Kamu Wajib Tau Inilah Kelebihan Website Yang Menggunakan Cloud Hosting

Kamu Wajib Tau! Inilah Kelebihan Website Yang Menggunakan Cloud Hosting!

Pada saat ini, telah banyak website yang beralih untuk di host di cloud dan tidak pada shared hosting seperti pada umumnya. Sehingga, terdapat alasan untuk di pertanyakan mengenai hal apa yang bagus dari hosting di cloud.

Perlu diketahui bahwa perhitungan Forbes memastikan bahwa pada tahun 2020, terdapat 83% dari perusahaan dunia yang akan berada di cloud.

Pada saat ini, Google Cloud, Azure, Amazon, Microsoft dan juga CloudLinux OX merupakan cloud hosting yang populer dan juga menjadi penguasa dari pasar hosting yang berbasis awan di dunia. Lalu, apakah kamu tertarik untuk memindahkan website kamu ke Cloud Hosting? Perlu diketahui bahwa kamu dapat menggunakan hosting di Indonesia dengan menggunakan teknologi Cloud yang dapat membuat website kamu menjadi lebih ringan dan tentunya aman.

Lalu, apa saja kelebihan dari yang ada di cloud hosting sehingga banyak yang tertarik untuk menggunakannya? Berikut ini beberapa kelebihan cloud hosting yang perlu kamu ketahui.

  1. Hosting di Cloud aman

Perlu diketahui bahwa ketika kamu menggunakan hosting di cloud, maka kamu tidak akan pernah sendirian. Hal ini karena, penyedia cukup peduli untuk melakukan segalanya dengan tujuan mengamankan situs kamu.

Data kamu juga tidak akan melakukan perjalanan melalui perangkat keras fisik, melainkan dengan langsung diunggah ke cloud.

Tak jarang, hosting di ccloud akan hadir dalam bunder dengan adanya pemeriksaan keamanan yang tertanam serta tindakan yang bisa kamu lakukan. Di saat yang bersamaan, penyedia hosting mengambil tindakan mereka sendiri untuk memastikan keamanan kamu. Hal ini karena mereka berkomitmen pada protokol kemanan dengan tingkat tinggi.

  1. Hosting di Cloud lebih murah

Tentu kamu mengetahui bahwa membayar tetap setiap bulan akan berbeda dengan hanya membayar untuk apa yang telah kamu gunakan.

Ketika website kamu menggunakan cloud hosting, maka kamu hanya perlu mengeluarkan biaya untuk membayar sumber daya server yang telah kamu gunakan, bukan biaya tetap setiap bulan. Hal seperti ini tentunya akan memberikan keuntungan bagi sebagian besar pemilik bisnis karena kamu dapat menggunakan sumber daya server (memori, CPU dan lain-lain) sebanyak mungkin dan sesuai dengan apa yang kamu inginkan dan hanya perlu membayar setelah kamu menggunakannya.

  1. Hosting di Cloud lebih mudah dipulihkan

Sebagian besar keberhasilan dari suatu bisnis terletak pada kesinambungannya, hal ini berkaitan erat dengan keamanan dari data bisnis tersebut. Jadi, dapat dikatakan bahwa kelangsungan bisnis kamu, terutama mengenai pemeliharaan website juga tergantung pada pemulihan data.

Ketika terjadi permasalahan berupa kehilangan data, tentunya dapat menjadi masalah yang sangat serius, apalagi jika data tersebut merupakan data penting yang masih digunakan. Bahkan, hal tersebut bisa saja menyebabkan efek kerugian yang bisa membuat kamu kehilangan uang dengan jumlah yang cukup besar atau bahkan dapat menyebabkan matinya bisnis yang telah kamu kelola sebelumnya. Perlu diketahui bahwa server cloud dilengkapi dengan sarana pemulihan data yang kuat dan juga sistem yang sangat berhati-hati. Misalnya, mekanisme backup data yang otomatis, hal ini terlepas dari backup rutin yang terjadwal.

Sehingga apabila terdapat situasi yang kurang menyenangkan, seperti kehlangan data besar ataupun kecelakaan kecil lainnya, kamu bisa mengambil keuntungan dengan menggunakan langkah-langkah keamanan preventif untuk memulihkan atau mengembalikan data kamu dengan cara yang mudah.

  1. Hosting di Cloud dapat diskalakan

Apakah kamu mengetahui bahwa lalu lintas website (jumlah pengunjung) merupakan salah satu kriteria yang sangat penting yang tanpa disadari secara tidak langsung akan menetukan tingkat kesuksesan kamu.

Tetapi, lalu lintas besar juga memiliki efek samping; dalam shared hosting, kamu perlu berbagi server dengan website lainnya, yang berarti apabila pengunjung kamu selalu meningkat, maka kamu juga dapat mengalami masalah berupa kekurangan sumber daya server.

Hosting di cloud memiliki keunggulan yang akan sangat membantu kamu, skalabilitas. Hal ini berarti, kamu akan mendapatkan kesempatan untuk menurunkan ataupun meningkatkan. Kamu akan memiliki kesempatan untuk meningkatkan sumber daya kamu untuk mengakomodasi pada peningkatan lalu lintas dan juga sebaliknya.

Selain itu, kamu juga bisa dengan mudah mengurangi ataupun menambah jumlah prosesor kamu, hal ini tergantung pada keubutuhan website kamu. Dengan hal tersebut, kamu akan memiliki kendali penuh terhadap perencanaan sumber daya kamu untuk menghindari adanya kelimpahan yang tidak perlu juga.

Point penting lainnya yang berkaitan dengan skala, yaitu kamu dapat dengan bebas memeriksa konsentrasi lalu lintas serta menyebarkan website kamu ke pusat data yang secara fisik lebih dekat dengan mayoritas pengunjung website kamu.

  1. Hosting di Cloud lebih fleksibel

Fleksibilitas hosting di cloud akan ditunjukkan pertama kali dalam sistem pembayaran yang cepat, ketika kamu hanya bisa membayar untuk sumber daya yang kamu gunakan. Tetapi, terdapat beberapa juga yang memberikan penawaran dengan sistem pembayaran pay-as-you-go, dimana kamu hanya akan mendapatkan apa yang kamu bayar.

Poin penting lainnya yaitu kamu akan mendapatkan akses ke file website kamu dari manapun dan kapanpun. Jadi, karyawan kamu pun juga akan mendapatkan fleksibilitas dalam pola, praktik dan juga cara kerja mereka, bahkan hal ini juga termasuk jam kerja dan geolokasi.

  1. Hosting di Cloud lebih cepat

Penggunaan hosting di cloud akan memastikan pemuatan website menjadi lebih cepat dimana hal tersebut menjadi hal yang sangat vital bagi pengunjung serta lalu litas kamu. Perlu diketahui bahwa sejak cloud hosting memberikan penawaran berupa isolasi data, waktu buka dikurangi karena data tidak perlu lagi melakukan perjalanan melalui perangkat keras untuk sampai ke browser pencarian.

Selain itu, sebagian besar hosting terkenal pada opsi cloud juga memberikan penawaran yang berupa caching yang akan mengurangi waktu buka. Apabila kamu mengaktifkan caching, maka ketika pelanggan kamu mengunjungi halaman web tertentu untuk pertama kalinya, halaman HTML akan di-cache didalam history server dan apabila ketika di waktu lain terdapat pengguna yang sama dan mengirimkan permintaan HTTP yang mencoba untuk mengakses halaman kamu, maka hal tersebut akan dimuat secara langsung dari history cache dan hal itulah yang membuat pengiriman konten menjadi lebih cepat.

  1. WordPress sangat bagu di Cloud Hosting

Bagi kamu yang menggunakan WordPress, maka menggunakan cloud hosting merupakan pilihan yang sangat tepat, hal ini akan membebaskan kamu dari berbagai macam masalah teknis yang sebelumnya sering kamu hadapi di shared hosting, seperti update, penskalaan, backup, waktu aktif dan lain sebagainya. Sehingga, kamu bisa lebih fokous pada bisnis kamu dan bukan pada masalah teknis website kamu.

Bagi kamu yang menggunakan WordPress untuk website kamu, maka kamu dapat menggunakan hosting yang dikelola di atas teknologi CloudLinux OS di Indonesia yang bagus, yaitu Niagahoster dan juga IDCloudhost.

Berikut ini beberapa kelebihan yang ditawarkan dari penggunaan hosting dengan teknologi Cloud:

  1. Ada fitur WP Accelerator.
  2. Penskalaan Elastis, memastikan sumber daya kamu yang disesuaikan dengan beban website kamu.
  3. Server menggunakan LiteSpeed.
  4. Kecepatan ekstrem, dengan memberikan isolasi absolut website kamu serta menggunakan teknologi yang terbaik.
  5. Caching yang membuat website menjadi sangat cepat.
  6. Backup, untuk melakukan perlindungan data absolut

Itulah tadi beberapa kelebihan dari website yang menggunakan cloud hosting. Jadi, apakah kamu tertarik untuk menggunakan cloud hosting di website yang kamu kelola? Jika iya, maka kamu dapat segera melakukan migrasi hosting atau melakukan upgrade dari shared hosting dari shared hosting ke cloud hosting. Semoga bermanfaat!

Hosting Terbaik Yang Kami Gunakan

Check Also

animation software terbaik

7 Software Gratis Terbaik Untuk Membuat Animasi yang Wajib Kamu Coba!

Penting untuk diketahui bahwa animasi merupakan salah satu format terbaik bagi konten kamu. Untuk membuat …