Home / General / Mengenal Internet Lebih Jauh Lagi: Sejarah Internet, Fungsi Internet, Manfaat Internet, Kelebihan Dan Kekurangan Internet
Mengenal Internet Lebih Jauh Lagi
Mengenal Internet Lebih Jauh Lagi

Mengenal Internet Lebih Jauh Lagi: Sejarah Internet, Fungsi Internet, Manfaat Internet, Kelebihan Dan Kekurangan Internet

Di zaman yang serba canggih ini setiap orang tentunya mengenal apa itu internet, tidak hanya orang dewasa tetapi anak-anak pun sudah mengenal fasilitas internet. Internet memang memberikan banyak manfaat dan kemudahan bagi kita penggunanya, lalu bagaiamana sejarah ditemukannya internet? Apa saja fungsi-fungsi internet? Dan apa manfaatnya bagi kehidupan kita? Berikut penjelasannya.

Apa itu internet?

Internet atau Interconnected network adalah jaringan komunikasi yang sifatnya global dan terbuka dimana jaringan ini menghubungkan jutaan atau bahkan milyaran jaringan komputer yang memiliki berbagai macam tipe dan jenis yang dihubungkan dengan menggunakan beberapa tipe komunikasi seperti satelit, telepon dan lain sebagainya.

Bagaimana sejarah ditemukannya internet?

Internet adalah sebuah jaringan yang dibentuk pada tahun 1969 oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat dengan proyek yang disebut ARPANET atau Advanced Reasearch Project Agency Network. Proyek ini mendemonstrasikan suatu software dan hardware komputer yang berbasis UNIX sehingga dapat berkomunikasi dalam jarak jauh dengan menggunakan saluran telepon.

Tujuan awal dari terbentuknya proyek ARPANET adalah untuk keperluan militer yang harus menghubungkan antara daerah atau wilayah vital yang satu dengan wilayah lainnya. Proyek ini juga memiliki standarisasi kehandalan dan beberapa informasi yang dapat dikirim dengan tujuan untuk bertukar informasi. Dari hal inilah terbentuk yang namanya TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

Pada tahun 1969, ARPANET dapat menghubungkan 4 situs seperti University of California, University of Utah, Santa Barbara dan Research Institute. APARNET baru dikenalkan secara umum pada bulan Oktober 1972 dan berkembang diseluruh wilayah sehingga cukup membuat ARPANET menjadi kesulitan. Untuk mengatasi kesulitan tersebut maka ARPANET dibagi menjadi dua yaitu MILNET yang digunakan untuk keperluan militer dan APRANET yang digunakan untuk keperluan non-militer.

Istilah internet sendiri pertama kali muncul pada tahun 1982 dengan perkembangan name server yang membuat para pengguna dapat terhubung ke suatu host tertentu.

Saat ini, internet sudah dikelola dan dijaga oleh sebuah perjanjian multilateral dan protokol yang mampu menampilkan perpindahan data anatara rangkaian yang ada.  Terdapat beberapa protokol-protokol yang biasa digunakan seperti TCP, IP, DNS, IMAP, UDP, HTTPS, SSL, HTTP, LDAP, SMPTP dan protokol-protokol lainnya.

Apa saja fungsi internet?

Ada banyak sekali fungsi yang muncul dari adanya internet, seperti:

  1. Menjadi sumber data atau daya
  2. Mempermudah akses dan penyiaran suatu berita
  3. Sebagai media komunikasi
  4. Mempermudah pertukaran data dengan internet online ke berbagai belahan dunia
  5. Sebagai wadah untuk mengakses berbagai macam informasi

Apa saja manfaat dari adanya internet?

Selain memberikan kemudahan kepada penggunanya, internet juga memiliki manfaat lainnya seperti:

  1. Sarana pendukung kegiatan pendidikan

Sudah bukan rahasia lagi bahwa internet memberikan kemudahan kepada kita termasuk dalam bidang pendidikan. Internet mempermudah kita untuk memperoleh buku-buku secara online ataupun pencarian informasi tertentu.

  1. Sarana hiburan

Internet juga tentunya memberikan hiburan tersendiri bagi kita, kita dapat dengan mudah mencari hal-hal lucu dari internet untuk menghilangkan rasa bosan kita. Tidak hanya sebagai sarana hiburan, internet juga bisa dijadikan sebagai sarana penyaluran ide-ide kreatif loh.

  1. Alat komunikasi

Internet banyak digunakan sebagai alat komunikasi interpersonal maupun komunikasi massa misalnya mengakses berita dan akses sosial media.

  1. Sarana pendukung pergerakan ekonomi

Tidak sedikit kita menjumpai jual-beli secara online mulai dari olshop-olshop yang kita temukan diberbagai media sosial seperti instagaram dan facebook sampai terbentuknya aplikasi-aplikasi khusus jual-beli online.

  1. Media informasi

Dengan memanfaatkan internet tentunya ada banyak sekali informasi-informasi yang dapat kamu temukan. Kamu dapat browsing sesuatu yang ingin kamu ketahui dengan mudah melalui smartphone ataupun PC kamu.

Apa saja kelebihan dan kekurangan yang terdapat pada internet?

Terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan yang ada pada internet, yaitu:

  1. Kelebihan:
  • Menghemat biaya
  • Menambah relasi dalam bekerja sama
  • Membuat waktu menjadi lebih efisien
  • Memudahkan kita dalam berkomunikasi
  1. Kekurangan:
  • Terkadang ditemukan beberapa loading yang cukup lama
  • Terdapat beberapa informasi yang kurang benar
  • Adanya beberapa situs yang tidak pantas dilihat oleh anak dibawah umur

Demikian beberapa informasi dari internet yang perlu kamu ketahui untuk menambah wawasan kamu. Manfaatkan fasilitas-fasilitas yang ada pada internet sebagaimana mestinya dan hindari perbuatan-perbuatan yang merugikan orang lain.

Check Also

Kamu Wajib Tau Inilah 5 Ciri Ciri Ponsel Yang Sedang Disadap

Kamu Wajib Tau, Inilah 5 Ciri-Ciri Ponsel Yang Sedang Disadap!

Untuk mendapatkan informasi mengenai sesuatu tanpa diketahui orangnya langsung banyak orang yang melakukan kegiatan penyadapan. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *