Tips Ampuh Agar Kerja Remote Lebih Produktif dan Efektif yang Perlu Diketahui Oleh Developer

Tips Ampuh Agar Kerja Remote Lebih Produktif dan Efektif yang Perlu Diketahui Oleh Developer!

            Pernahkah kamu mendengar tentang kerja remote sebelumnya? Kerja remote merupakan suatu sistem kerja dimana tidak mewajibkan pegawainya untuk datang ke kantor. Namun, sebagai gantinya, pegawai tersebut akan dibebaskan untuk bekerja di manapun yang dia inginkan. Entah itu bekerja dari cafe, rumah, perpustakaan, co-working space ataupun berbagai macam tempat lainnya.

            Saat ini, bekerja secara remote semakin menjadi suatu tren. Sudah mulai banyak startup dan perusahaan yang menawarkan pilihan kerja remote kepada pegawainya. Bahkan, terdapat survei yang menunjukkan bahwa sebanyak 34 persen orang di Indonesia telah bekerja secara remote.

            Walaupun sudah mulai jamak dilakukan, kerja remote dapat dibilang sebagai berkah namun juga kutukan. Ia akan menjadi berkah pada saat kamu bisa bekerja secara produktif. Tanpa perlu merasa repot untuk menghabiskan wakut dijalan, tanpa perlu repot untuk berdandan ataupun mengeluarkan biaya lebih untuk makan.

            Tetapi, kerja remote juga dapat menjadi kutukan apabila kamu tidak pintar untuk mengelola waktu. Salah-salah, kamu malah bisa kebablasan bekerja dan tidak memperhatikan waktu, dengan kata lain lembur. Jika sudah seperti itu kasusnya, maka kamu sudah pasti akan kelelahan dan rawan stress.

            Oleh sebab itu, agar bekerja secara remote tidak menjadi kutukan bagi kamu, maka kamu membutuhkan beberapa tips kerja remote agar lebih produktif dan tentunya efektif.

Berikut ini beberapa tips kerja remote yang perlu kamu ketahui.

  1. Menyiapkan Software yang Penting untuk Digunakan

Tips pertama yang dapat kamu lakukan, yaitu dengan menyiapkan software yang penting untuk kamu gunakan. Berikut ini beberapa software yang dapat membantu kamu untuk menjawab tantangan pada saat kerja remote.

  • Aplikasi chatting

Aplikasi chatting tentunya menjadi salah satu aplikasi yang juga dibutuhkan. Aplikasi ini dapat membantu kamu untuk berkomunikasi dengan tim kamu. Kamu bisa menggunakan Telegram, WhatsApp, Slack ataupun mneggunakan fitur chat yang ada di Skype.

  • Aplikasi task management atau to-do-list

App semacam Trello atau Quire dapat membantu kamu untuk mendaftar apa-apa saja tugas yang perlu kamu kerjakan. Tidak hanya itu, app juga dapat membantu setiap orang yang ada dalam tim untuk melihat progres dari pekerjaan masing-masing.

  • Aplikasi kerja khusus developer

Ketika menjadi seorang developer, kamu tentunya membutuhkan software khusus yang mampu mendukung kerja kamu. Contohnya, seperti Git. Dengan menggunakan Git, maka kamu dapat melakukan pemeriksaan terhadap code dan mengerjakannya bersama-sama agar lebih mudah.

  • Aplikasi konversi waktu

Apabila kamu mempunyai klien yang berasal dari luar negeri atau bekerja dengan tim global, maka app yang seperti ini tentu menjadi salah satu hal yang juga penting untuk digunakan. Dengannya, kamu dapat dengan mudah menyesuaikan waktu pada saat harus melakukan conference call. Apabila ingin praktis, kamu hanya perlu mengunjungi website seperti The Time Zone Converter (https://www.thetimezoneconverter.com/)

Bagi kamu yang bekerja dengan sebuah tim, maka sebaiknya kamu memastikan bahwa setiap anggota dari tim kamu menggunakan software yang sama. Dengan melakukan hal tersebut, maka alur kerja dalam tim kamu akan menjadi lebih efektif. Tidak hanya itu, software yang sama juga dapat memudahkan kamu ketika berkoordinasi dan membuat laporan.

Baca Juga :  5 Hal Yang Tidak Boleh Anda Abaikan Dalam Memilih Hosting Server Untuk Website
  1. Membuat alur kerja yang jelas

Setelah kamu menentukan software apa saja yang penting untuk digunakan, maka selanjutny kamu perlu membuat alur kerja yang jelas. Software hanya alat yang akan membantu kerja kamu, yang penting adalah bagaimana cara kamu menggunakan software tersebut. Oleh sebab itu, alur kerja juga menjadi salah satu hal yang penting untuk dibuat.

Di setiap macam pekerjaan tentunya mempunyai alur kerjanya masing-masing. Hanya saja, untuk memudahkannya, maka kamu dapat menggunakan 3 patokan sederhana seperti yang ada di bawah ini:

  1. Apa yang perlu dikerjakan selanjutnya?
  2. Apa yang sedang dikerjakan?
  3. Apa hasil yang kamu harapkan dari tugas tersebut?

Agar alur kerja yang telah kamu buat menjadi lebih jelas, kamu juga dapat menggunakan salah satu tools yang ada dibawah ini. Rekomendasi tools yang ada dibawah ini disarankan bagi developer, tetapi kamu juga dapat menggunakannya yang disesuaikan dengan kebutuhan tim kamu:

  • Pivotal Tracker

Tool bug tracker bagi kamu untuk mengadopsi Agile methodolgy. Hal ini sesuai untuk mengembangkan software yang dalam jangka waktu tahunan.

  • Basecamp

Tool lengkap yang didalamnya terdapat to-do-list, jadwal, papan pengumuman, group chat, arsip dokumen dan aset dan juga pesan personal.

  • io

Bisa digunakan untuk memeriksa bug yang ada pada software, memantau progres proyek dan juga mengirim notifikasi progres proyek ke sesama developer ataupun klien. Tool yang satu ini juga cocok dipakai untuk tim kecil yang didalamnya terdapat 1 sampai 4 developer.

  • FlowDock

Aplikasi yang satu ini semacam aplikasi chat yang mempunyai berbagai fitur tambahan. Tidak hanya itu, tool yang satu ini juga akan memudahkan penggunanya untuk berkomunikasi, membuat grup untuk topik bahasan tertentu dan juga memantau progres kerja.

            Dengan menggunakan bantuan tools, maka kamu akan mempunyai alur kerja yang lebih jelas lagi. Sehingga, hasil kerja pun juga tidak jadi mengawang-awang.

  1. Menyiapkan tempat untuk kerja yang nyaman

Penting untuk diingat bahwa tempat kerja menjadi salah satu hal yang tidak boleh untuk diremehkan ketika kamu telah memutuskan untuk bekerja secara remote.

Kamu dapat mencari satu tempat yang pas yang dapat membuat kamu merasa keasyikan pada saat bekerja. Sehingga, secara satu per satu tugas yang kamu miliki bisa dengan cepat diselesaikan. Sebaliknya, apabila kamu bekerja di tempat yang zonk, maka tidak akan menyumbang apapun ke kamu. Tidak hanya tugas yang tidak selesai, tetapi kamu juga bahkan bisa kehabisan energi hanya untuk sekedar berkonsentrasi.

Berikut ini beberapa tips yang dapat kamu gunakan untuk membantu kamu bekerja secara nyaman dan senang:

  1. Bekerja di tempat yang kondusif dan tenang.
  2. Kamu juga bisa menggunakan headset atau earphone.
  3. Kamu juga bisa menggunakan meja dan kursi yang ergonomis.
  4. Menyiapkan botol air minum yang berukuran besar di meja kamu.
  5. Menyiapkan aplikasi chat atau video conference.
  6. Menggunakan koneksi internet yang stabil dan cepat.

  1. Menjadwalkan online meeting secara berkala

Pada saat kamu bekerja secara remote dengan suatu tim, output tidak menjadi satu-satunya hal dikejar. Bagaimanapun juga, kerja sama tim dan juga rasa memiliki juga dibutuhkan. Oleh sebab itu, perlu ada waktu khusus untuk melakukan online meeting secara berkala.

Pada saat melakukan online meeting, kamu dan tim kamu bebas untuk membahas mengenai apapun. Tetapi, kalau bisa, sebaiknya gunakan waktu ini untuk berdiskusi serta berbagai pengetahui baru mengenai posisi yang digeluti. Hal-hal yang lainnya, seperti skill, kursus tambahan dan manajemen tugas, serta tren idustri juga dapat menjadi pembahasan kamu dan tim kamu.

Dengan melakukan cara ini, maka kamu dapat membangun kedekatan serta komunikasi yang ada dalam tim kamu. Tidak hanya itu, dengan menggunakan cara ini juga bisa memastikan bahwa masing-masing dari anggota tim kamu mempunyai pandangan yang sama mengenai tujuan perusahaan serta cara untuk mencapainya.

Baca Juga :  6 Keuntungan Menggunakan Web Whatsapp
  1. Membuat jadwal rutin untuk laporan

Pada titik yang satu ini, kamu seharusnya telah bisa untuk bekerja secara lancar. Hanya saja, apabila kamu bekerja dalam suatu tim, maka terdapat beberapa hal yang penting untuk diterapkan. Salah satunya, yaitu untuk menyediakan waktu khusus untuk laporan secara rutin.

Dengan adanya laporan tersebut, maka masing-masing dari anggota tim dapat saling berdiskusi. Bahkan, selain menjadikan hubungan antarpegawai menjadi lebih dekat, dengan adanya laporan semacam ini juga dapat menjadi ajang untuk mengurai masalah serta memperbaiki alur kerja.

Mengenai seberapa sering laporan tersebut di agendakan, hal tersebut tergantung dengan jumlah anggota tim kamu dan juga beban kerjanya. Pada kasus developer, semakin sedikit anggota tim, justru akan semakin sedikit pula jumlah laporan yang harus dikerjakan. Hal ini karena, untuk memantau tugas tiap anggota masih cukup mudah dan mungkin untuk dilakukan.

Namun sebaliknya, pada kasus tim besar laporan harus sering-sering untuk dikerjakan. Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya orang yang mengerjakan tugas yang sama, membuat perubahan yang tidak kompatibel dengan seluruh code, atau bahkan hal-hal lainnya yang membuat pekerjaan menjadi tidak efisien.

Misalnya, kamu dapat menerapkan dua kali pelaporan singkat (standup meeting) bagi tim developer yang didalamnya berisi 1 sampai 3 orang. Bagi tim yang berisi lebih dari 4 developer, maka kamu dapat menjadikan laporan singkat sebagai agenda harian.

Itulah tadi beberapa tips yang dapat kamu lakukan agar kerja remote menjadi lebih produktif dan efektif. Jangan gampang menyerah dan teruslah berusaha. Semoga bermanfaat dan semoga sukses!

Check Also

Cache Enabler

5 Rekomendasi Plugin Cache Terbaik untuk Percepat Situs WordPress!

Bagi kamu yang menggunakan WordPress, plugin cache menjadi salah satu plugin yang wajib untuk kamu …