Home / Blogging / Tips Dan Cara Ampuh Untuk Menghasilkan Uang Dari Blog Yang Kamu Miliki!
Tips Dan Cara Ampuh Untuk Menghasilkan Uang Dari Blog Yang Kamu Miliki

Tips Dan Cara Ampuh Untuk Menghasilkan Uang Dari Blog Yang Kamu Miliki!

Dengan perkembangan teknologi yang ada pada saat ini, tidak menutup kemungkinan bahwa kita juga diberi kemudahan untuk menghasilkan uang dengan memanfaatkan teknologi yang ada pada saat ini.

Dengan perkembangan teknologi yang ada pada saat ini, memberikan kemudahan kepada kita untuk membagikan serta menyebarluaskan hasil karya ataupun produk-produk yang ingin kita pasarkan. Hal ini tentunya juga tidak terlepas dari kondisi masyarakat saat ini yang seolah-olah tidak bisa lepas dari smartphone dan juga jaringan internet. Dengan adanya smartphone dan jaringan internet tersebut, kita dapat melakukan berbagai macam aktivitas, seperti mencari informasi yang dibutuhkan, belajar secara online, melakukan transaksi jual beli secara online dan lain sebagainya.

Sebenarnya, terdapat banyak cara yang dapat dilakukan untuk menghasilkan uang melalui internet. Salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk menghasilkan uang melalui internet yaitu dengan memanfaatkan blog. Peluang usaha online yang satu ini sangat cocok bagi kamu yang memiliki hobi menulis.

Tetapi, untuk menghasilkan uang dari blog juga tentunya tidak mudah. Terdapat beberapa cara yang perlu kamu lakukan untuk menghasilkan uang melalui blog, seperti cara-cara yang ada dibawah ini.

  1. Membuat blog terlebih dahulu

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan untuk menghasilkan uang melalui blog adalah dengan membuat blog terlebih dahulu. Tentu kamu mengetahui bahwa kewajiban utama dari seorang blogger adalah memiliki platform blog yang dapat menghasilkan berbagai macam konten yang menarik serta bermanfaat bagi para pembaca atau pengunjung blog tersebut.

Bagi kamu yang masih merasa bingung untuk membuat blog atau menggunakan platform blog, kamu dapat mencari tutorial membuat blog yang terdapat di internet, mulai dari yang gratis hingga yang berbayar.

  1. Memilih platform blog

Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan yaitu dengan memilih platform blog yang ingin kamu gunakan untuk mengupload berbagai macam konten yang telah kamu persiapkan sebelumnya. Terdapat beberapa platform, seperti Blogspot, WordPress dan lain sebagainya. Kamu dapat memilih jenis platform yang ingin kamu gunakan. Perlu diketahui bahwa setiap platform memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Bagi kamu yang memiliki hobi untuk mengatur kode yang ada pada HTML, maka kamu dapat menggunakan Blogspot karena didalamnya terdapat tawaran untuk kustomisasi layout yang dapat dilakukan secara bebas. Tetapi, bagi kamu yang baru saja memulai untuk menjadi blogger, maka kamu dapat menggunakan platform WordPress.

Terdapa beberapa kelebihan platform WordPress, seperti mudah digunakan, aktivitas yang dijalankan terbilang aman, gratis dan kamu dapat memilih tema blog dengan bebas dan sesuai dengan kebutuhan blog kamu.

  1. Membuat nama domain blog

Setelah kamu menentukan jenis platform blog yang ingin kamu gunakan, maka langkah selanjutnya yaitu dengan membuat nama domain blog atau alamat blog. Hal ini dilakukan agar blog kamu memiliki rumah secara online.

Salah satu tips yang dapat kamu lakukan untuk membuat domain blog, yaitu memastikan kejelasan dari domain name blog yang akan kamu buat serta memiliki kesesuaian dengan konten-konten blog yang sedang kamu buat.

Setelah menentukan domain atau alamat blog, selanjutnya kamu perlu melakukan konfigurasi blog.

  1. Membuat kreasi blog yang dapat menarik perhatian para pembaca atau pengunjung

Mengubah desain dari blog yang akan kamu gunakan tentunya penting dilakukan agar kamu dapat menarik perhatian dari para pembaca ataupun pengunjung blog kamu. Kamu dapat menggunakan desain blog yang sesuai dengan jenis konten yang akan kamu bagikan.

Untuk mengubah tema dari blog yang kamu miliki, maka kamu dapat mencari tutorial yang tersedia di internet.

  1. Membuat konten yang menarik dan bermanfaat

Membuat konten yang menarik dan bermanfaat tentunya perlu kamu lakukan agar para pengujung blog kamu senantiasa mengunjungi blog yang kamu miliki untuk membaca konten-konten yang kamu buat.

Beberapa prinsip yang dapat kamu gunakan ketika akan membuat konten untuk suatu blog adalah menghibur, memberikan jalan keluar dari suatu masalah, menginspirasi serta mampu mengubah gaya hidup dari para pembaca atau pengunjung blog kamu.

Hindari menggunakan konten orang lain atau konten jiplakan serta menyebarkan informasi-informasi palsu dan informasi yang tidak jelas kebenarannya.

  1. Mencari pembaca blog

Apabila kamu ingin memiliki penghasilan dari blog yang kamu miliki, tentunya kamu harus memiliki pengunjung atau pembaca blog yang jumlahnya cukup banyak. Jangan terlalu fokus dengan satu bidang saja, seperti hanya membangun blog yang kamu milikim tetapi kamu juga harus fokus untuk mencari target dari pengunjung atau pembaca blog kamu.

Lalu, beberapa dari kalian mungkin masih bertanya-tanya, sebenarnya darimana sumber penghasilan blog yang didapatkan. Berikut beberapa sumber penghasilan blog yang perlu kamu ketahui.

  • Pendapatan afiliasi
  • Pendapatan dari iklan
  • Recurring income
  • Membuka jasa atau layanan
  • Mengadakan suatu event
  • Menawarkan produk

Itulah tadi beberapa pembahasan mengenai cara untuk mendapatkan penghasilan dari blog. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Check Also

Inilah Tips Memilih Hosting Murah Dan Terbaik Untuk Website Bisnis

Inilah Tips Memilih Hosting Murah Dan Terbaik Untuk Website Bisnis!

Hosting merupakan sebuah layanan yang keberadaannya cukup berpengaruh pada kinerja serta performa dari suatu website. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *