Home / General / Pembahasan Lengkap Tentang Proxy Si Sistem Unik Dengan Sejuta Manfaat!
Tentang Proxy Si Sistem Unik Dengan Sejuta Manfaat

Pembahasan Lengkap Tentang Proxy Si Sistem Unik Dengan Sejuta Manfaat!

Pernah kah kamu mendengar kata proxy sebelumnya? Proxy merupakan sebuah sistem yang dapat membantu penggunanya untuk menggunakan jaringan internet secara aman.

Ketika seseorang menggunakan jaringan internet tanpa proxy melalui komputer pribadinya, maka identitas komputer (alamat IP) yang digunakan tersebut dapat terlihat oleh website yang diminta.

Tak jarang, kondisi ini dapat menyebabkan alamat IP dari komputer pribadi yang digunakan disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab seperti untuk menyebarkan malware, virus atau bahkan mengambil data-data pengguna yang sifatnya pribadi seperti kata sandi bank dan lain-lain. Oleh sebab itu, untuk menghindari terjadinya hal yang tidak diinginkan, kamu dapat menggunakan proxy yang akan menjadi jembatan antara komputer pribadi dengan jaringan internet.

Lalu, apa sebenarnya proxy itu? Apa saja manfaat yang akan dirasakan oleh pengguna proxy? Berikut beberapa pembahasan lengkap mengenai proxy yang perlu kamu ketahui.

Apa itu proxy?

Proxy merupakan sebuah server yang didalamnya menyediakan suatu layanan yang berfungsi untuk meneruskan permintaan penggunanya ke server lainnya yang ada di internet. Selain itu, proxy juga dapat diartikan sebagai suatu server atau program komputer yang berperan sebagai penghubung antara jaringan internet dengan komputer yang digunakan.

Secara umum, proxy server ini berfungsi dapat membantu untuk mengamankan jaringan komputer yang digunakan untuk terhubung dengan jaringan internet yang bersifat publik

 

Pengertian proxy menurut para ahli

Wagito

Menurut Wagito, proxy server merupakan server yang diletakkan di antara sebuah aplikasi client dan aplikasi server yang dihubungi. Aplikasi client tersebut bisa berupa browser web, client FTP dan sebagainya. Sedangkan aplikasi server dapat berupa server web, server FTP dan sebagainya.

Proxy server yang berada di antara aplikasi client dan aplikasi server tersebut dapat digunakan sebagai pengendali ataupun monitoring lalu lintas paket data yang melewatinya.

Apa saja jenis-jenis proxy?

Berdasarkan karakteristiknya, proxy server dibagi menjadi 4 jenis yaitu:

  1. High Anonimity Proxy

Jenis proxy server yang pertama yaitu High Anonymity Proxy. proxy server jenis  ini merupakan jenis proxy yang tidak mengidentifikasikan dirinya sebagai proxy     server dan juga tidak menyediakan alamat IP yang sifatnya original.

  1. Reverse Proxy

Selanjutnya terdapat reverse proxy yang biasanya digunakan agar klien tidak   dapat terhubung dengan informasi sensitif atau data.

  1. Transparat Proxy (Proksi Transparan)

Proxy jenis ini biasanya digunakan untuk melanjutkan permintaan penggunanya kepada sumber yang diinginkan tanpa perlu mengungkapkan informasi komputer si penggunanya. Biasanya proxy server jenis ini lebih banyak digunakan pada        komputer yang berada di suatu perkantoran atau perusahaan.

  1. Anonymous Proxy (Proksi Anonim)

Jenis proxy yang terakhir yaitu Anonymous Proxy yang dapat berfungsi untuk memberikan informasi mengenai komputer penggunanya. Ketika kamu    melakukan request pada sebuah website maka website tersebut tidak akan    mengetahui alamat IP pribadi yang kamu miliki, tetapi website tersebut hanya    akan mengetahui alamat IP proxy yang kamu gunakan tersebut.

Apa saja manfaat menggunakan Proxy Server?

Terdapat beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan ketika menggunakan server proxy, yaitu:

  1. Mampu memblokir situs-situs tertentu

Manfaat pertama yang dapat kamu rasakan ketika menggunakan proxy server yaitu dapat secara otomatis memblokir situs-situs tertentu yang didalamnya mengandung sara atau situs yang tidak diinginkan dengan karena proxy server     memiliki fitur filtering.

  1. Mampu menghemat bandwith

Proxy server juga dapat kamu manfaatkan untuk menghemat penggunaan bandwith dari koneksi internet yang kamu gunakan karena terdapat proses caching yang mampu menyimpan cookies dari situs-situs yang pernah kamu       kunjungi sebelumnya.

  1. Membantu untuk mengakses internet sehingga lebih cepat

Dengan menggunakan proxy server juga dapat membantu kamu untuk meningkatkan kinerja internet. Kondisi ini tentunya akan membuat kamu menjadi lebih cepat untuk mengakses Internet sehingga membuat kamu menjadi lebih             mudah untuk mencari informasi ataupun mendownload sesuatu.

  1. Keamanan jaringan komputer

Dengan menggunakan proxy dapat membantu kamu untuk menjaga komputer dari serangan virus dan juga gangguan malware. Tetapi, meskipun proxy  memiliki manfaat yang cukup besar bagi keamanan jaringan komputer, terdapat    beberapa kekurangan dari penggunaan proxy seperti sering terjadi kesalahpahaman terhadap suatu situs sehingga membuat situs tersebut di blokir   oleh server. Untuk mengatasi hal ini, kamu perlu melakukan pembukaan   pemblokiran secara manual.

  1. Mampu meningkatkan kinerja internet

Dengan menggunakan proxy server juga akan membantu kamu untuk meningkatkan kinerja internet karena terdapat penghematan bandwith yang   dilakukan oleh proxy server tersebut.

 

Apa saja fungsi dari proxy?

Proxy memiliki beberapa fungsi, seperti:

  1. Fungsi caching

Fungsi pertama yang dimiliki oleh proxy yaitu fungsi caching yang berfungsi   untuk menyimpan suatu data dan juga objek yang pernah kamu cari ketika     melakukan aktivitas browsing.

  1. Fungsi connection Sharing

Selanjutnya terdapat Fungsi Connection Sharing yang secara teknis berfungsi untuk menjadi sebuah gateaway yang berperan sebagai pembatas antara pengguna jaringan lokal dan pengguna jaringan luar.

  1. Fungsi Filtering

Yang terakhir yaitu Fungsi Filtering yang berfungsi sebagai media penyaringan           atau filtering dari sebuah jaringan internet dimana setiap paket-paket data yang           ditransmisikan akan difilter dan juga discan untuk mengurangi tingkat kegagalan,

Itulah tadi beberapa pembahasan mengenai Proxy yang perlu kamu ketahui. Dengan menggunakan proxy tentunya dapat membantu kita untuk menjaga komputer kita dari hal-hal yang tidak diinginkan, dengan menggunakan proxy juga akan memberikan banyak manfaat positif bagi komputer dan juga diri kita. Semoga bermanfaat!

Check Also

Pengertian Jaringan Komputer Dan Jenis Jeninsnya

Pengertian Jaringan Komputer Dan Jenis-Jeninsnya!

Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini perkembangan teknologi sudah semakin maju, perkembangan teknologi ini …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *