Home / Blogging / Macam Macam Hosting Yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Membangun Website
macam macam hosting yang perlu kamu tahu
Image by dlohner from Pixabay

Macam Macam Hosting Yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Membangun Website

Kita perlu tahu macam-macam layanan web hosting sebelum membeli atau menyewa agar kita mengetahui kebutuhan yang pas yang sesuai dengan website yang akan kita buat. Kebutuhan web hosting untuk blog company profile tentu lebih sederhana dan murah bila dibandingkan website portal berita yang tentunya lebih memerlukan resources yang jauh lebih besar karena setiap hari terus menerus mengisi konten berita update.

Jika kita baru belajar membuat blog tentunya kita perlu hosting yang lebih sederhana dan murah sambil pelan-pelan kita upgrade ke spesifikasi yang lebih tinggi. Artikel kali ini kita akan bahas mengenai macam macam hosting yang perlu kamu ketahui.

Baca Juga : Tips Memilih Hosting Yang Wajib Kamu Tahu

Akan dimulai dari hosting yang paling sederhana terlebih dahulu. Ada banyak hosting yang tersedia namun tidak semua perusahaan memiliki layanan yang sama dikarenakan ada teknologi yang baru berkembang saat ini.

SHARED HOSTING

Jenis shared hosting ini memberikan layanan hosting namun dipakai bersama-sama dengan pihak lain. Namun semua pengguna shared hosting disatu tempat yang sama ini, masing masing telah dibatasi penggunaan resourcesnya sehingga tidak akan mengganggu pengguna lain.

Layanan jenis ini sangat murah dikarenakan pemakaian hosting yang sama dengan beban yang dibagi rata ke pengguna hosting tersebut.

CLOUD HOSTING

Cloud hosting inilah teknologi baru yang tidak semua perusahaan layanan hosting memiliki cloud hosting ini.

Teknologi ini menerapkan komputasi awan dimana kecepatan jauh lebih baik dan jauh lebih aman karena server yang digunakan sangat banyak dan tersebar dibanyak titik di banyak negara. Juga menjadi lebih aman karena jika satu server down maka server lain akan menggantikan. Harga layanan ini memang lebih mahal bila dibanding dengan shared hosting tapi memang cloud hosting ini bisa handle web blog yang terus berkembang kontennya.

MANAGED WORDPRESS HOSTING

Hosting yang satu ini khusus untuk layanan website dengan platform wordpress. WordPress sudah begitu terkenalnya hingga muncul layanan seperti ini.

Layanan ini memiliki fitur fitur seperti ini

  • WordPress core yang terupdate otomatis
  • Memiliki sistem backup harian ataupun mingguan secara otomatis
  • Database built-in dengan wordpress
  • Optimalisasi sklabilitas yaitu penggunaan resources bisa menyesuaikan kebutuhan yang meningkat seperti trafik kunjungan yang tinggi
  • Dan banyak fitur lainnya

Jenis layanan ini miliki harga lebih mahal bila dibanding shared hosting dan bahkan terkadang setara dengan layanan vps hosting.

VPS HOSTING

Kepanjangan dari virtual private server hosting, yaitu layanan sewa mesin virtual untuk user. Konsepnya mirip seperti dengan shared hosting namun setiap user/account seolah-olah memiliki mesin (virtual) dengan setingan dan konfigurasi sesuai kebutuhan.

Vps jauh lebih stabil dalam resources komputasi yang digunakan. Kita bebas memperlakukan vps hosting ini seolah-olah kita menggunakan komputer pribadi.

DEDICATED HOSTING

Hosting jenis ini bersifat pribadi/tunggal yang didedikasikan memang untuk satu user/account. Semua sumber daya yang digunakan tidak share dengan pengguna lain. Biasanya digunakan untuk website yang sudah memiliki trafik sangat besar. Banyak layanan yang tersedia untuk dedicated ini adalah Hosting Dedicated Plan Share dan VPS Hosting Plan.

Cocok untuk website dengan tingkat trafik yang sangat besar.

Itulah beberapa jenis hosting yang perlu kamu ketahui. Carilah hosting di hosting terbaik sesuai dengan kebutuhanmu. Mengetahui jenis hosting bisa membantu menentukan pilihan, namun salah tempat membeli penjual hosting bisa merepotkan kamu. Kamu bisa mengunjungi artikel ini untuk dapatkan tips memilih hosting yang benar, agar tidak menyesal kemudian. Semoga bermanfaat.

Check Also

Menelusuri Platform Blogging Yang Populer Antara Tumblr Vs Medium

Menelusuri Platform Blogging Yang Populer Antara Tumblr Vs Medium

Bagi kamu yang sering membuat blog tentunya sudah tidak asing dengan yang namanya Platform Blogging. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *