Home / SEO / Rahasia Website Cepat Diindeks Google! Kamu Wajib Tau!
Rahasia Website Cepat Diindeks Google

Rahasia Website Cepat Diindeks Google! Kamu Wajib Tau!

Jika website yang kamu miliki tidak masuk didalam index Google, tentu saja ini menjadi masalah besar yang harus segera diselesaikan. Website kamu tidak akan muncul dalam hasil pencarian dan orang-orang pun tidak akan tahui jika website kamu terdapat di dunia maya.

            Tapi, kamu tidak perlu khawatir lagi, tidak perlu bingung ataupun panik karena kamu dapat mengatasi hal tersebut dengan beberbagai macam cara. Lalu, bagaimana cara agar websit dapat terindeks oleh Google? Tetapi sebelu mengetahui cara-cara tersebut, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu Google Index, cara kerja index Google dan mengapa hal yang satu ini begitu penting untuk website kamu.

            Berikut penjelasan penting yang perlu kamu ketahui.

Pengertian Google Index

            Google Index merupakan database yang didalamnya terdapat informasi dan juga halaman website yang telah dikumpulkan oleh Google. Kemudian, dari database tersebutlah Google dapat menampilkan hasil pencarian untuk para penggunanya.

            Database tersebut diperoleh dari proses crawling dan indexing yang juga dilakukan oleh Google. Proses indexing dan crawling seperti ini membuat Google dapat menemukan halaman-halaman website baru yang ada di dunia maya dengan menggunakan suatu teknologi yang bernama spiders. Spiders Google ini diberi nama Googlebot.

            Jika kamu masih merasa bingung, berikut penjelasan singkatnya masing-masing:

  1. Crawl: sebuah proses yang dilakukan untuk mengikuti berbagai link yang terdapat di internet agar dapat menemukan konten baru.
  2. Indexing: sebuah proses yang dilakukan untuk menyimpan setiap halaman website ke dalam database supaya muncul pada hasil pencarian.
  3. Spiders: suatu teknologi canggih yang memiliki tugas untuk merangkak di internet.
  4. Googlebot: Spiders yang dimiliki oleh Google.

Nah, Google Index inilah yang akan menampilan sebuah website pada hasil pencarian. apabila terdapat website yang sama sekali tidak muncul pada hasil pencarian, maka website tersebut belum masuk ke dalam databse Google Index.

Mengapa website harus masuk Google Index?

            Apabila kamu ingin agar website kamu dapat muncul pada hasil pencarian Google, tentunya website tersebut harus terdapat di Google Index terlebih dahulu.

            Jika ada di dalam index berarti Google sudah menyadari bahwa website yang kamu miliki tersebut eksis. Tetapi, hal ini bukan berarti Google akan secara otomatis menaruh website tersebut dalam ranking tinggi jika terdapat pencarian yang terkait, hal ini karena index dan ranking merupakan dua hal yang berbeda.

            Perlu diketahui bahwa ranking berhubungan dengan Search Engine Optimization atau SEO. Sedangkan, kamu perlu masuk index terlebih dahulu sebelum dapat berkompetisi di dalam ranking pencarian dan mengurusi SEO.

            Sehingga, dapat dikatakan jika website kamu tidak masuk di index Google, maka kamu tidak akan bisa mendapatkan ranking di Google.

Baca Juga :  6 Manfaat Dalam Bisnis Dengan Menggunakan Teknik SEO

 

Cara Agar Website Masuk ke Index Google

            Apabila website kamu belum terdaftar di Google Index, berikut ini beberapa cara yang dapat kamu lakukan agar website kamu dapat masuk ke Google Index.

  1. Menambahkan Website ke Google Search Console

Supaya website kamu dapat masuk ke Google Index, maka langkah awal yang perlu kamu lakukan, yaitu dengan menambahkan website kamu ke Google Search Console.

Google Search Console merupakan alat gratis bagi para pemiliki website yang dapat digunakan untuk memonitor kinerja website.

