Hati hati Inilah Penyebab Website Lambat yang Harus Kamu Ketahui

Hati-hati! Inilah Penyebab Website Lambat yang Harus Kamu Ketahui!

Permasalahan mengenai website yang lambat menjadi kendala yang juga dialami oleh beberapa pemilik website yang lainnya. Lalu, hal-hal apa saja yang dapat membuat website menjadi lambat?

 Berikut ini beberapa hal yang dapat menyebabkan website menjadi lambat yang perlu kamu ketahui.

  1. Tidak Didukung CDN

CDN adalah jaringan server global yang tersebar di berbagai negara. Dengan menggunakan CDN, maka setiap permintaan data akan dilayani oleh server yang terdekat.

Perlu diketahui bahwa CDN atau Content Delivery Network dapat membantu website agar dapat loading dengan lebih cepat. Hanya saja masih terdapat beberapa website yang belum menggunakannya.

Apabila kamu tidak menggunakan CDN dan server kamu berada di Amerika Serikat, maka pengunjung yang berasal dari Indonesia perlu mengakses server yang jauh tersebut. Hal ini tentu dapat membuat proses loading menjadi lebih lamat.

Tak hanya itu, dengan banyaknya akses ke satu server secara bersamaan juga akan memberikan pengaruh terhadap fenomena tersebut, bukan?

  1. Salah Konfigurasi

Perlu diketahui bahwa dengan melakukan konfigurasi yang sesuai dengan kebutuhan memang dapat membantu untuk meningkatkan performa website agar menjadi lebih baik.

Juga penting untuk diingat bahwa apabila terjadi kesalahan konfigurasi, maka hasil yang akan didapatkan justru sebuah website yang lambat untuk diakses.

Terdapat beberapa pengaturan yang dapat kamu modifikasi, seperti pengelolaan database, pengaturan upadate, manajemen posting dan tautan.

Selain itu, apabila terdapat kesalahan konfigurasi juga dapat memunculkan pesan error. Hal ini tentunya dapat berakibat yang tidak baik terhadap kepercayaan para pengunjung terhadap website kamu.

Baca Juga :  Jenis-Jenis Hosting Yang Wajib Kamu Ketahui!
  1. Terdapat Render Blocking JavaScript

Untuk suatu website, JavaScript akan berguna untuk memberikan fungsi interaktif. Website kamu akan menjadi lebih menarik dengan adanya konten yang dinamis

Tetapi, cara kerja JavaScript dapat berpotensi memunculkan render block yang akan menjadi penyebab proses loading website menjadi lebih lama. Render block merupakan suatu kondisi delay dimana seluruh file yang juga termasuk JavaScript harus laoding secara sempurna, kemudian ditampilkan.

Cara kerja seperti ini memang memiliki tujuan untuk menampilkan halaman website yang telah tertata dengan rapi. Tetapi, pengunjung akan dibuat menunggu selama proses tersebut berlangsung dan melihat halaman yang kosong saja.

  1. Performa Server yang Kurang Optimal

Penting untuk diingat bahwa performa server merupakan kunci dari kecepatan website. Server memiliki fungsi untuk menyimpan seluruh data yang ada dari website dan juga melayani permintaan data yang berasal dari pengunjung website tersebut.

Apabila server yang digunakan tidak optimal, maka website akan menjadi lebih lambat. Lalu, apa saja faktor-faktornya? Terdapat dua faktor utama, yaitu jenis server yang digunakan dan lokasi server.

Lokasi server juga menjadi faktor utama. Hal ini karena apabila semakin jauh lokasi server dari pengunjung, maka akan semakin lama juga proses untuk melayani permintaan data. Jadi, apabila pengunjung kamu mayoritas berasal dari Indonesia, maka sebaiknya pilihlah server yang berlokasi d Indonesia juga. Apabila servernya berada di Amerika, maka bisa saja berakibat pada proses loading yang cukup lama dan adanya pesan error.

 

  1. Database yang Terlalu Besar

Apabila kamu menyimpan banyak data pada server, hal ini dapat mempengaruhi kecepatan website kamu. Sebagai contoh, pada saat kamu mempunyai terlalu banyak postingan di website yang berisifi file yang berukuran besar.

Bahkan, tidak jarang juga terdapat banyak data yang tersimpan yang sebenarnya sudah tidak dibutuhkan lagi. Contohnya, deleted post yang masih ada di Trash, ataupun beberapa plugin yang hanya kamu nonaktifkan saja tanpa dihapus.

Penting untuk diingat bahwa penggunaan database yang terlalu besar juga dapat terjadi jika kamu kerap mengumpulkan data yang berasal dari pengunjung. Itulah alasan mengapa website membership rentan terhadap kendala website yang lambat.

  1. Pengelolaan Cache yang Tidak Optimal

Caching merupakan proses penyimpanan sementara file HTML agar halaman website dapat lebih cepat diakses untuk ke permintaan berikutnya. Dengan adanya cara ini, penggunaan bandwith menjadi lebih minimal dan juga proses loading akan menjadi lebih cepat.

Tentu cahcing yang dimaksud ini merupakan server-side caching atau proses caching di server. Server yang digunakan pun juga akan sangat mempengaruhi kerja daris server-side caching ini.

Selain itu, ada juga pemilik website yang belum melakukan optimasi website yang mereka miliki dengan memasang caching plugin. Sehingga, performa website pun menjadi kurang maksimal.

Baca Juga :  Membangun blog penjualan dengan cara terbaik
  1. Penggunaan Gambar tanpa Optimasi

Untuk membuat konten yang menarik tentunya peran gambar menjadi sangat penting untuk memberikan ilustrasi. Terdapat banyak website yang menggunakan gambar yang mempunyak kualitas terbaik didalam setiap postingan website mereka.

Tetapi, yang tidak disadari adalah bahwa sebagian gambar-gambar tersebut ternyata belum dioptimasi. Hal inilah yang juga menjadi salah satu penyebab website menjadi lebih lambat.

Jika terdapat file gabmar yang besar, maka akan memakan banyak bandwith dan juga membebani server. Pada saat pengunjung mengakses konten yang didalamnya berisi berbagai macam gambar yang berukuran besar, maka proses loading pun akan menjadi lebih lama.

Tidak hanya itu, dengan banyaknya pengguna format gambar yang cenderung memiliki ukuran yang besar, seperti PNG dan GIF juga dapat mempengaruhi proses loading website kamu.

  1. Penggunaan Konten Flash yang Berlebihan

Memang konten flash dapat membuat website kamu menjadi lebih menarik karena dapat menampilkan animasi, game dan juga konten audio dan video. Tetapi hal ini bukan berarti tanpa kendala.

Kenyataannya, penggunaan konten flash juga mempunyai beberapa dampak negatif. Yang utamanya, yaitu ukuran dari file flash yang cenderung besar dan akan memakan resource server kamu. Selain itu, proses download file ketika akan ditampilkan pada browser juga menjadi lebih lama.

  1. Terlalu Banyak Iklan

Iklan juga dapat menjadi sumber penghasilan bagi suatu website. Tetapi, perlu diketahui bahwa membanjuri website yang kamu miliki dengan iklan yang terlalu banyak dapat menjadi penyebab dari website yang lambat untuk diakses.

Selain itu, memasang iklan pada website juga akan memberikan pengaruh terhadap jumlah HTTP request (permintaan data ke server).

Terdapat beberapa tools yang dapat digunakan untuk melakukan pengecekan terhadap kondisi ini. Penting untuk diingat bahwa idealnya jumlah HTTP request yang tercatat berkisar antara 30 sampai 50. Tetapi, apabila telah mencapai angka 400 request, maka juga dapat menghasilkan performa yang tidak baik.

Itulah tadi beberapa penyebab dari website yang lambat yang perlu kamu ketahui. Apabila kamu memiliki permasalahan mengenai website yang lambat, maka penting untuk kamu agar segera mengatasi hal tersebut. Hal ini karena website yang lambat juga dapat menyebabkan kerugian bagi kamu, seperti penurunan trafik, berdampak buruk bagi SEO, menurunnya pendapatan ataupun rendahnya conversion rate. Semoga bermanfaat dan semoga sukses!

Check Also

Cache Enabler

5 Rekomendasi Plugin Cache Terbaik untuk Percepat Situs WordPress!

Bagi kamu yang menggunakan WordPress, plugin cache menjadi salah satu plugin yang wajib untuk kamu …