Home / General / Pembahasan Lengkap Tentang Mailing List Yang Perlu Kamu Ketahui!
Pembahasan Lengkap Tentang Mailing List Yang Perlu Kamu Ketahui

Pembahasan Lengkap Tentang Mailing List Yang Perlu Kamu Ketahui!

Apakah kamu pernah mendengar sesuatu mengenai mailing list sebelumnya? Mailing list merupakan salah satu jenis layanan yang dapat kamu temukan didalam dunia internet.

Mailing list sendiri tentunya memiliki banyak manfaat yang dapat membantu manusia untuk memudahkan pekerjaan yang dilakukannya. Tidak hanya itu, tentunya mailing list masih memiliki banyak manfaat lainnya.

Lalu, apa sebenarnya mailing list itu? Apa saja jenis-jenis mailing list yang ada pada saat ini? Berikut beberapa pembahasan mengenai mailing list yang perlu kamu ketahui.

Apa itu mailing list?

Mailing list merupakan sebuah alamat e-mail yang memungkinkan para pengguna internet untuk menggunakannya dengan tujuan untuk melakukan suatu kegiatan ataupun saling bertukar atau berbagi berbagai macam informasi yang ingin dibagikan.

Pesan yang dikirim menuju sebuah alamat milis biasanya secara otomatis akan diteruskan menuju ke alamat e-mail dari setiap anggota yang ada. Tetapi, metede untuk mengirimkan alamat e-mail ini juga dapat kamu atur untuk menentukan apakah pesan tersebut dapat diterima oleh semua orang atau langsung dapat diterima oleh orang yang kamu tuju.

Di Indonesia, Mailing list juga biasa dikenal dengan sebutan milis.

Apa saja jenis-jenis mailing list?

Pada umumnya, mailing list terbagi ke dalam beberapa jenis. Berikut beberapa jenis mailing list yang perlu kamu ketahui.

  1. Discussion-type list

Jenis mailing list yang pertama, yaitu discussion-type list. Jenis mailing list yang satu ini memiliki tipe komunikasi 2 arah yang memungkinkan setiap anggotanya untuk mengirimkan pesan kepada server mailing list. Tidak hanya itu, setiap anggotanya juga dapat membalas e-mail ataupun hanya sekedar membaca e-mail yang masuk sehingga membuatnya menjadi lebih interaktif. Mailing list yang satu ini sudah banyak tersedia di internet.

  1. Announcement-type lists

Jenis mailing list yang selanjutnya, yaitu announcement-type lists. Jenis mailing list yang satu ini memiliki tipe komunikasi 1 arah dimana setiap anggotanya hanya dapat menerima pesan atau e-mail saja yang berasal dari moderatornya. Selain itu, jenis mailing list yang satu ini juga membuat anggotanya tidak dapat mengirim pesan ataupun membalas pesan yang berasal dari mailing list tersebut. Pada umumnya, mailing list jenis ini dimanfaatkan untuk mengirimkan pesan atau e-mail yang sifatnya tidak perlu untuk dibalas.

Apa saja fungsi dari mailing list?

Perlu diketahui bahwa terdapat beberapa fungsi yang ada pada mailing list, seperti:

  • Fungsi mailing list yang pertama yaitu memungkinkan para anggotanya untuk saling berkomunikasi satu sama lain dengan menggunakan teknologi yang sifatnya sangat minimalis. Selain itu, mailing list juga membuat setiap anggotanya dapat menerima suatu e-mail yang berasal dari anggota lainnya tanpa perlu melakukan pengiriman pesan yang dilakukan secara satu per satu kepada setiap anggota yang ada.
  • Fungsi mailing list yang kedua, yaitu memungkinkan para anggotanya untuk melakukan hubungan dengan suatu komunitas yang ada seperti dengan saudara lainnya yang berada didalam 1 keluara besar ataupun dengan teman-teman yang berada dan terseber di daerah lainnya. Dengan menggunakan mailing list, maka memungkinkan setiap anggotanya untuk berkomunikasi secara lancar dengan komunitas-komunitas tersebut.

