Inilah Tips Jitu untuk Promosikan Bisnis dengan Cara Online

Inilah Tips Jitu untuk Promosikan Bisnis dengan Cara Online!

Agar bisnis yang dimiliki dapat dikenal oleh banyak orang tentulah bukan menjadi suatu hal yang mudah dan agar bisnis yang dimiliki bisa diketahui oleh orang banyak saat kamu ingin mempromosikannya dengan menggunakan cara online pun juga cukup sulit. Hal ini karena semuanya seperti telah ada di internet dan membuat persaingan begitu besar.

Walaupun mempromosikan bisnis secara online mungkin menjadi hal yang cukup sulit, tetapi kamu tidak perlu khawatir karena terdapat 10 tips jitu yang dapat kamu lakukan untuk memprmosikan bisnis kamu secara online.

Penting untuk diingat bahwa adanya kemajuan walaupun masih lambat tetaplah lebih baik dibandingkan dengan tidak ada kemajuan sama sekali. Jadi, janganlah berputus asa dan lebih bekerja keras untuk mencapai tujuan kamu.

Nah, berikut ini beberapa tips atau cara yang dapat kamu lakukan untuk mempromosikan bisnis kamu secara online.

  1. Pemasaran Email dan Pembuatan Daftar

Pernahkah kamu mendengar tentang pemasaran email sebelumnya? Pemasaran email merupakan alat yang terbilang sangat ampuh dan telah terbukti berfungsi bagi banyak bisnis online.

Terdapat lebih dari 3,7 miliar pengguna email di dunia pada saat ini, hal ini berarti jumlah pengguna diproyeksikan pada tahun 2021 adalah mencapai 4,1 miliar. Tidak hanya itu, Email juga 40 kali lebih efektif untuk memperoleh pelanggan baru daripada Twitter ataupun Facebook.

Kamu perlu mengatur akun di layanan email marketing, seperti AWeber, Constant Contact atau MailChimp. Dengan menggunakan salah satu dari layanan email promosi ini, maka kamu bisa mengumpulkan arahan dengan melalui situs web kamu.

Tetapi, kamu perlu mengatur alat penjaring email pada tempat-tempat penting situs web kamu agar bisa mengumpulkan email pelanggan kamu seperti memberikan tampilan kolom untuk melakukan daftar menjadi subscriber email kamu. Kemudian, kamu bisa mengirimi mereka update mingguan, paket khusus, penawaran diskon dan lain sebagainya.

  1. Menggunakan Teknik Promosi di Forum dan Group

Terdapat banyak grup dan juga forum yang ada di internet yang bisa kamu gunakan sebagai tempat untuk mempromosikan bisnis kamu. Kamu tidak harus menjual layanan ataupun produk kamu secara langsung kepada orang-orang, tetapi pada kenyataannya kamu bisa membantu orang-orang dengan cara menunjukkan keahlian yang kamu miliki di lapangan. Jawab pertanyaan-pertanyaan mereka serta ajukan pertanyaan kamu.

Kamu bisa membangun beberapa hubungan bisnis yang sangat hebat dengan menggunakan forum dan juga grup internet. Koneksi seperti ini bisa membantu kamu untuk menumbuhkan komunitas online kamu. Tidak hanya itu, kamu juga dapat menawarkan bisnis yang kamu miliki di grup pesan singkat, seperti grup WhatsApp ataupun Telegram.

Baca Juga :  Cara Mudah Dapat Uang di Internet dengan Email Marketing yang Benar
  1. Cara Mempromosikan Bisnis dengan Menggunakan Media Sosial

Jejaring sosial juga dapat digunakan untuk melakukan promosi bisnis online kamu, kamu dapat berbagi kisah mengenai kehidupan nyata, manfaat produk kamu, ulasan pelanggan, acara dan lain sebagainya.

Apabila kamu belum memiliki akun di seluruh jejaring sosial utama, maka kamu harus segera membuat akun-akun tersebut. Kamu dapat memulai untuk mempromosikan bisnis kamu di seluruh akun sosial yang relevan. Temukan orang yang ada pada niche kamu, terhubung dengan mereka. Kemudian, temukan pelanggan potensial dan beritahu mereka mengenai produk kamu.

Berikut ini beberapa jejaring sosial yang terkenal yang dapat kamu gunakan untuk mempromosikan bisnis kamu secara online:

  1. Facebook
  2. Twitter
  3. Instagram
  4. LinkedIn
  5. Pinterest

  1. Posting Tamu

Baru-baru ini posting tamu sudah menjadi kebutuhan untuk melakukan promosi bisnis online. Hal ini akan membantu untuk meningkatkan otoritas domain kamu di pencarian Google. Selain itu, cara ini juga merupakan cara yang efektif yang dapat kamu gunakan untuk menghasilkan lintas rujukan.

Lalu, dimana kamu harus mengirim posting tamu?

Jawabannya, yaitu kamu harus mencari tahu terlebih dahulu blog mana saja yang dibaca oleh audiens kamu ataupun mencari blog yang relevan dengan produk kamu. Hubungi blog-blog tersebut kemudian mintalah izin pada mereka untuk mempublikasikan posting tamu pada blog mereka.

Posting blog tamu kamu tentunya harus memiliki manfaat dan juga ditulis dengan baik. Kamu juga bisa menambahkan beberapa blacklink nofollow ke halaman produk ataupun layanan utama kamu (pastikan untuk mengoptimalkan halaman-halaman tersebut untuk konversi).

  1. Mengembangkan dan Melaksanakan Strategi Pemasaran Konten

Pemasaran konten menjadi tren baru yang juga membantu banyak bisnis offline untuk membangun keberadaan mereka di Internet.

Pemasaran konten merupakan pemasaran yang didalamnya melibatkan pembuatan dan juga berbagi materi online dalam berbagai macam bentuk, baik itu blog, postingan media sosial ataupun video. Pemasaran konten sendiri secara tidak langsung akan membantu kamu untuk menghasilkan penjualan. Namun, dimaksudkan untuk merangsang minat pengguna dalam layanan atau produk kamu.

Ada banyak brand terkenal yang sudah menggunakan pemasaran konten online untuk mendapatkan audiens target mereka ke situs web ataupun platform media sosial mereka. Jadi, mereka bisa mengkonversi pengguna tersebut menjadi penjualan.

Jadi, dengan membuat konten yang memiliki manfaat bagi audiens target kamu baik dalam bentuk posting blog, infografis, podcast, pdf, video, kamu bisa menjangkau lebih banyak lagi orang. Untuk lebih mudahnya, kamu bisa meminta para blogger yang mempunyai pengunjung potensial untuk mengulas produk yang kamu miliki serta memberikan mereka produk kamu secara gratis.

Itulah tadi beberapa tips yang dapat digunakan untuk mempromosikan bisnis secara online. Kamu juga dapat menggunakan tips atau cara-cara lainnya yang sesuai dengan keinginan kamu. Semoga bermanfaat dan semoga sukses!

Check Also

Rekomendasi Pengelola Website Bisnis Online

Memaksimalkan Fungsi WordPress Untuk Bisnis Online

Saat ini kita banyak menemui berbagai macam bisnis dalam dunia internet yang tersedia dari berbagai …