Home / General / Software Desain Rumah Gratis Yang Wajib Kamu Coba
Floorplanner 1

Software Desain Rumah Gratis Yang Wajib Kamu Coba

 Untuk membuat suatu desain rumah yang baik, tentunya dibutuhkan keahlian, waktu, dan juga penggunaan software desain 3D berdaya tinggi yang tepat dan sesuai dengan jenis desain rumah yang ingin kamu buat, terutama bagi kamu yang ingin membuat desain rumah yang mewah dengan gambar elevasi dan tampilan 3D. Tetapi, apabila kamu hanya ingin membuat desain denah lantai yang akan terlihat ketika rumah telah selesai dan diperlengkapi, menggunakan software desain 3D yang mahal sepertinya akan membutuhkan banyak biaya dan juga biasanya hal tersebut digunakan oleh para profesional yang sesuai dengan bidangnya.

 Apabila kamu adalah seorang pemula atau baru ingin membuat desain rumah miliki kamu sendiri, maka kamu dapat menggunakan software yang tidak terlalu rumit dan tidak terlalu mahal atau bahkan gratis. Hal ini karena saat ini kamu dapat menemukan banyak software denah lantai rumah secara gratis yang dapat membantu kamu untuk membayangkan proyek yang ingin dikerjakan untuk renovasi atau dekorasi.

Pengertian denah lantai rumah

Denah lantai merupakan peta dalam bentuk 2D atau 3D sederhana dimana peta tersebut akan menunjukkan panjang dan juga lebar dinding. Secara keseluruhan, denah lantai dapat memperlihatkan tata letak umum dari suatu rumah atau ruangan. Yang menarik adalah denah lantai menjadi salah satu alat yang sangat berguna bagi orang yang ingin membuat rumah mereka sendiri ataupun pemasaran yang diperlukan oleh marketing real estate dan juga pengembang properti.

Berikut ini beberapa software desain rumah gratis yang wajib kamu coba untuk membuat desain rumah yang kamu inginkan.

SmartDraw

  1. SmartDraw

Rekomendasi software pertama yang dapat kamu gunakan, yaitu SmartDraw. Jenis software yang satu ini merupakan software untuk membuat desain denah lantai dari suatu rumah gratis, pembuat bagan org dan juga pembuat diagram alur yang kuat tetapi tetap mudah untuk digunakan oleh siapapun yang perlu membuat suatu diagram. Software yang satu ini dapat digunakan mulai dari arsitek dan insinyur sampai agen real estate dan juga manajer proyek.

Software yang satu ini memiliki lebih dari 4.500 template diagram, fitur kolaborasi dan juga berbagi file yang membuat SmartDraw menjadi salah satu alat yang dianggap cukup efektif untuk membuat denah lantai rumah atau ruangan. Selain itu, SmartDraw juga menyediakan editor online gratis yang tentunya juga cukup mudah untuk digunakan.

Yang lebih menarik lagi, SmartDraw memiliki 34.000 simbol desain arsitektur dan juga kemampuan menggambar seperti CAD yang dapat membantu kamu untuk membuat denah lantai rumah tanpa memerlukan waktu lama.

Beberapa fitur utama dari SmartDraw, yaitu:

  1. Mudah untuk mencetak diagram untuk skala
  2. Menyediakan lebih dari 4.500 template dan juga kurang lebih 34.000 simbol arsitektur
  3. Memiliki editor online yang sangat mudah untuk digunakan dan juga dapat diakses kapanpun dan dimana saja
  4. Dapat merampingkan desain dengan menggunakan format cerdas
  5. Terintegrasi dengan lancar dengan layanan Cloud Storage, seperti Dropbox, Google Drive, Box atau OneDrive.

 

 

SketchUp

  1. SketchUp

SketchUp merupakan jenis software desain 3D yang handal yang dibangun oleh Trimble yang dapat digunakan untuk merampingkan desain 3D yang ada di web. Hal ini menjadi solusi yang didalamnya terdapat rangkaian lengkap berupa fitur perancangan dan pemodelan yang kuat yang berfungsi ketika kamu memerlukan desain interior, lanskap, arsitektur, teknik sipil dan juga film. SketchUp menjadi salah satu software yang mudah untuk digunakan dan dapat digunakan oleh arsitek, perancang, pembangun, dan juga insinyur di setiap fase proses desain yang dikerjakan.

Yang membuat software ini menjadi unik, yaitu versi dasar dari SketchUp yang meskipun tersedia secara gratis tetapi tetap menawarkan banyak alat penting yang kamu butuhkan ketika membuat model 3D dengan cepat. Selain itu, SketchUp merupakan aplikasi berbasis yang didalamnya dilengkapi dengan pemodel inti 3D yang dapat kamu akses dimanapun dan kapanpun. Bahkan, SketchUp juga memungkinkan penggunanya untuk memvisualisasikan ide-ide yang kamu miliki di atas kertas, kemudian mengubahkan menjadi proyek nyata.

Software ini juga menggabungkan penyimpanan cloud 10 GB, pemodel 3D yang kuat dan juga tampilan sesuler yang berfungsi untuk memafasilitasi denah lantai yang kamu buat.

Beberapa fitur utama SketchUp, yaitu:

  1. Menyediakan banyak model 3D yang dapat dibuat oleh pengguna
  2. Mendukung berbagai macam format file ekspor dan juga impor
  3. Mendukung tampilan model 3D di ponsel
  4. Memiliki pemodel 3D yang kuat
  5. Menawarkan ruang penyimpanan cloud 10 GB.

 

 

Sweet Home 3D

  1. Sweet Home 3D

Sweet Home 3D merupakan jenis software desain interior rumah gratis yang dibuat dengan tujuan membantu desainer interior dan juga arsitek untuk membuat denah rumah serta mengatur furnitur agar lebih efektif.

Solusi yang disediakan oleh software ini, adalah kamu dapat menggambar rencana dan juga bermain-main dengan aspek-aspek yang ada, seperti warna dan tekstur lantai atau langit-langit, ukuran dan ketebalan dinding serta lokasi dan orientasi furnitur. Selain itu, Sweet Home 3D juga memungkinkan penggunanya secara mudah untuk membuat catatan rencana, menyesuaikan lampu untuk membuat gambar fotorealistik serta mengontrol efek sinar matahari.

Tidak seperti beberapa software lainnya, Software Home 3D merupakan jenis software yang open source. Artinya, vendor memberikan akses untuk penggunanya ke kode sumber software, dan penggunanya dapat memodifikasinya agar dapat bekerja secara sesuai dengan cara kerja pengguna tersebut. Selain itu, kamu juga dapat melakukan perluasan pada fungsionalitas Sweet Home 3D dengan menggunakan plugin.

Beberapa fungsi utama dari Sweet Home 3D, yaitu:

  1. Dapat diakses dalam 27 bahasa
  2. Dapat menambah dan juga mengatur ulang furnitur
  3. Mudah untuk menggambar dinding miring, lurus atau bulat
  4. Dapat muncul dengan kompas mawar untuk membantu penggunanya merencanakan anotasi
  5. Memungkinkan penggunanya untuk memasukkan jendela dan juga pintu secara mudah.

 

 

 

PlanningWhiz Floor Planner 1

  1. PlanningWhiz Floor Planner

PlanningWhiz Floor Planner merupakan jenis software untuk perencanaan desain lantai rumah gratis dalam bentuk 2D ataupun 3D untuk agen real estate, desainer interior, pengecer furnitur dan juga pengembang properti. Software ini merupakan alat perencanaan lantai rumah yang dapat digunakan dengan mudah dan memungkinkan penggunanya untuk membuat rencana lantai rumah bahkan yang rumit atau langsung untuk menyampaikan konsep kepada klien.

Solusi yang disediakan oleh software ini ada di versi gratis dan juga berbayar. Paket gratisnya yang terbilang terbatas memungkinkan penggunanya untuk membuat lima proyek dalam bentuk 2D atau 3D dan, tergantung dengan jenis proyek yang kamu tidak dapat cetak ataupun bahkan ekspor paket.

Walaupun alat yang satu ini memberikan penawaran berupa perangkat alat desain yang ringan, tetapi alat ini juga menciptakan denah lantai yang berkualitas tinggi dan terbaik untuk merencanakan ruang luar. Yang menarik dari software ini, yaitu memungkinkan penggunanya untuk memasukkan logo kamu ke dalam proyek jadi.

Fitur utama dari PlanningWhiz Floor Planner, yaitu:

  1. Memiliki fitur edit WYSIWYG
  2. Menyediakan alat perancangan dan juga perancangan khusus industri
  3. Mampu menghasilkan desain dalam bentuk 2D dan 3D
  4. Dirancang agar sesuai dengan perencanaan ruang outdoor dan juga indoor.

 

 

SketchUp Floorplanner 1

  1. Floorplanner

Floorplanner merupakan jenis software desain denah lantai rumah gratis yang perancangannya terutama diutamakan untuk agen real estate dan juga desain interior. Aplikasi yang satu ini memiliki editor floorplan sederhana yang mampu bekerja dengan lancar di browser web apapun.

Beberapa fitur utama dari Floorplanner, yaitu:

  1. Menyediakan perencana ruang dan juga penampil interaktif
  2. Memiliki editor intuitif yang dioptimalkan untuk membuat denah lantai rumah dengan cepat dan juga mudah
  3. Mudah untuk mengekspor dan juga mengimpor desain
  4. Software datang dengan fitur Auto-furnish.

Itulah tadi beberapa software desain rumah gratis yang dapat kamu gunakan. Kamu dapat menggunakan software yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Check Also

hawkhost hosting terbaik

Jenis-Jenis Hosting Yang Wajib Kamu Ketahui!

Mengetahui jenis-jenis hosting tentunya menjadi salah satu hal yang cukup penting untuk diketahui karena dengan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EBOOK GRATIS!

Dibongkar tuntas, rahasia para mastah menghasilkan puluhan hingga ratusan juta dari affiliate

Cek detail ebook dulu… klik disini

GRATIS!

Ebook ini bisa tuntun kamu miliki BRAND yang kuat – mudah untuk jualan – mudah dapatkan follower

mockup ebook panduan brand dikenal orang

Download sekarang juga. Gratis!

DIBONGKAR RAHASIA PARA MASTAH BER-BISNIS AFFILIATE

super affiliate e1522321658510
  • Mengapa bisnis ini menjadi favorit para pebisnis online
  • Tools apa saja yang mereka gunakan
  • Skill yang mesti kamu tahu untuk bisnis affiliasi ini
  • Bagaimana menciptakan "GIFT" untuk kumpulkan data
  • Traffic yang jadi andalan untuk jaring list email
  • Serta tips dan trik lainnya

Download Segera Sebelum Halaman Ini Saya Hapus!!

Bisnis affiliate hampir dilakukan oleh semua pebisnis online. Ebook ini akan bocorkan rahasia mengapa mereka dapatkan income puluhan juta bahkan ratusan juta dalam satu tahun

  • Sama seperti Anda, saya juga tidak menyukai SPAM. Data email Anda aman bersama Tim JuraganOnline