gratis namun ada yang bisa kita kerjakan dengan gratis untuk yang  hal paling sederhana. Berikut kita akan bahas teknik SEO sederhana untuk website kita.

10 Teknik sederhana dalam optimasi SEO wordpress

1. Artikel yang Seo friendly
Berikanlah artikel yang menarik bermanfaat dan kaya akan fitur, seperti gambar atau video juga ikut melengkapi dalam artikel tersebut. Artikel setidaknya memiliki jumlah kata lebih dari 500 kata (namun saat ini tahun 2018 akhir jumlah kata tidak terpaku lagi pada jumlah tertentu, namun kualitas) dan berkualitas serta memberikan manfaat. Berikanlah konten artikel yang padat tidak menggantung dan tidak mengawang-awang, sehingga pengunjung betah dan puas dengan artikel yang bisa memberikan solusi.

Artikel adalah salah satu tempat strategis di mana kita bisa memasukkan kata kunci yang sering dicari orang. Artinya semakin banyak artikel dan setiap artikel semakin banyak kata maka tentu saja potensi kata kunci yang sering dicari orang semakin banyak, sehingga memberi arti buat mesin pencari bahwa website kita berkualitas dan buat pengunjung bahwa website kita membelikan solusi.

2. Kata kunci di dalam artikel
Seperti telah di singgung sebelumnya, artikel adalah salah satu tempat dimana kita meletakkan banyak kata kunci. Sebaiknya kata kunci yang kita taruh ke di dalam sebuah artikel relevan dengan artikel tersebut dan memang banyak dicari oleh orang, sehingga artikel kita akan sangat mudah diindeks oleh mesin pencari.

3. Desain website yang atraktif
Semakin menarik sebuah desain dari website tentu saja akan membuat pengunjung semakin betah dan tentu saja ini baik di mata mesin pencari. Namun tidak bisa dihindari semakin menarik sebuah desain berbanding lurus dengan kecepatan loading website itu diakses yang semakin lambat/berat. Maka dari itu bijaklah dalam memilih desain atau tema WordPress sehingga tidak mengurangi kecepatan website yang bagus. Kita bisa mengecek website kita apakah cepat diakses atau tidak dengan mengunjungi link berikut GTMETRIX.

Baca juga : Cara memilih theme wordpress premium dan free

4. Gambar atau video yang ter optimasi SEO
Gambar dan video adalah salah satu elemen yang membuat sebuah artikel menjadi menarik karena lebih interaktif dan deskriptif. Namun sebaiknya sebelum gambar atau video tersebut kita upload ke website (atau ke YouTube) diberi nama file konten tersebut sesuai dengan kata kunci yang kita target setelah itu baru kita upload. Anda bisa menggunakan plugin optimasi gambar yang sudah dibahas di artikel cara mudah optimasi gambar dengan plugin.

Seperti kita tahu pencarian melalui mesin pencari tidak saja berupa teks namun juga bisa diakses lewat gambar, tentu saja Ini bisa kita manfaatkan untuk membantu mendatangkan traffic.

Baca juga : Kompress gambar agar website kamu tidak lelet dan score SEO meningkat

5. Sitemap xml
Gunakan sebuah plugin untuk membuat sitemap.xml. Setelah mendapatkan URL sitemap.xml segera kita daftarkan ke Google Webmaster atau Bing Webmaster tool sehingga website kita mudah untuk di crawl atau dirayapi robot index dari mesin pencari dengan harapan website kita lebih cepat di index.

6. Permalink
Permalink adalah sebuah settingan di WordPress yang memungkinkan url dari sebuah postingan mudah dirayapi dan mudah dipahami/dibaca oleh pengunjung. Permalink yang mudah dimengerti terbukti lebih mudah untuk bersaing dalam pencarian di mesin pencari. Maka dari itu pastikan permalink atau judul dari artikel yang kita posting mengandung kata kunci yang sering dicari.

Contoh permalink :
https://juraganonline.net/cara-membuat-halaman-privacy-policy-atau-kebijakan-privasi-untuk-pemula/
untuk tulisan yang dibold adalah permalink yang bisa kita modifikasi. Secara default setingan ini berisi tulisan angka bulan dan tahun sehingga susah untuk dipahami.

7. Share social networking
Pastikan anda menggunakan elemen share social networking, yaitu sebuah tombol sosial media yang dapat membantu pengunjung membagikan artikel yang dibaca dibagikan/share ke akun sosial media mereka, dengan cara begini maka akan mendatangkan traffic ke dalam website kita. Tapi tentu saja jika artikel kita berkualitas dan memberikan manfaat bagi mereka. Ada banyak plugin gratis di direktory wordpress, anda bisa mencari dengan mudah.

8. Gunakan plugin optimasi SEO
Di dalam WordPress plugin gratis terkait SEO yang sangat terkenal ialah plugin All In One SEO Pack dan plugin WordPress SEO by Yoast.

Itulah ada 8 hal yang bisa kita lakukan untuk optimalisasi SEO website kita secara sederhana (off page). Selamat mencoba.


Check Also

featured image juragan online

Cara Mudah Optimasi Gambar Untuk Datangkan Trafik ke Website

Panduan singkat plugin wordpress Auto Image Attribut Untuk mendapatkan traffic menuju blog kita, bisa melalui …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *