Home / General / Mengenal lebih jauh tentang ISP: Pengertian ISP, Fungsi ISP, Jenis-jenis ISP, Kelebihan dan Kekurangan ISP
Mengenal lebih jauh tentang ISP
Mengenal lebih jauh tentang ISP: Pengertian ISP, Fungsi ISP, Jenis-jenis ISP, Kelebihan dan Kekurangan ISP

Mengenal lebih jauh tentang ISP: Pengertian ISP, Fungsi ISP, Jenis-jenis ISP, Kelebihan dan Kekurangan ISP

Pernahkah kamu mendengar kata ISP? Apakah kamu tau fungsi dari ISP? Apa saja jenis-jenis ISP? Serta apa saja kelebihan dan kekurangan dari ISP? Tidak perlu bingung lagi untuk menjawab semua pertanyaan diatas karena kali ini kita akan membahas lebih jauh mengenai ISP. Selamat membaca.

Pengertian ISP

ISP merupakan singkatan dari Internet Service Provider. ISP sering dikenal dengan penyelenggara internet. ISP sendiri adalah perusahaan yang menyelenggarakan jasa sambungan internet dan jasa lainnya yang saling berhubungan. ISP mempunyai jaringan yang cukup baik, baik secara domestic maupun internasional sehingga penggunanya dapat terhubung ke jaringan internet global.

Jaringan yang digunakan disini dapat berupa media transmisi yang bisa mengalirkan data berupa kabel, radio ataupun VSAT. Sebuah komputer bisa mendapatkan akses internet apabila komputer tersebut menggunakan jasa perusahaan penyedia layanan internet.

Fungsi-fungsi ISP

Setelah mengetahui pengertian dari ISP, kita akan membahas apa saja fungsi dari ISP. Berikut beberapa fungsi dari ISP yang perlu kamu ketahui:

  1. Mampu mendukung penggunaan Internet agar lebih Optimal

Salah satu fungsi dari ISP adalah mampu mendukung penggunaan internet agar lebih optimal, tidak hanya menyediakan akses internet bagi penggunanya, ISP juga mendukung layanan jasa akses bagi banyak penggunanya. Sehingga, manfaat jaringan komputer terus berkembang pusat dan mampu digunakan untuk keperluan apapun dan oleh siapapun

  1. Menyediakan jasa akses internet bagi penggunanya

Fungsi utama dari ISP adalah untuk menyediakan jasa akses internet bagi penggunanya. Cara yang perlu kamu lakukan untuk menggunakan jasa ISP ini cukup mudah, kamu hanya perlu melakukan proses request akses internet ke ISP yang kamu inginkan, kemudian ISP akan memberikan biaya akses yang sesuai dengan kebijakan dari ISP yang sudah kamu pilih.

  1. Memproteksi jaringan dari virus

Beberapa ISP memiliki kemampuan untuk melindungi jaringan dari virus yang bisa tiba-tiba menyerang jaringan yang kita gunakan. Sehingga lebih aman dan para pengguna pun tidak perlu takut dengan adanya virus ataupun gangguan sistem keamanan komputer lainnya.

  1. Mengontrol kecepatan akses internet

ISP juga berfungsi sebagai pengontrol kecepatan akses suatu internet. Bahkan beberapa ISP memiliki layanan paket akses internet dengan pilihan kecepatan akses bagi para penggunanya. Semakin cepat kecepatan akses internet maka akan semakin mahal pula biaya yang perlu kamu keluarkan untuk membayar pelayanan tersebut.

  1. Mampu merekomendasikan situs-situs yang sesuai dengan penggunanya

ISP dapat merekomendasikan situs-situs apa saja yang cocok dengan penggunanya. Tentunya hal ini akan sangat membantu pengunanya untuk menentukan halaman website apa yang sesuai dengan keinginannya. Apalagi bagi anak-anak atau pelajar yang masih dibawah umur agar menjaga mereka dari penggunaan internet yang tidak benar.

 

Jenis-jenis ISP

Terdapat beberapa jenis layanan ISP yang memiliki karakteristik masing-masing, seperti:

  1. Video on Demand

Video On Demand memungkinkan para penggunanya untuk mendownload film secara real-time dan membuat user dapat melihat film di internet secara langsung, layanan ini biasa disebut dengan Streaming Video.

  1. Virus Scanning

Tanpa kita sadari, ISP biasanya memasukkan anti-spam dan virus scanning dalam bagian dari paket koneksinya. Sehingga keamanan jaringan penggunanya jadi lebih aman.

  1. Connection Speed (Kecepatan Koneksi)

Koneksi kecepatan yang tinggi biasanya disarankan bagi mereka yang suka mendownload suatu program, menjalankan suatu server atau bermain game online. Kecepatan yang ditawarkan juga bervariasi, mulai dari 56 kbps untuk dial up dan 1,5 mbps atau lebih untuk teknologi yang lebih tinggi contohnya Modem kabel atau DSL.

  1. IP Telephone

ISP menyediakan layanan IP Telephone yang memungkinkan si pengguna untuk menerima telepon yang berasaldari internet. Tetapi, ketika menggunakan internet jarak jauh biasanya ketentuan ini tidak berlaku.

Kelebihan dan Kekurangan ISP

ISP memang memiliki banyak fungsi, tetapi tentunya juga memiliki kekurangan didalamnya. Berikut beberapa kekurangan dan kelebihan dari ISP.

  • Kelebihan:
  1. Programnya lebih mudah digunakan karena berbasis GUI
  2. Privasi data lebih terjaga
  3. Terdapat PIN IP (Internet Protocol) yang sifatnya tetap atau tidak berubah bagi pelanggan
  4. Jumlah bandwith yang dipesan oleh pengguna tidak berubah
  • Kekurangan:
  1. Sistem program yang digunakan masih bersifat offline
  2. ID pelanggan terlalu panjang
  3. Sambungan internet terkadang bisa terputus karena tempat yang tidak strategis
  4. Kecepatan akses data dari ISP ke pelanggan sangat bergantung terhadap topografi keberadaan pelanggan

Itulah beberapa pembahasan mengenai ISP yang perlu anda ketahui. Apapun fasilitas yang anda gunakan, sebaiknya gunakan fasilitas tersebut dengan bijak dan positif. Semoga bermanfaat.

Check Also

Kamu Wajib Tau Inilah 5 Ciri Ciri Ponsel Yang Sedang Disadap

Kamu Wajib Tau, Inilah 5 Ciri-Ciri Ponsel Yang Sedang Disadap!

Untuk mendapatkan informasi mengenai sesuatu tanpa diketahui orangnya langsung banyak orang yang melakukan kegiatan penyadapan. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *