Home / Wordpress / Menerapkan SEO On Page Pada Website
Menerapkan SEO On Page Pada Website

Menerapkan SEO On Page Pada Website

SEO adalah salah satu faktor yang menentukan seseorang bakal sukses atau tidak di dunia blogger. Apapun media yang mereka gunakan baik itu blogspot ataupun WordPress ataupun platform lain pasti akan mengindahkan yang namanya SEO. SEO On Page adalah salah satu faktor yang cukup berperan penting dalam meningkatnya traffic dari sebuah blog. Artikel kali ini akan membahas tentang SEO On Page.

Tanpa traffic organik (traffic yang datang dari mesin pencari) website kita tidak akan memberikan banyak penjualan, atau calon konsumen bahkan pembaca Setia. Dan traffic organik bisa kita datangkan dengan kita menerapkan teknik SEO On Page dengan benar.

Pengertian on page SEO

Adalah proses bagaimana kita mengoptimasi sebuah kata kunci tertentu di dalam website kita agar dapat meningkatkan hasil pencarian di mesin pencari.

  • Berikut beberapa hal yang terlibat di dalam SEO On Page
    . Adanya kata kunci di dalam judul artikel
    . Adanya kata kunci di paragraf pertama dari sebuah artikel
    . Ada kata kunci pada bagian tak H1 H2 dan H3
    . Adanya internal linking di dalam artikel terhadap artikel lain di dalam blog yang sama dengan konten yang relevan
    . Jumlah kata kunci tidak lebih dari 2% di dalam satu buah artikel

Dalam setiap kali kita membuat artikel dengan memperhatikan poin-poin diatas tentunya ini akan sangat berpengaruh terhadap banyak atau tidaknya traffic yang masuk ke dalam website anda.

Tips dalam menerapkan SEO On Page

Letakkan kata kunci yang ditarget pada tempat-tempat tersebut di bawah ini. Namun sebelumnya pastikan bahwa kata kunci yang kita target adalah kata kunci yang Long Tail Keyword, alasannya sederhana yaitu karena kata kunci Long Tail Keyword cenderung memiliki persaingan yang rendah sehingga tidak memerlukan kerja keras sebagaimana kata kunci kata kunci yang pendek.

Kata kunci yang ditarget diletakkan pada judul. Letakkan kata kunci yang ditarget pada kata judul dari artikel yang Anda posting. Hal ini akan meningkatkan scoring SEO On Page pada artikel website anda.

Kata kunci yang ditarget diletakkan pada subjudul. Tag H2 dan H3 juga merupakan bagian dari
SEO On Page, maka pastikan kata kunci-kata kunci yang ditarget diletakkan pada tag H2 dan H3 pada artikel.

Kata kunci yang ditarget diletakkan pada paragraf pertama dari artikel. Kata kunci yang ada taruh di paragraf pertama dari artikel biasanya akan terlihat pada mesin pencari. Seperti kita ketahui mesin pencari akan menampilkan judul artikel kemudian link artikel dan sedikit deskripsi dari artikel tersebut pada hasil pencarian. Deskripsi yang dimaksud tersebut sebaiknya memang mengandung kata kunci yang Anda target.

Tambahkan tag untuk gambar Anda. Dengan memberikan nama sesuai dengan kata kunci Anda target pada gambar, itu akan membantu memperkaya kata kunci yang anda tanam dalam website. Ada sebagian pengguna internet mencari  gambar sehingga menambah kemungkinan untuk traffic meningkat.

Berikut kita akan bahas bagaimana meningkatkan pencarian dengan SEO On Page

Tulislah konten artikel yang berkualitas dan relevan.
Dengan artikel yang berkualitas berarti anda memanjakan para pembaca Setia anda. Ketika mereka tahu bahwa artikel yang Anda posting berkualitas mereka tentunya akan menunggu artikel-artikel selanjutnya. Tanpa kualitas artikel Anda tidak akan mendapatkan traffic dari mesin pencari.

Tanamkanlah internal Link di dalam artikel Anda.
Saat artikel yang Anda posting berkualitas tanamkanlah sebuah link ke artikel lain di dalam website Anda tersebut yang masih relevan. Dengan melakukan ini anda berarti menurunkan Bounce rate pada website Anda dan ini adalah hal yang bagus di mata mesin pencari.

Kecepatan website haruslah optimal.
Faktor ini juga menentukan scoring SEO di mata mesin pencari. Anda harus melakukan pengecekan kecepatan loading dari website anda. Tentunya semakin cepat akan semakin bagus bagi pengunjung Anda juga bagi mesin pencari. Anda bisa menggunakan plugin w3 total cache untuk mengoptimalkan kecepatan website anda.

Buat Sitemap.
Dengan adanya sitemap akan membantu bot crawler dari mesin pencari untuk menjelajahi situs setiap kali website Anda update artikel.

Sebaiknya Anda install plugin SEO entah itu WordPress Seo by Yoast ataupun All In One SEO. Kedua plugin ini sangat membantu untuk meningkatkan performa dari website anda. Dan tutorial cara penggunaannya sudah pernah dibahas dalam artikel terpisah.

Itulah beberapa faktor dan beberapa tips yang bisa desain pada artikel kali ini. Semoga artikel ini bermanfaat.


Check Also

featured image juragan online

Cara Mudah Optimasi Gambar Untuk Datangkan Trafik ke Website

Panduan singkat plugin wordpress Auto Image Attribut Untuk mendapatkan traffic menuju blog kita, bisa melalui …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *