panduan super lengkap membuat blog khusus pemula

Panduan Lengkap Membuat Blog Khusus Pemula

[su_note note_color=”#914006″ text_color=”#ffffff”]Langkah 7 : Membuat Email Domian di Forward ke Email Utama[/su_note]

Tujuan membuat email domain adalah untuk meningkatkan nilai trust atau kredibilitas website kita di mata visitor. Email domain contohnya seperti ini : admin@juraganonline.net. Kata admin bisa kita ganti sesuai keinginan kita, misal support, editor, timsupport,kontak dan lain lain. Dan akan selalu diakhiri dengan nama domain kita beserta ekstensinya.

Dengan email domain kita memberikan rasa percaya pengunjung dan bisa menjadi sarana komunikasi visitor dengan pengelola blog. Email domain ini bisa kita manfaatkan untuk menerima orderan, konfirmasi pembayaran, atau pertanyaan dari visitor dan lain-lain.

Cara kita mengecek email masuk tentu saja berbeda dengan email biasa seperti yahoo ataupun gmail. Tetapi diakses melalui webmail.juraganonline.net  (webmail.namadomain). Tentu saja ini akan merepotkan jika kita mesti bolak balik cek ke halaman webmail ini.

Maka solusinya adalah dengan memanfaatkan fitur Forwarder yang ada di cPanel. Dengan fitur ini kita akan mengirimkan email yang masuk ke email domain, diteruskan kembali ke email utama yang kita miliki, sehingga tidak ada notifikasi email masuk yang terlewat.

Langsung saja kita mulai buat. Pertama-tama login ke cPanel kamu, dan masuk ke menu Email Accounts.

1 membuat email domain di cpanel

Setelah itu kamu akan dibawa ke halaman baru dan disana klik tombol +Create. 

2 email domain dengan tombol create

Lalu pada halaman berikutnya silahkan pilih domain yang akan dibuatkan emailnya dengan meng-klik menu dropdown dan pilih domain yang diinginkan. Untuk username silahkan pilih sesuai keinginan kamu dan password jangan lupa disimpan. Setelah yakin dan terisi semua lalu klik tombol +Create.

3 buat nama admin dan password email domain

Sampai sini email domain berhasil dibuat. Kini kita akan membuat Forwarder yang bertugas menerima email terusan dari email domain agar kita tidak ketinggalan notifikasi. Silahkan kembali kehalaman depan cPanel lalu masuk ke menu Forwarder. Atau cara cepat mencari bisa menggunakan tombol Ctrl + F, akan keluar popup kolom kecil, ketikkan Forwarder.

Silahkan klik menu Forwarder tersebut. Lalu pilih menu Managing dropdown dan tentukan domain yang diinginkan. Lalu klik tombol Add Forwarder.

4 menjadikan email utama sebagai email penerima forward dari wp

Setelah jendela baru muncul pilih username dan domain yang kita buat sebelumnya diatas. Dan masukkan email utama yang akan kita gunakan sebagai email yang akan menerima email terusan dari email domain. Dan terakhir klik tombol Add Forwarder.  Dan sampai sini emai telah berhasil dibuat. Sebaiknya kamu menggunakan addon Chrome Checker Plus For Gmail yang mana addon ini akan memberikan notif ke browser tanpa harus masuk ke email.

5 tombol add forwarder untuk tambah email utama

Yes. Email domain sudah selesai dibuat plus email forwarder yang akan menerima email terusan. Kita akan lanjut ke tahap selanjutnya yaitu mengenail wordpress.

Check Also

tutorial super lengkap wordpress khusus pemula

Tutorial – WordPress

Tutorial lengkap WordPress khusus untuk pemula Perkenalan Dengan WordPress Cara Install Web Server Xampp dan …