Home / Blogging / Menelusuri Platform Blogging Yang Populer Antara Tumblr Vs Medium
Menelusuri Platform Blogging Yang Populer Antara Tumblr Vs Medium
Image by Kevin Phillips from Pixabay

Menelusuri Platform Blogging Yang Populer Antara Tumblr Vs Medium

Bagi kamu yang sering membuat blog tentunya sudah tidak asing dengan yang namanya Platform Blogging. Salah satu faktor yang mempengaruhi kesuksesan kamu dalam mengelola blog adalah mengenai platform blog dimana kamu mempublikasikan karya tulisan tersebut.

Saat ini, terdapat 2 platform blogging yang terbilang baru seperti Medium.com dan Tumblr.com. Beberapa orang berpendapat bahwa Medium lebih banyak digunakan oleh orang-orang yang bekerja dalam industri teknologi dan media sedangkan Tumblr banyak digunakan oleh para blogger muda. Terlepas dari isu-isu yang beredar mengenai keadaan tersebut, yang jelas kedua platform blogging ini merupakan situs penerbitan sosial yang paling cepat berkembang dan juga trendi pada saat ini.

Kedua platform ini tentunya memiliki tujuan yang sama, tetapi terdapat perbedaan yang cukup signifikan ketika kamu membandingkan beberapa kualitas yang dimiliki oleh masing-masing platform. Berikut beberapa perbandingan antara Tumblr vs Medium yang perlu kamu ketahui.

  1. Fitur Blogging
  • Medium

Di kalangan para blogger, Medium dikenal sebagai platform blogging yang memiliki fitur pemformatan yang mudah dan juga intuitif. Contoh kemudahan yang dari platform ini adalah dengan menekan tanda tambah (+) saat membuat postingan baru maka kamu dapat menambahkan video, link, foto atau bahkan membagi-bagi paragraf.

Bagi pengguna Medium, kamu tidak perlu repot-repot untuk menyimpan draft secara manual karena Medium akan menyimpan draft secara otomatis dan kamu dapat mengklik untuk membagikannya sebagai draft jika kamu ingin meminta masukan kepada orang lain sebelum mempublikasikannya.

  • Tumblr

Tumblr biasa dikenal dengan berbagai jenis postingan multimedianya yang beraneka ragam. Dengan menggunakan Tumblr, kamu dapat membuat postingan yang lebih spesifik seperti menampilkan dialog obrolan, teks, link, foto, video atau file audio.

Baru-baru ini Tumblr memperkenalkan fitur pemformatan Medium-like dimana para penggunanya dapat menekan tanda tambah (+) untuk menulis sebuah postingan atau teks apapun. Selain itu, kamu dapat menyimpan draf postingan dan memasukkan ke dalam antrian untuk di postkan sesuai dengan jangka waktu yang telah kamu tentukan.

  1. Cara menggunakan Platform Blogging Tumblr vs Medium
  • Medium

Platform Blogging Medium sudah diakui sebagai platform penerbitan yang memiliki kualitas tinggi. Medium biasa digunakan sebagai media untuk menyusun konten dari hasil riset yang cukup rinci, cerita pribadi dan juga untuk menulis.

Perlu diketahui bahwa pengguna Medium tidak dapat melakukan “reblog” postingan milik orang lain seperti yang bisa dilakukan di Tumblr, tetapi Medium dapat merekomendasikan sebuah konten dengan menekan ikon hati.

Bagi kamu yang memiliki lebih banyak postingan konten dalam bentuk teks, maka Medium merupakan pilihan yang wajib kamu coba. Sedangkan bagi kamu yang lebih suka memposting konten-konten visual seperti video, animasi GIF atau poto, maka kamu dapat menggunakan Tumblr.

  • Tumblr

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa Tumblr merupakan Platform Blogging yang banyak digunakan untuk memposting konten-konten visual. Banyak para blogger atau pengguna biasa yang menggunakan Tumblr untuk berbagi animasi GIF, video dan kumpulan foto (baik itu foto pribadi atau bukan). Walaupun Tumblr lebih dikenal sebagai platform untuk memposting konten-konten visual, tetapi kamu tetap dapat membuat postingan dalam bentuk teks.

Beberapa pengguna Tumblr suka melakukan reblog postingan dari pengguna lainnya dengan menambahkan sedikit catatan dari mereka sendiri di bagian caption.

  1. Fitur Aplikasi Smartphone
  • Medium

Saat ini, Medium belum memiliki fitur untuk membuat postingan melalui smartphone tetapi kamu tetap dapat merekomendasikan sebuah postingan atau membagikannya serta dapat berinteraksi dengan mengikuti pengguna-pengguna Medium lainnya. Aplikasi Medium pada smartphone lebih banyak digunakanuntuk melakukan browsing saja.

  • Tumblr

Perlu diketahui bahwa sebagian besar pengguna Tumblr menggunakan smartphone, termasuk untuk melakukan postingan dan berinteraksi dengan pengguna lainnya.

Tumblr lebih mirip dengan aplikasi Twitter, hanya saja memiliki fitur visual dan postingan yang lebih banyak.

  1. Fitur Komunitas
  • Medium

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa para pengguna Medium tidak dapat melakukan reblog. Tetapi, kamu dapat merekomendasikan postingan tersebut sehingga postingan tersebut akan muncul di profile kamu dan pada home feed followers kamu.

  • Tumblr

Bagi para pengguna Tumblr yang mengikuti blog lainnya, mereka dapat melakukan reblogging, membalas postingan dari dasbor. Selain itu, kamu juga dapat berkomunikasi secara pribadi baik secara anonim maupun diri sendiri, kamu juga bisa mengirimkan postingan ke blog pengguna lainnya untuk ditampilkan jika mereka mengaktifkan fitur tersebut.

Itulah beberapa perbandingan dari Platform Blogging Tumblr vs Medium. Tentunya kedua platform ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Semoga bermanfaat.

Check Also

game hilangkan stres sekaligus asah otak

Kamu Wajib Tau! 5 Website Gratis Yang Seru, Menghibur Dan Menambah Kecerdasan Otak!

Saat bosan umumnya seseorang akan melakukan sesuatu yang membuat rasa bosannya hilang, seperti jalan atau …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *