Home / General / Pengertian Jaringan Komputer Dan Jenis-Jeninsnya!
Pengertian Jaringan Komputer Dan Jenis Jeninsnya

Pengertian Jaringan Komputer Dan Jenis-Jeninsnya!

Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini perkembangan teknologi sudah semakin maju, perkembangan teknologi ini juga membuat peran internet dalam kehidupan sehari-hari menjadi sesuatu yang tidak bisa dilepaskan.

Tentu kita mengetahui bahwa dengan adanya internet dapat membuat kita menjadi lebih mudah untuk mendapatkan informasi. Selain itu, penyebaran informasi juga akan menjadi lebih cepat sehingga dapat diterima oleh berbagai kalangan masyarakat bahkan dalam jarak yang jauh sekalipun.

Internet adalah salah satu jaringan komputer yang saat ini masih memiliki banyak pengguna dengan berbagai macam tujuan mulai dari bisnis, komunikasi dan berbagai macam hal lainnya.

Tidak hanya internet, ternyata jaringan komputer memiliki berbagai macam jenis. Lalu apa saja jenis-jenis dari jaringan komputer? Apa sebenarnya pengertian dari jaringan komputer? Berikut beberapa penjelasan mengenai jaringan komputer yang perlu kamu ketahui.

Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan komputer merupakan suatu sistem yang terdiri dari dua komputer atau lebih dimana komputer komputer tersebut saling berhubungan satu sama lain melalui media transmisi atau media komunikasi sehingga memungkinkan terjadinya aktivitas seperti berbagi data, aplikasi ataupun berbagi hardware komputer.

\Dengan menggunakan jaringan komputer ini dapat membuat penggunanya dapat berkomunikasi satu sama lain dengan sangat mudah. Selain itu, jaringan komputer ini juga sangat dibutuhkan untuk mengintegrasi data antar komputer-komputer klien sehingga mendapatkan data yang relevan.

Jenis-jenis Jaringan Komputer

Terdapat beberapa jenis jaringan komputer yaitu:

  1. Berdasarkan peranan dan hubungan tiap komputer dalam memproses data
  2. Jaringan Peer to Peer

Pada jaringan komputer jenis Peer to Peer, tiap-tiap komputer, baik itu komputer server maupun komputer client memiliki peran serta kedudukan yang sama. Sehingga dapat dikatakan bahwa, komputer server dapat menjadi komputer client ataupun sebaliknya komputer client juga dapat menjadi komputer server.

  1. Jaringan Client-Server

Jaringan Client-Server merupakan jaringan yang terdiri dari satu atau lebih komputer yang memiliki peran sebagai server dan juga beberapa komputer yang memiliki peran sebagai client. Tetapi  umumnya, hanya ada satu komputer yang berperan sebagai server dan komputer lainnya memiliki peran sebagai client. Komputer server akan menyediakan sumber daya atau data sedangkan komputer client akan menjadi menggunakan  sumber daya atau data yang berasal dari komputer server.

 

Berdasarkan Media Transmisi Data

  1. Jaringan Komputer Nirkabel (Wireless Network)

Jaringan komputer nirkabel atau wireless network merupakan jenis jaringan komputer yang tidak menggunakan kabel untuk melakukan proses transmisi data. Jadi, proses pertukaran data atau informasi dari komputer satu dengan komputer yang lainnya akan menggunakan gelombang elektromagnetik.

  1. Jaringan Komputer Berkabel (Wired Network)

Berbeda dengan jenis jaringan komputer nirkabel, jenis Jaringan Komputer Berkabel atau Wired Network merupakan jenis jaringan komputer yang menggunakan kabel untuk melakukan proses transmisi data. Kabel yang digunakan tersebut berfungsi untuk menghubungkan antara komputer yang satu dengan komputer lainnya sehingga komputer-komputer tersebut dapat melakukan pertukaran data atau pun mampu terhubung dengan  internet.

Berdasarkan Distribusi Sumber Data atau Informasi

  1. Jaringan Terdistribusi

Jenis Jaringan Komputer Terdistribusi merupakan jenis jaringan komputer yang memiliki beberapa komputer induk. Perlu diketahui bahwa pada jenis Jaringan Komputer Terdistribusi, setiap host yang terhubung pada jaringan ini dapat berperan sebagai komputer induk seperti halnya peran komputer induk dalam jaringan terpusat. Sehingga dapat dikatakan bahwa proses distribusi data yang terjadi pada jenis Jaringan Komputer Terdistribusi tidak hanya akan terjadi  dari satu komputer induk (server) saja.

  1. Jaringan Terpusat

Jaringan Komputer Terpusat merupakan jenis jaringan komputer yang hanya memiliki satu komputer induk dan satu atau lebih komputer terminal. Komputer induk pada jaringan komputer jenis ini akan berfungsi sebagai penyedia sumber data yang dibutuhkan oleh komputer terminal.

Di dalam komputer induk inilah tersimpan semua data serta program aplikasi yang akan didistribusikan ke komputer terminal. Kemudian, komputer terminal akan menjadi perantara oleh si pengguna untuk mengakses komputer induk.

Berdasarkan Jangkauan Geografis

  1. WAN (Wide Area Network)

WAN merupakan jenis jaringan komputer yang sifatnya sangat luas dan dapat mencakup negara dan juga benua. Dalam jaringan komputer jenis ini biasanya media transmisi yang digunakan berupa  satelit dan kabel bawah laut.

  1. LAN (Local Area Network)

Jaringan komputer jenis LAN merupakan jenis jaringan komputer yang cakupan area atau wilayahnya terbilang cukup kecil. Pada umumnya jaringan komputer jenis ini hanya digunakan pada area kantor, sekolah ataupun warnet.

  1. MAN (Metropolitan Area Network)

Metropolitan Area Network atau MAN merupakan jenis jaringan komputer yang biasa digunakan dalam satu kota ataupun antar kota tertentu yang memiliki kecepatan transfer data yang cukup tinggi. Dengan menggunakan jaringan komputer jenis ini dapat menghubungkan berbagai macam lokasi seperti pemerintahan, kampus, perkantoran dan lain sebagainya.

Itulah tadi pembahasan mengenai pengertian jaringan komputer dan beberapa jenis jaringan komputer. Dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih saat ini, tentunya kita diharapkan untuk memanfaatkannya dengan bijak. Semoga bermanfaat!

Check Also

Tentang Proxy Si Sistem Unik Dengan Sejuta Manfaat

Pembahasan Lengkap Tentang Proxy Si Sistem Unik Dengan Sejuta Manfaat!

Pernah kah kamu mendengar kata proxy sebelumnya? Proxy merupakan sebuah sistem yang dapat membantu penggunanya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *