Inilah Marketing Tools yang Wajib Diketahui Oleh Para Pebisnis

Inilah Marketing Tools yang Wajib Diketahui Oleh Para Pebisnis!

Untuk menjalankan bisnis di era digital mungkin terlihat mudah, cukup mempunyai produk, pajang, kemudian promosikan dan menunggu hingga pelanggan datang untuk membeli produk tersebut. Namun ternyata, terdapat banyak sekali hal yang perlu diperhatikan dan harus dilakukan. Oleh sebab itu, kamu membutuhkan bantuan dari marketing tools agar pekerjaan kamu menjadi lebih mudah.

Sebelum itu, taukah kamu apa itu marketing tools? Marketing tools merupakan aplikasi yang dapat membantu penggunanya untuk menjalankan bisnis, terutama pada bagian promosi. Walaupun begitu, marketik tools juga tidak melulu mengenai sosial media dan iklan saja. Terdapat berbagai macam tools digital marketing yang dapat digunakan untuk mengelola keseluruhan dari bisnis kamu.

Lalu, apa saja marketing tools yang ampuh dan kamu perlukan tersebut? Berikut ini beberapa marketing tools yang perlu kamu ketahui.

Unsplash

  1. Unsplash

Mengenai masalah desain mungkin dapat diselesaikan dengan menggunakan Canva. Tetapi, perlu diketahui bahwa kamu tetap membutuhkan stok foto untuk berbagai macam hal, mulai dari menambahkan ilustrasi untuk web, membuat konten di media sosial serta melengkapi berbagai macam hal yang berkaitan dengan desain grafis lainnya.

Karenanya, untuk mengamankan stok foto, kamu dapat mencoba untuk menggunakan Unsplash. Perlu diketahui bahwa Unsplash dapat memuat hingga jutaan foto berkualitas yang dapat kamu download dan dapat memakainya secara gratis. Tidak perlu membayar lisensi untuk menggunakan foto. Bahkan, pada saat kamu bermaksud untuk menggunakan foto tersebut dengan tujuan komersial.

Seluruh foto di Unsplash sudah jelas memiliki kualitas yang tidak sembarangan. Hal ini karena, seluruh foto yang ditampilkan sudah melalui kurasi manual. Sehingga kamu pasti bisa menemukan foto yang dapat memenuhi branding dan juga kebutuhan kamu.

Beberapa fitur unggulan yang bisa kamu temukan di Unsplash, yaitu:

  1. Terdapat hingga jutaan pilihan gambar terkurasi dan memiliki kualitas HD.
  2. Gratis
  3. Terintegrasi dengan BuzzFeed, Squarespace dan juga Trello.

Trello

  1. Trello

Trello merupakan cara baru yang dapat kamu gunakan untuk membuat to-do-list dan juga mengelola tugas. Aplikasi yang satu ini memberikan kebebasan kepada penggunanya untuk mencatat tugas yang berdasarkan dengan tema besar (boards), detail tugasnya (cards) dan juga tahapan tugas (lists).

Tidak hanya itu, Trello juga telah dilengkapi dengan adanya berbagai macam perintilan yang dapat digunakan untuk mencatat informasi yang penting mengenai proyek. Kamu dapat menaruh label untuk mengelompokkan kategori, memberi komentar, menambah checklist dan juga dokumen serta mengatur notifikasi deadline.

Lalu, apa yang lebih hebat? Kamu dapat membagikan konten Trello ke rekan kerja kamu. Sehingga, kamu dapat berkolaborasi serta mengetahui progres dari proyek yang sedang dikerjakan.

Terdapat beberapa fitur unggulan yang bisa kamu temukan di Trello, yaitu:

  1. Unlimited members.
  2. Terintegrasi dengan berbagai layanan (Google Drive, Slack, GitHub, Evernote dan lain sebagainya)
  3. Tersedia dalam bentuk aplikasi smartphone.
  4. Unlimited personal boards.
  5. Terhubung dengan email untuk menambahkan cards dan juga memberi komentar.
Baca Juga :  Lima Sebab Google Adsense Akun Milik Anda Di Banned

SocialMention

  1. SocialMention

SocialMention dapat kamu gunakan untuk memonitor info apapun yang kamu perlukan di media sosial. Hal ini juga termasuk konten ataupun metion mengenai brand bisnis yang kamu jalankan. Selain itu, terdapat juga informasi yang berkaitan dengan topik tertentu.

Tidak hanya menampilkan konten seperti mesin pencari. SocialMention juga akan memberikan data analytics mengenai hasil pencarian. setidaknya terdapat beberapa hal yang bisa kamu ketahui dengan melalui platform ini, seperti:

  1. Perbandingan impresi negatif dan postif dari sentiment atau konten.
  2. Jumlah frekuensi dari konten atau mentions yang dibuat oleh satu akun atau passion.
  3. Tingkat popularitas dari suatu topik yang didiskusikan atau strength.
  4. Jumlah user dibandingkan dengan jumlah total mentions atau reach.

Selain hal-hal diatas, kamu juga bisa mengetahui keyword yang populer, hashtag populer yang digunakan dan juga top users. Tidak hanya itu, SocialMention juga menyediakan filter sosial media yang menjadi tempat kamu untuk melakukan pencarian. Platform yang satu ini mengklaim mempunyai integrasi bahkan ke lebih dari 100 media sosial. Namun setidaknya, ada juga opsi untuk melacak konten yang berasal dari blog, gambar,  microblog (Twitter), video dan pertanyaan yang ada di internet.

Di SocialMention juga terdapat dua opsi notifikasi agar kamu tidak ketinggalan info terbaru dari konten yang kamu pantau. Kedua opsi tersebut, yaitu RSS feed dan email. Di luar dari itu, paltform yang satu ini juga membolehkan pneggunanya untuk mendownload data dalam bentuk format Excel atau CSV. Sehingga, kamu dapat lebih fleksibel pada saat ingin melakukan analisis data.

Terdapat beberapa fitur unggulan yang bisa kamu temukan di SocialMention, yaitu:

  1. Tersedia fitur untuk menilai reach, sentimen, passion dan strenght dari konten
  2. Tersedia fitur untuk mencari kata kunci dan juga tagar populer
  3. Tersedia fitur untuk melakukan pencarian dalam bentuk microblog, blog, gambar, video, bookmark dan juga pertanyaan
  4. Tersedia opsi untuk mengikuti update dari konten yang dicari.

Mailchimp

  1. Mailchimp

Mailchimp lebih sering dikenal sebagai platform email marketing. Dengan menggunakan software ini, kamu dapat mendesain email agar nampak lebih bagus. Kemudian, mengirimkannya kepada audiens atau subscribers. Tidak hanya itu, Mailchimp juga memperbolehkan penggunanya untuk melihat performa email marketing yang kamu kerjakan.

Tetapi, tidak banyak yang mengetahui jika email marketing hanyalah satu di antara banyaknya fitur yang tersedia di Mailchimp. Lengkapnya, Mailchimp mempunyai layanan customer relationship management (CRM), pembuat campaign yang terintegrasi, alat untuk mendesain brand bahkan hingga penyedia analytics yang lengkap. Dengan tersedianya semua layanan tersebut, tidak heran jika branding yang dikedepankan oleh Mailchimp adalah The-All-in-One-Marketing platform.

Mungkin karena terdapat banyak layanan yang tersedia membuat kamu menjadi bingungm, tetapi untuk memudahkan kamu agar lebih memahaminya, kamu dapat mencoba untuk mengingat alur kerja berikut ini: membuat konten atau campign – mengirim konten dan campaigns ke audiens – memantau serta mengevaluasi melalui analytics.

Terdapat beberapa kelebihan yang dapat kamu temukan di Mailchimp, seperti:

  1. Terintegrasi dengan fitur analytics yang tentunya lengkap
  2. Telah dilengkapi dengan fitur yang dapat digunakan untuk mengelola komunikasi personal dengan pelanggan
  3. Terintegrasi dengan 300+ aplikasi lintas kategori (contact management, booking, design, content, finance and accounting dan lain-lain)
  4. Telah dilengkapi dengan fitur untuk pembuatan konten untuk branding
  5. Telah dilengkapi dengan fitur untuk pembuatan kampanye marketing dalam bentuk social media, email, digital ads, landing page, postcards dan juga pesan otomatis.