Apakah manfaat yang akan didapatkan dari penggunaan mailing list?

Mailing list dapat dimanfaatkan sebagai sumber untuk mendapatkan berbagai macam jenis informasi seperti berita terbaru, teknologi, lowongan kerja, isu-isu yang sedang ada saat ini dan berbagai macam informasi lainnya.

Apa saja kekurangan dan kelebihan yang ada pada mailing list?

Mailing list sendiri memiliki beberapa kelebihan dan juga kekurangan. Berikut beberapa kekurangan dan kelebihan yang ada pada mailing list.

 

Kelebihan mailing list

Kelebihan yang ada pada mailing list, yaitu:

  • Mampu membantu untuk menambah relasi.
  • Setiap anggota mailing list bisa mendapatkan berbagai macam informasi terkini yang berasal dari sesama anggota mailing list.
  • Memberikan kemudahan untuk mendapatkan berbagai macam informasi terbaru seperti halnya lowongan pekerjaan dan lain sebagainya.

 Kekurangan mailing list 

  Kekurangan yang ada pada mailing list, yaitu:

  • Apabila melakukan pengiriman balasan pesan, maka akan memakan kuota space e-mail yang cukup besar karena pengiriman balasan pesan tersebut harus disertakan dengan kiriman pesan terdahulunya.
  • Tidak cukup simpel atau praktis karena setiap anggotanya perlu membuka e-mail setiap hari untuk menghindari terjadinya penumpukan e-mail yang masuk.

  Apa saja contoh-contoh mailing list yang ada pada saat ini?

  Berikut beberapa contoh mailing list yang dapat kamu manfaatkan pada saat ini.

  • Group Google

Group Google memiliki alamat groups.google.com. Bagi kamu yang ingin mengikuti mailing list pada group ini, maka kamu harus memiliki email Google atau GMail terlebih dahulu karena untuk memasuki group mailing list tersebut dibutuhkan email Google atau GMail.

  • Group Yahoo

Group Yahoo memiliki alamat groups.yahoo.com. Bagi kamu yang ingin mengikuti mailing list group ini, maka kamu harus memiliki email Yahoo terlebih dahulu karena untuk memasuki group mailing list tersebut dibutuhkan email Yahoo.

Itulah tadi beberapa pembahasan mengenai mailing list yang perlu kamu ketahui. Manfaatkan teknologi yang ada pada saat ini dengan seharusnya tanpa menimbulkan kerugian bagi pihak yang lainnya. Semoga bermanfaat!

Check Also

7 CMS Untuk Membuat Website yang Perlu Kamu Ketahui

7 CMS Untuk Membuat Website yang Perlu Kamu Ketahui!

Tentu kita mengetahui bahwa konten menjadi peran untuma untuk perjalanan dalam membangun perluasan informasi dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EBOOK GRATIS!

Dibongkar tuntas, rahasia para mastah menghasilkan puluhan hingga ratusan juta dari affiliate

Cek detail ebook dulu… klik disini

GRATIS!

Ebook ini bisa tuntun kamu miliki BRAND yang kuat – mudah untuk jualan – mudah dapatkan follower

mockup ebook panduan brand dikenal orang

Download sekarang juga. Gratis!

DIBONGKAR RAHASIA PARA MASTAH BER-BISNIS AFFILIATE

super affiliate e1522321658510
  • Mengapa bisnis ini menjadi favorit para pebisnis online
  • Tools apa saja yang mereka gunakan
  • Skill yang mesti kamu tahu untuk bisnis affiliasi ini
  • Bagaimana menciptakan "GIFT" untuk kumpulkan data
  • Traffic yang jadi andalan untuk jaring list email
  • Serta tips dan trik lainnya

Download Segera Sebelum Halaman Ini Saya Hapus!!

Bisnis affiliate hampir dilakukan oleh semua pebisnis online. Ebook ini akan bocorkan rahasia mengapa mereka dapatkan income puluhan juta bahkan ratusan juta dalam satu tahun

  • Sama seperti Anda, saya juga tidak menyukai SPAM. Data email Anda aman bersama Tim JuraganOnline