Home / Internet Marketing / Tips Cara Mendapatkan Uang Dari Sebuah Blog

Tips Cara Mendapatkan Uang Dari Sebuah Blog

/
/
196 Views
img

Halo apa kabar pembaca setia Juraganonline.net ? Semoga semakin sehat, juga bisnisnya semakin lancar ya. Artikel kali ini akan membahas Bagaimana memaksimalkan sebuah blog untuk mendapatkan income. Tidak seperti dulu banyak orang baranggapan mendapatkan uang dari internet adalah hal yang sia-sia. Namun dengan berjalannya waktu kini banyak orang kaya dan sukses dari internet. Artikel kali ini akan membahas bagaimana mendapatkan uang dari internet dengan memanfaatkan sebuah website atau blog.

Ada tiga poin penting yang harus anda ketahui dalam membangun sebuah blog. Jika Anda mengabaikan salah satu saja dari 3 poin penting berikut tentu saja Anda tidak akan memiliki blog atau Anda memiliki blog namun income yang sangat minim.

1. WordPress

Jika Anda adalah seorang pemula yang baru mengenal belajar membuat blog, Anda bisa membangunnya dengan menggunakan platform WordPress. Mengapa WordPress ? Karena platform ini selain mudah digunakan juga banyak memiliki fitur yang sangat membantu untuk memenuhi segala kebutuhan yang diinginkan oleh user dalam membangun sebuah blog. Selain memiliki kelebihan yaitu user friendly, wordpress juga dapat diinstal dengan banyak pilihan plugin yang membantu mengoptimalkan sebuah website. Ada ribuan plugin yang gratis maupun premium yang siap Anda gunakan sesuai keperluan.

Baca: Cara membuat website dengan WordPress

2. Hosting dan Domain

Domain adalah nama dari alamat url website anda. Tidak akan ada ditemukan domain yang memiliki nama yang sama, jadi pastikan anda memiliki domain yang sesuai dengan niche/tema yang akan Anda kerjakan.  Anda bisa membeli domain disini -> Namecheap

Sedangkan hosting adalah tempat di mana data-data website kita diletakkan atau biasa disebut server. Kecepatan dari sebuah website diakses ditentukan oleh kinerja dari server, dan juga tema WordPress yang Anda gunakan ikut menentukan. Jika keduanya memenuhi syarat maka website anda akan cepat diakses dan tentunya hal ini akan disenangi oleh mesin pencari juga oleh pengguna atau pembaca Setia blog anda. Pastikan saat Anda membeli hosting atau server di tempat yang sudah terpercaya. Seperti saya biasanya selalu menggunakan hosting dari luar di sini Hawkhost. Sedangkan domain saya biasa beli di sini Namecheap.

3. Tema WordPress

Tema wordpress atau juga disebut dengan WordPress theme, atau wordpress template adalah tampilan Bagaimana website anda terlihat oleh user. Pastikan Anda memilih tema WordPress yang SEO friendly. Selain itu pastikan juga template WordPress Anda ringan sehingga cepat diakses dan yang terakhir tentunya desain yang menarik. Anda bisa mendapatkan tema WordPress yang profesional dan elegan secara gratis di library WordPress ataupun Anda bisa juga mendapatkan yang premium. Sedangkan wordpress untuk blog Anda bisa mencoba disini Oketheme atau disini Karatok.

Cara Mendapatkan Uang Dari Blog

Ada banyak cara untuk mendapatkan uang dari sebuah blog, namun artikel ini hanya membahas beberapa saja yang biasa dan relatif mudah untuk langsung dijalankan pada blog yang masih baru. Inti dari sebuah blog adalah konsistensi kita dalam memberikan artikel yang bermanfaat. Semakin banyak artikel yang bisa Anda berikan, maka potensi lebih banyak dikunjungi oleh para pembaca semakin tinggi. Dan jika traffic (jumlah pembaca banyak)  dari sebuah blog tinggi maka ini akan mempengaruhi seberapa besar pendapatan anda.

Iklan Mandiri

Maksudnya disini ialah dimana kita memberikan ruang atau space yang kita tawarkan kepada orang lain untuk mereka memasang iklan di blog kita. Tentu saja syaratnya traffic kita harus tinggi sehingga orang mau memasang iklan di website kita.

Bentuk iklan bisa berupa banner, teks, artikel sebagai iklan, atau juga artikel ulasan/ review.

Sebelum Anda memutuskan iklan apa yang akan Anda terima pastikan bahwa produk atau jasa yang akan diposting pada website Anda sesuai dengan tema/niche dari blog Anda. Maksudnya jika blog Anda memiliki konten-konten yang berkaitan dengan dunia digital internet marketing, maka rasanya tidak cocok jika Anda menerima iklan produk pasutri. Jadi pastikan produk atau jasa yang anda terima untuk beriklan sesuai tema dengan konten dari blog anda.

Menjadi Affiliate

Blog Anda bisa menjadi affiliasi dari sebuah produk, kemudian disana Anda masukkan link afiliasi dari produk tersebut. Menjadi affiliate adalah salah satu cara yang sangat baik dan relatif mudah dalam mendapatkan penghasilan. Karena kita tidak dipusingkan dalam membuat produk atau urusan packing. Namun kita hanya berfokus pada menjual sebuah produk.

Yang harus diperhatikan adalah pastikan produk yang Anda tawarkan adalah produk yang memang Anda menguasainya/menggunakannya dan merupakan produk yang bagus. Jangan sampai produk yang buruk Anda tawarkan tentu saja ini akan merusak Citra dari blog anda.

Google Adsense

Ini adalah suatu cara yang sangat banyak digunakan oleh para blogger. Jika website kita sudah memiliki traffic yang relatif stabil dan banyak konten, kita bisa mencoba untuk mendaftarkan ke Google AdSense. Google Adsense saat ini sudah memiliki banyak kebijakan yang sangat ketat. Jadi sebaiknya kita hati-hati saat memanfaatkan website kita untuk Google Adsense.

Berikut adalah poin-poin yang harus Anda perhatikan di dalam Google AdSense :

  • . Jangan terlalu banyak iklan dalam sebuah halaman tentu saja ini akan mengganggu untuk pembaca anda.
    . Anda harus rajin update content setiap harinya dan pastikan konten Anda menarik
    . Jika website Anda sudah memiliki banyak konten dan anda rajin update, harapannya kita akan memiliki traffic yang tinggi dan tentu itu akan berbanding lurus dengan besarnya pendapatan dari Google AdSense.
  • Review Produk
  • Dengan kita mereview sebuah produk lalu kita tampilkan dalam blog kita adalah salah satu cara juga bagaimana kita mendapatkan income dari blog. Jadi kita mendapatkan uang dari si empunya produk untuk berikan reviewnya secara jujur dan mempostingnya di dalam website.

Pastikan produk yang kita review memang benar-benar bagus, lalu review yang kita berikan adalah review yang jujur karena kita memakai juga, bukan sekedar karena kita dibayar. Selain itu kita juga bertanggung jawab untuk memberikan review yang  tidak menyesatkan pembaca.

Jualan Online

Ini adalah teknik bagaimana kita dapatkan income dari website yang sudah banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Umumnya orang memiliki akun Facebook untuk berjualan tetapi dia juga sekaligus memiliki blog atau website untuk jualan. Dengan memiliki blog atau website untuk berjualan sebenarnya dia juga sedang membangun brand dan juga authority sehingga calon konsumennya memiliki trust kepada si penjual. Produk atau jasa yang kita jual bisa berupa produk kita sendiri ataupun kita bisa menjadi reseller.

Itulah beberapa cara bagaimana kita mendapatkan income dari website kita. Anda bisa memulainya sekarang juga dengan membuat blog. Semoga artikel ini bermanfaat.

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
  • Buffer
  • Pocket
  • stumbleupon
  • Reddit

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views :