Home / General / Mengenal Lebih Jauh Tentang Cyber Security!
Mengenal Lebih Jauh Tentang Cyber Security

Mengenal Lebih Jauh Tentang Cyber Security!

Mengenal lebih jauh tentang Cyber Security!

Pernah kah kamu mendengar sesuatu mengenai cyber security? Bagi sebagian orang yang memang bekerja dalam bidang tersebut tentunya sudah tidak asing lagi mengenai hal tersebut. Tetapi, masih ada beberapa orang yang masih belum mengetahui dengan jelas mengenai cyber security.

Bagi kamu yang belum mengetahui dengan jelas mengenai cyber security, berikut beberapa pembahasan mengenai cyber security yang perlu kamu ketahui.

Apa itu cyber security?

Pertanyaan seperti “Apa itu cyber security?” tentunya muncul pada benak orang-orang yang tidak mengetahui tentang cyber security. Cyber security merupakan suatu proses, praktik dan juga teknologi yang dirancang dengan tujuan memberikan perlindungan pada program, komputer, jaringan serta data dari berbagai macam kerusakan, serangan ataupun akses yang tidak sah.

Untuk lebih mudahnya, cyber security dapat dikatakan sebagai suatu upaya yang dilakukan dengan tujuan memberikan perlindungan pada informasi-informasi penting dari suatu cyber attack yang mungkin saja terjadi. Perlu diketahui bahwa cyber attack dalam operasi informasi merupakan segala jenis tindakan atau perilaku yang memang sengaja dilakukan dengan tujuan mengganggu kerahasiaan, ketersediaan informasi dan juga integritas.

Apakah cyber security juga diperlukan dalam suatu perusahaan?

Perlu diketahui bahwa seluruh perusahaan yang memiliki transformasi dari data berbasis digital tentunya sangat dianjurkan untuk menggunakan cyber security ketika akan mengakses, menyimpan ataupun ketika akan mengambil informasi yang penting.

Berbagai macam jenis serangan cyber yang ada pada saat ini

Terdapat beberapa jenis serangan cyber yang terjadi pada era digital seperti ini, yaitu:

  • Malware dan virus

Malware dan virus merupakan salah satu jenis serangan cyber yang cukup banyak terjadi pada saat ini. Malware dan virus merupakan suatu program yang memiliki sifat negatif yang dengan sengaja dimasukkan ataup biasanya disebarkan atau tersebar melalui e-mail, website yang mencurigakan ataupun perangkat keras yang dihubungkan ke dalam perangkat lainnya dalam sistem perusahaan.

  • Scareware

Scareware merupakan suatu bentuk tipuan (scam) yang pada umumnya dilakukan atau digunakan oleh pelaku kejahatan siber dengan tujuan mengecoh pengguna dari suatu perangkat karena memiliki bentuk yang seperti pop-up peringatan yang berasal dari sistem perangkat tersebut.

  • Denial of service

Denial of service merupakan jenis serangan yang sifatnya memanipulasi jaringan, sistem ataupun aplikasi yang akan membuat kinerjanya menjadi lebih berat serta menguras lebih banyak daya.

  • Botnest dan zombie

Botnest dan zombie merupakan suatu jenis serangan pada komputer yang terhubung ke dalam suatu jaringan tersentral. Efek dari serangan botnest ini biasa dikenal dengan sebutan zombies karena keberadaannya yang sudah berada dibawah kendali pereta.

Beberapa elemen yang terdapat didalam cyber security

Perlu diketahui bahwa didalam cyber security terdapat beberapa elemen, seperti:

  • Information infrastructure

Information infrastructure merupakan suatu media yang memiliki peran dalam bidang kelangsungan operasi informasi yang didalamnya juga termasuk software dan hardware. Contoh dari information infrastructure adalah switch, router, sistem operasi, server, website atau database.

  • Network Security Assessment

Network Security Assessment merupakan jenis elemen dari cyber security yang memiliki peran dalam bidang mekanisme kontrol serta memberikan measurement level keamanan pada informasi.

  • Dokumen security policy

Dokumen security policy merupakan suatu dokumen standar yang biasanya dijadikan sebagai acuan untuk menjalankan seluruh proses yang berkaitan dengan keamanan suatu informasi.

  • Network Monitoring System

Network monitoring system merupakan sebuah media yang memiliki peran untuk memonitor suatu kelayakan, performance infrastruktur informasi serta utilisasi.

  • Perimeter Defense

Perimeter defense merupakan sebuah media yang memiliki peran sebagi komponen pertahanan dalam infrastruktur informasi seperti IPS, firewall dan IDS.

  • Human resource dan security awareness

Jenis elemen yang satu ini memiliki kaitan dengan sumber daya manusia serta awareness-nya yang ada pada keamanan informasi.

  • System Information and Event Management

System information dan event management merupakan sebuah media yang memiliki peran untuk memonitor berbagai macam kejadian yang terjadi pada suatu jaringan termasuk juga suatu kejadian yang berkaitan dengan insiden keamanan.

Itulah tadi beberapa informasi mengenai cyber security yang perlu kamu ketahui. Jangan lupa untuk selalu memberikan perlindungan pada perangkat apapun yang digunakan. Semoga bermanfaat.

Check Also

7 Aplikasi Edit Foto Instagram Terbaik Yang Wajib Kamu Coba

7 Aplikasi Edit Foto Instagram Terbaik Yang Wajib Kamu Coba!

Tentu kita sudah tidak asing lagi dengan sosial media Instagram yang saat ini sudah banyak …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *