plugin google font typography

Cara Mudah Mengganti Jenis Font di WordPress Dengan Plugin Google Font Typography

Tampilan website adalah salah satu poin penting untuk membuat betah pengunjung saat melihat website kita. Dan tentu saja salah satu faktor desain yang minimalis dan menarik menjadi faktor penentu. Elemen terkecil dari desain website yang menarik adalah pilihan jenis font yang tepat.

Penggunaan font yang tepat dan bagaimana mengkombinasikan 2 hingga 3 jenis font yang tepat akan sangat berpengaruh dalam desain sebuah website. Tampilan akan menjadi serasi dan juga jenis font yang enak dilihat baik itu menggunakan komputer, tablet ataupun smartphone. Maka pemilihan jenis font bisa menjadi faktor penentu sebuah website Anda menarik atau tidak.

Saat ini ada ribuan jenis font yang mudah ditemukan di internet baik itu yang premium (berbayar) ataupun yang gratisan. Google sendiri menyediakan hingga 900 lebih jenis font yang siap digunakan. Dengan jumlah yang sebesar itu menjadi bumerang buat kita sendiri kombinasi font yang seperti apa yang baik untuk website kita.

Karena banyak pilihan membuat kita sendiri bingung mana yang tepat. Oleh karena itu gunakan tools online ini FontJoy untuk menentukan pilihan font yang tepat dan juga menghemat waktu Anda dalam menentukan pilihan.

Artikel ini membahas bagaimana kita menginstall font yang kita inginkan pada website kita. Kita akan menggunakan plugin Google Font Typopography. Plugin ini akan membantu anda untuk menginstal font secara otomatis.

Mengenal Plugin Google Font Typography

Plugin ini bisa didapatkan dengan gratis namun juga memiliki fitur premium yang berbayar. Berfungsi untuk memudahkan kita dalam instalasi font ke dalam website kita. Sudah banyak pengguna aktif hingga ribuan menggunakan plugin ini.

Anda tidak lagi memasukkan script yang membingungkan ke dalam tema WordPress Anda jika ingin menginstal sebuah font. Selain itu kita juga memiliki banyak pilihan font apa saja yang ingin kita gunakan dalam website kita.

Umumnya seorang blogger menggunakan 3 jenis font yang berbeda-beda yaitu jenis font untuk headline berbeda dengan subheadline, begitu juga untuk konten artikel dari website tersebut. Dan memang para web desainer menyarankan menggunakan hanya tiga hingga empat jenis font saja dalam sebuah website.

Plugin ini akan memberikan preview pilihan-pilihan yang akan kita gunakan secara live, sehingga kita dengan mudah untuk memilih jenis pohon yang mana yang sekiranya cocok untuk Website kita. Pilihan font dapat dilihat pada daftar menu dropdown dan kita tinggal memilih yang kita inginkan dan previewnya langsung terlihat.

Cara Menggunakan Plugin Google Font Typography

google font typhography

Install plugin seperti biasa lalu aktifkan.

Setelah terinstal, pilih menu Appearance > Customize > Google Font Typography

Maka dari sini ini anda bisa memilih jenis font yang diinginkan dan langsung terlihat preview di website anda.

Silakan gunakan font yang berbeda namun tidak lebih dari 3 kombinasi. Misalnya jenis font untuk headline, subheadline dan konten atau artikel berbeda-beda. Setelah menentukan pilihan lalu tinggal klik tombol publish. Maka sekarang website anda telah memiliki tampilan font yang berbeda dari sebelumnya.

Keunggulan dari Plugin Google Font Typography

Sebenarnya saat kita merubah jenis font itu akan mempengaruhi komposisi atau space yang ada di dalam website. Bisa saja website anda tidak lagi rapi seperti sebelumnya. Namun dengan plugin ini maka kita bisa melihat apakah desain kita menjadi rusak atau tidak. Hal ini tertolong karena fitur preview dari lagu ini.

Berikut daftar keunggulan dari pagi google font typography

Fitur Life review
Dengan fitur ini kita mencegah terjadinya kerusakan tampilan website secara general. Margin ataupun space yang ada dalam website bisa kita hindari kerusakannya karena perubahan ukuran font.

Tersedia 900 lebih jenis font Google
Dengan jumlah yang sangat besar kita memiliki keleluasaan dalam memilih jenis font. Banyak jenis font yang bisa anda pilih dan anda kombinasi sesuai dengan yang anda inginkan.

Mudah di-update
Seperti pelangi lainnya plugin ini sangat mudah untuk di update hanya cukup sekali klik.

Loading cepat
Plugin ini memiliki Script untuk membantu jenis font yang di load wordPress sangat cepat sehingga tidak akan memperlambat website anda.

Support untuk berbagai macam tema WordPress
Apapun jenis tema yang kita gunakan akan cocok dengan plugin ini tanpa masalah.

Support dengan Page Builder
Jika Anda menggunakan plugin page builder seperti elementor. Plugin Google Font Typography ini pun tidak memiliki hambatan yang berarti. Sehingga halaman-halaman yang dikustomisasi dengan page builder tidak akan memiliki masalah.

Kesimpulan
Plugin ini akan memberikan kemudahan anda dalam memilih berbagai macam font yang anda inginkan untuk tampilan website anda. Anda tidak memerlukan bahasa pemrograman khusus, tetapi hanya cukup install dan pilih jenis font yang diinginkan. Segera install dan percantik tampilan website anda. Semoga bermanfaat.

Tutorial Lengkap WordPress

Check Also

Rekomendasi Pengelola Website Bisnis Online

Memaksimalkan Fungsi WordPress Untuk Bisnis Online

Saat ini kita banyak menemui berbagai macam bisnis dalam dunia internet yang tersedia dari berbagai …