panduan super lengkap membuat blog khusus pemula

Panduan Lengkap Membuat Blog Khusus Pemula

[su_note note_color=”#914006″ text_color=”#ffffff”]Langkah 2 : Tips Menentukan/Memilih Nama Domain[/su_note]

Setelah itu kita harus memikirkan nama dari domain yang kita pilih. Yang kita pilih sebaiknya terdiri dari satu atau dua kata saja. Selain itu sebaiknya memiliki karakter unik, mudah dibaca, mudah diucapkan dan mudah dituliskan. Alasannya sederhana agar nama domain dari website Anda mudah menjadi familiar untuk para pengunjung blog anda.

Selain itu domain sebaiknya menggambarkan apa yang menjadi bahasan website Anda kedepannya, menggambarkan konten artikel yang ingin anda tuangkan dalam website ini.

Lebih lanjut mengenai domain bahwa domain bisa kita dapatkan gratis atau berbayar (premium). Jika gratis maka nama domain kita akan menjadi lebih panjang contoh: tutorbelajar.home.blog (jika dulu sebelum pembaharuan dari wordpress maka nama domain seperti ini tutorbelajar.wordpress.org)

Jika domain kita berbayar maka nama domain menjadi seperti ini: tutorbelajar.com. Untuk ekstensi .com tergantung saat kita membeli domain sesuai pilihan kita. Dari 2 contoh diatas manakah yang lebih baik? tutorbelajar.home.blog ataukah tutorbelajar.com ?

Tentu saja jawabannya adalah tutorbelajar.com karena para pengunjung anda akan mengetahui bahwa website Anda bukanlah website yang gratisan yang memberi arti bahwa anda serius dalam membangun website tersebut.

Catatan bagi Anda yang belum tahu mengenai ekstensi domain. Contoh ekstensi domain yaitu .com, .net, .org, .biz dan lain-lain. Ekstensi seperti contoh diatas disebut dengan TLD atau kepanjangan dari top level domain. Tutorberlajar.com adalah website dengan TLD, sedangkan Tutorbelajar.home.blog tidak menggunakan TLD. Jadi memang website dengan TLD lebih mendapatkan trust dari pengunjung dibandingkan website website yang non TLD. Tetapi ini bukanlah acuan baku karena tetap saja banyak juga website yang gratisan (non TLD) tetapi memiliki konten yang bermutu.

Anda bisa menggunakan tools online seperti www.domainbots.com yang tool ini membantu mencarikan referensi domain dan ekstensi yang sesuai dengan kata kunci yang anda cari.

Dengan tool online itu bisa memberikan bayangan domain apa yang ingin kita gunakan. Meskipun tidak ada dengan bahasa indonesia tetapi menurut saya sudah sangat membantu. Kunjungi link tersebut, pada halaman homepage masukkan saja nama yang ingin anda gunakan lalu klik tombol Search.

panduan mencari referensi nama domain

Tunggu beberapa saat, setelah itu akan muncul jendela halaman baru dengan hasil yang sangat banyak. Tinggal anda memilih mana yang sekiranya bisa menggambarkan website anda nanti dan anda merasa cocok.

hasil pencarian referensi nama domain

Pastikan pilihan tidak terlalu panjang, unik, enak dibaca, mudah diingat dan gampang dituliskan. Jika sudah tentukan pilihan, lanjut ke langkah berikutnya.

Check Also

tutorial super lengkap wordpress khusus pemula

Tutorial – WordPress

Tutorial lengkap WordPress khusus untuk pemula Perkenalan Dengan WordPress Cara Install Web Server Xampp dan …