Hootsuite

  1. Hootsuite

Hootsuite adalah platform manajemen untuk akun media sosial. Dengan menggunakan platform yang satu ini, maka kamu dapat memantau beberapa akun media sosial sekaligus yang ada dalam satu halaman. Terdapat 20+ macam media sosial yang telah terintegrasi dengan Hotsuite, beberapa diantaranya adalah Instagram, Facebook, Twitter, Pinterest, YouTube dan juga LinkedIn.

Tidak hanya mengenai soal tampilannya saja yang akan memudahkan kamu untuk memantau beberapa akun sosial media sekaligus, tetapi juga Hootsuite memastikan kamu agar dapat mengelola akun sosial media tersebut dengan mudah. Kamu dapat membaut konten dan juga menyimpannya sebagai draft. Tidak hanya itu, konten yang kamu buat tersebut dapat diatur agar bisa terupload sesuai dengan waktu yang kamu inginkan.

Dengan menggunakan Hootsuite, kamu juga dapat menampilkan seluruh laporan analytics dalam satu halaman. Selain data umum, seperti engagement, mentions, likes dan sebagainya, Hootsuite juga mempunyai opsi untuk menampilkan data yang berkaitan dengan performa tim, yang secara spesifik platform ini juga dapat menghitung berapa lama waktu yang diperlukan oleh admin untuk merespons engagement yang berasal dari audiens.

Terdapat beberapa fitur unggulan yang bisa kamu temukan di Hootsuite, seperti:

  1. Dapat melihat laporan analytics yang berasal dari konten media sosial
  2. Membuat konten, menyimpan serta mengunggah sesuai dengan waktu yang diinginkan
  3. Mencari konten dan juga gambar yang menarik dengan tujuan dibagikan ke media sosial via Hootsuite.
  4. Telah terintegrasi dengan 250 apps yang menarik
  5. Mampu memonitor topik-topik yang menarik yang ada di media sosial.

Google Ads

  1. Google Ads

Tentu kamu sudah tidak asing lagi dengan Google Ads. Google Ads adalah platform khusus dari raksasa search engine Google. Platform yang satu ini memungkinkan penggunanya untuk mendapatkan eksposur yang leih luas ke para pengguna internet. Bahkan, apapun format iklan yang kamu inginkan, dan sekecil apapun skala bisnis kamu, dan sehemat apapun budget yang kamu miliki untuk iklan, Google Ads tetap siap sedia untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Terdapat beberapa fitur unggulan yang dapat kamu temukan di Google Ads, seperti:

  1. Memiliki opsi anggaran atau biaya yang fleksibel
  2. Telah dilengkapi dengan fitur “remarketing” untuk memperbesar eksposur calon pelanggan di brand kamu
  3. Mempunyai opsi bentuk iklan yang juga cukup banyak
  4. Mempunyai fitur untuk menargetkan pangsa pasar yang lebih spesifik.

SEMRush

  1. SEMRush

SEMRush tak lain merupakan tools marketing khusus yang dapat digunakan untuk jualan online. Dengan menggunakan software yang satu ini, maka kamu dapat mengetahui dengan baik bagaimana performa marketing yang dilakukan dari berbagai aspek.

Terdapat beberapa fitur unggulan yang dapat kamu temukan di SEMRush, seperti:

  1. Telah dilengkapi dengan bagian khusus untuk memantau dan juga mengelola sosial media
  2. Mempunyai fitur lengkap untuk memantau dan juga mengevaluasi optimasi SEO
  3. Telah dilengkapi dengan bagian khusus untuk mendapatkan insight performa kompetitor
  4. Telah dilengkapi dengan fitur riset khusus untuk content marketing
  5. Mempunyai fitur khusus untuk riset dan juga evaluasi iklan yang berbasis Pay Per Click (PPC).

Itulah tadi beberapa marketing tools yang perlu kamu ketahui. Kamu dapat menggunakan marketing tools yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Semoga bermanfaat dan semoga sukses!

Check Also

Rekomendasi Pengelola Website Bisnis Online

Memaksimalkan Fungsi WordPress Untuk Bisnis Online

Saat ini kita banyak menemui berbagai macam bisnis dalam dunia internet yang tersedia dari berbagai …