Selain itu, fungsi Google Search Console yang penting yang terdapat didalam proses indexing, yaitu kamu dapat melihat seberapa sering Googlebot crawling ke website kamu, memasukkan sitemaps dan juga memperbaiki server jika terdapat proses crawl yang error.

  1. Memperbanyak Internal Link

Perlu diketahui bahwa membuat konten yang berkualitas saja kurang cukup. Kamu masih harus menghubungkan satu konten dengan konten yang lainnya dengan melalui internal link.

            Lalu, apa itu internal link? Internal link adalah link dari satu halaman ke halaman lainnya yang berada dalam satu website yang sama. Hal seperti ini dapat membantu Googlebot untuk memahami konteks dan juga hubungan yang ada antara halaman yang ada di website kamu.

  1. Membuat Sitemap

Agar Googlebot dapat lebih mudah untuk memahami isi yang ada di website kamu, maka kamu perlu membuat sitemap XML. Sitemap XML ini adalah daftar yang ada dari halaman website yang ditujukan kepada mesin pencari supaya website kamu dapat lebih mudah untuk ditemukan yang nantinya akan berpengaruh ke wesbite kamu yang dapat lebih cepat untuk masuk index.

Selain dengan sitemap XML ini, terdapat juga sitemap HTML. Nah, hal ini berbeda dari sitemap XML yang ditujukan untuk mesin pencari, sitemap HMTL ini dibuat bagi pengunjung website kamu.

Sebenarnya, sitemap HTML tidak berpengaruh langsung kepada Google Index, tetapi kamu tetap disarankan untuk membuatnya. Hal ini dikarenakan sitemap HTML akan membuat pengunjung menjadi lebih mudah untuk melakukan navigasi ke berbagai halaman yang ada di website kamu.

  1. Membuat Robots.txt

Robots.txt memiliki fungsi untuk memberitahu kepada mesin pencari tentang halaman yang yang perlu untuk diindeks yang halaman mana yang tidak perlu untuk diindeks.

Perlu diketahui bahwa dalam kondisi tertentu, terdapat halaman yang tidak perlu masuk ke index Google. Contohnya, apabila terdapat konten duplikat di website kamu.

Dengan adanya keberadaan konten duplikat ini dapat membuat Google menghapus website kamu dari index. Oleh sebab itu, jika terdapat konten duplikat, maka sebaiknya tidak perlu dimasukkan ke Google Index.

Selain itu, menghalangi Googlebots untuk mengindeks halaman tak penting yang justru hanya akan menyebabkan kerugian terhadap website kamu tentunya dapat memberikan beberapa manfaat. Kamu dapat mengurangi beban yang diterima oleh website, selain itu juga dapat mempercepat proses indexing dan juga hasil indeksnya nanti juga akna lebih rapi.

Baca Juga :  Cara Mudah Optimasi Gambar Untuk Datangkan Trafik ke Website
  1. Membuat Halaman dengan Kategori Konten

Jika kamu mempunyai banyak konten didalam website kamu, maka kamu dapat membuat “halaman kategori konten” yang didalamnya berisi daftar konten-konten tersebut. Hal ini tidak hanya akan membantu para pengunjung, tetapi juga akan membantu Googlebot untuk menjelajahi website kamu dengan lebih efisien.

Kamu dapat membuat halaman kategori konten ini dengan mempertimbangkan beberapa hal, seperti:

  1. Produk yang hampir sama (apabila website kamu adalah website ecommerce)
  2. Berita yang saling berhubungan (apabila kamu mempunya website berita)
  3. Post dengan topik yang memiliki bahasan yang sama

Kategori seperti ini akan membantu Google untuk menganalisis hubungan antar halaman yang terdapat di website kamu. Jadi, dengan adanya kategori, Googlebot dapat lebih mudah untuk memahami konten-konten yang topiknya hampir sama atau mirip.

  1. Membangun Backlink yang Berkualitas

Pernahkah kamu mendengar tentang backlink sebelumnya? Backlink adalah suatu link yang dipasang pada suatu website lain yang akan mengarah ke halaman website kamu.

Perlu diketahui bahwa backlink ini menjadi salah satu hal yang cukup penting dalam indexing. Hal ini karena salah satu cara Googlebot untuk menemukan halaman yang baru adalah dengan melalui backlink. Apabila kamu mendapatkan backlink yang berkualitas yang berasal dari banyak website, maka akan semakin mudah pula bagi Googlebot untuk menemukan website kamu.

Membangun backlink yang berkualitas seperti ini bisa menjadi salah satu cara yang mempercepat index Google tetapi sering diabaikan. Padahal, Google menganggap halaman yang memiliki backlink berkualitas seperti itu lebih penting.

Jadi, besar kemungkinkan Googlebot akan menjadi lebih cepat crawling di sana dibandingkan dengan halaman tanpa backlink. Hal seperti ini nantinya akan berpengaruh terhadap proses indexing yang tentunya menjadi lebih cepat.

  1. Membuat Konten

Meskipun website atau blog kamu masih belum terindeks oleh Google, hal ini bukan berarti kamu tidak dapat menerbitkan konten sama sekali. Justru kamu harus mulai untuk menerbitkan konten agar dapat membantu website kamu menjadi lebih cepat untuk dapat masuk ke Google Index.

Tetapi, kamu tidak dapat membuat konten yang sembarangan. Kamu perlu membuat dan mengeluarkan konten-konten yang berkualitas secara rutin. Hal seperti ini akan menunjukkan kepada Google bahwa website kamu memberikan berbagai macam informasi yang segar dan tentunya up-to-date kepada para pengunjung.

Konten-konten yang memiliki kualitas tinggi dan juga segar tersebutlah yang juga akan membuat Googlebot akan semakin sering untuk melakukan crawling pada website kamu karena relevannya konten-konten kamu dengan apa yang sedang dicari oleh banyak orang saat ini.

Perlu diketahui bahwa website jenis apapun tetap disarankan untuk memiliki konten didalamnya. Entah itu toko online, blog ataupun website perusahaan. Tetapi, tentu saja untuk membuat konten tersebut tidak boleh sembarangan. Hal ini agar kamu tahu konten apa saja yang cocok dengan website kamu.

Itulah tadi beberapa cara yang dapat kamu lakukan agar website kamu dapat dengan cepat diindeks oleh Google. Setelah website kamu berhasil masuk ke Google Index, maka kamu dapat melanjutkan untuk berkompetisi di ranking pencarian. Semoga bermanfaat dan semoga sukses!

Check Also

featured image juragan online

Cara Mudah Optimasi Gambar Untuk Datangkan Trafik ke Website

Panduan singkat plugin wordpress Auto Image Attribut Untuk mendapatkan traffic menuju blog kita, bisa melalui …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EBOOK GRATIS!

Dibongkar tuntas, rahasia para mastah menghasilkan puluhan hingga ratusan juta dari affiliate

Cek detail ebook dulu… klik disini

DIBONGKAR RAHASIA PARA MASTAH BER-BISNIS AFFILIATE

super affiliate e1522321658510
  • Mengapa bisnis ini menjadi favorit para pebisnis online
  • Tools apa saja yang mereka gunakan
  • Skill yang mesti kamu tahu untuk bisnis affiliasi ini
  • Bagaimana menciptakan "GIFT" untuk kumpulkan data
  • Traffic yang jadi andalan untuk jaring list email
  • Serta tips dan trik lainnya

Download Segera Sebelum Halaman Ini Saya Hapus!!

Bisnis affiliate hampir dilakukan oleh semua pebisnis online. Ebook ini akan bocorkan rahasia mengapa mereka dapatkan income puluhan juta bahkan ratusan juta dalam satu tahun

  • Sama seperti Anda, saya juga tidak menyukai SPAM. Data email Anda aman bersama Tim JuraganOnline