Home / General / Pembahasan Lengkap Tentang IRC Yang Perlu Kamu Ketahui!
Pembahasan Lengkap Tentang IRC Yang Perlu Kamu Ketahui
Image by Thomas Ulrich from Pixabay

Pembahasan Lengkap Tentang IRC Yang Perlu Kamu Ketahui!

Pernahkah kamu mendengar tentang IRC sebelumnya? IRC umumnya sangat diperlukan bagi mereka yang sering melakukan aktivitas chatting di internet.

Lalu mengapa IRC sangat dibutuhkan bagi mereka yang ingin melakukan aktivitas chatting di internet? Apa sebenarnya pengertian IRC tersebut? Berikut beberapa pembahasan penting mengenai IRC yang perlu kamu ketahui.

Apa itu IRC?

IRC merupakan kependekan dari Internet Relay Chat. Secara singkat, Internet Relay Chat dapat diartikan sebagai suatu bentuk komunikasi yang terjadi di internet dan diciptakan untuk melakukan komunikasi interpersonal terutama untuk komunikasi kelompok atau biasa dikenal dengan sebutan saluran (channel). Tetapi, IRC ini juga dapat digunakan untuk melakukan komunikasi dengan menggunakan jalur pribadi.

Penggunaan IRC ini memungkinkan para penggunanya untuk bergabung didalam suatu “saluran atau channel” secara individu dan memungkinkan penggunanya untuk mengirim sebuahpesan teks secara real time. Selain itu, dengan menggunakan IRC juga membuat para penggunanya untuk berbagi file, chatting dengan seluruh saluran atau channel dan pengguna pesan pribadi.

Apa sajah perintah-perintah dasar yang ada didalam IRC?

Terdapat beberapa perintah dasar yang dapat kamu gunakan untuk melakukan komunikasi menggunakan IRC, yaitu:

  • /Nick

Perintah dasar /Nick berfungsi untuk melakukan perubahan nama samaran atau nama julukan yang telah ditetapkan sebelumnya.

  • /Bye

Perintah dasar /Bye berfungsi untuk keluar dari channel atau saluran serta   program IRC.

  • /Names

Perintah dasar /Names merupakan perintah dasar yang menunjukkan seluruh nama pengguna yang berada didalam suatu saluran atau channel.

  • /Whois

Perintah dasar /Whois berfungsi untuk menampilkan informasi mengenai pengguna tersebut, selain itu perintah dasar ini juga akan menampilkan nama julukannya.

  • /Ignore

Perintah dasar /Ignore berfungsi untuk menolak sebuah channel atau saluran  komunikasi yang dilakukan dengan pengguna individu yang akan diikuti dengan alamat e-mail ataupun nama julukan dari pengguna lainnya.

  • /Msg

Perintah dasar /Msg berfungsi untuk mengirimkan suatu pesan khusus kepada pengguna lainnya yang akan diikuti dengan nama julukan kemudian  isi pesan khusus tersebut.

  • /Help

Perintah dasar /Help berfungsi untuk meminta bantuan apabila penggunanya merasa kesulitan saat untuk memahami perintah-perintah yang ada didalam    IRC.

Beberapa situs umum yang dapat digunakan di IRC

Perlu diketahui bahwa IRC memiliki beberapa situs yang dapat digunakan secara umum, seperti:

  1. sk 6533
  2. uoknor.edu 6533
  3. wu-wien.ac.at 6996
  4. edu 6677
  5. edu.tw 6533

Beberapa server IRC yang terbesar yang ada di Internet 

Perlu diketahui bahwa IRC bekerja dengan menggunakan client-server, artinya adalah bahwa setiap pesan yang dikirimkan oleh client akan ditampung terlebih dahulu oleh server. Tetapi, beberapa sistem server yang sederhana pada umumnya hanya akan menggunakan satu server yang digunakan untuk melayani beberapa client.

Tetapi saat ini sudah banyak server IRC yang dapat terhubung dengan beberapa server yang berasal dari jaringan IRC lainnya. Beberapa server IRC terbesar yang dapat kamu temukan di Internet, yaitu:

  1. GalaxyNet – 30 server.
  2. IRCnet – 120 server.
  3. ChatNet – 15 server.
  4. Undernet – 40 server.
  5. Efnet – 40 server.
  6. NewNet – 15 server.
  7. DELnet – 30 server.
  8. WebNet – 15 server.

Apa saja fungsi dari penggunaan IRC? 

Pada umumnya, fungsi IRC hampir sama dengan aplikasi chatting yang lainnya, yaitu untuk melakukan komunikasi dengan grup maupun orang dengan lebih mudah. Selain itu, dengan menggunakan IRC juga memungkinkan para penggunanya untuk mengirim data. IRC juga dapat diguanakan untuk mencatat suatu peristiwa pada saluran atau channel yang tersedia didalam IRC, membuat statistika, menyelesaikan permainan tebak-tebakan, memberikan informasi sesuai dengan apa yang diinginkan dan lain sebagainya.

Apa saja contoh aplikasi IRC?

Terdapat beberapa contoh aplikasi IRC yang dapat kamu gunakan, yaitu:

  1. Mirc
  2. Live Connect
  3. Line IM
  4. Google Talk
  5. Yahoo Messenger
  6. Whats App

Itulah tadi beberapa pembahasan penting tentang IRC yang perlu kamu ketahui. Dengan semakin majunya teknologi yang ada pada saat ini, kita sebagai pengguna hendaknya memanfaatkannya dengan bijak tanpa menimbulkan kerugian bagi pihak manapun. Semoga bermanfaat!

Check Also

7 Aplikasi Edit Foto Instagram Terbaik Yang Wajib Kamu Coba

7 Aplikasi Edit Foto Instagram Terbaik Yang Wajib Kamu Coba!

Tentu kita sudah tidak asing lagi dengan sosial media Instagram yang saat ini sudah banyak …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *