Home / General / Kelebihan dan Kekurangan Shared Hosting yang Perlu Kamu Ketahui!
Kelebihan dan Kekurangan Shared Hosting yang Perlu Kamu Ketahui

Kelebihan dan Kekurangan Shared Hosting yang Perlu Kamu Ketahui!

Ketika kamu baru selesai membuat suatu situs web, maka hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah memutuskan siapa yang akan menjadi penyedia layanan hosting web kamu. Apabila kamu sudah menemukan penyedia layanan hosting, maka kamu dapat melakukan pemilihan terhadap paket hosting yang ingin kamu gunakan. Kamu dapat menggunakan paket hosting yang sesuai dengan kebutuhan kamu karena setiap paket hosting memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing, salah satunya yaitu shared hosting.

Shared hosting menjadi pilihan yang sangat populer bagi situs-situs baru, tetapi hal tersebut bukanlah satu-satunya hal yang tersedia. Pertama-tama, apakah kamu membuat suatu situs besar? Atau kamu hanya membuat situs untuk sekedarnya saja tanpa memperhatikan tentang pertumbuhan situs tersebut kedepannya? Jika kamu ingin membangun sebuah situs yang besar dan akan selalu menjadi situs yang populer kedepannya, maka Shared Hosting bukan menjadi satu-satunya pilihan yang tepat yang dapat kamu gunakan dari layanan hosting kamu, namun Shared Hosting dapat menjadi pilihan yang tepat bagi kamu yang memulai suatu situs baru.

Kemudian, apabila kamu berniat untuk mengambil paket hosting dari Shared Hosting, maka sebaiknya kamu juga memperhatikan apakah penyedia layanan hosting tersebut juga menawarkan berbagai macam paket hosting lainnya, seperti VPS hosting, Dedicated hosting dan juga cloud hosting.

Bagi kamu yang belum mengetahui apa itu Shared Hosting, berikut ini beberapa pembahasan mengenai Shared Hosting yang perlu kamu ketahui.

Pengertian Shared Hosting

Shared hosting atau juga bisa disebut hosting bersama pada dasarnya memiliki arti memberikan sumber daya server yang dapat digunakan oleh beberapa situs web. Perusahaan hosting membagi ruang pada drive sehingga dapat dialokasikan pada banyak klien. Setiap website dalam server tertentu berbagi ruang dan juga sumber daya, hal inilah yang juga menyebabkan harga dari paket Shared Hosting menjadi lebih murah dibandingkan dengan paket lainnya.

Shared Hosting dapat diibaratkan seperti pada saat kamu menyewa suatu kontrakat yang didalamnya ditempati oleh beberapa orang dengan tujuan untuk menghemat uang karena biaya sewa kontrakan tersebut akan ditanggung bersama-sama oleh beberapa orang. Karena terdapat beberapa orang yang membayar untuk menggunakan server yang sama, maka hal tersebut tentunya akan menjadi lebih murah untuk orang banyak.

Kelebihan Shared Hosting

Dengan menggunakan shared hosting tentunya kamu akan mendapatkan banyak manfaat. Salah satunya adalah seperti yang telah dijelaskan seperti sebelumnya bahwa kamu dapat mengehemat biaya pengeluaran atau kamu tidak perlu mengeluarkan biaya lebih banyak karena harganya yang cukup terjangkau.

Kebanyakan shared hosting secara sepenuhnya dikelola oleh penyedia layanan hosting tersebut. Apabila situs kamu sepenuhnya dikelola, hal ini berarti penyedia shared hosting tersebutlah yang akan mengurus unsur teknis yang ada pada situs kamu. Dengan hal seperti ini, tentunya kamu tidak perlu merasa khawatir mengenai apapun selain mengelola situs kamu, seperti yang berkaitan dengan konten, desain, penjualan dan lain sebagainya.

Selain itu, apabila kamu memutuskan untuk menggunakan shared hosting kamu juga tidak akan membuang banyak waktu untuk mengurusi bagian sisi server kamu. Jadi, dengan memutuskan untuk menggunakan shared hosting dari suatu penyedia layanan hosting, kamu juga dapat memiliki atau menyimpan lebih banyak waktu dan juga ruang.

Kekurangan Shared Hosting

Sama halnya dengan suatu produk atau layanan, terdapat beberapa perangkap. Apabila situs kamu tumbuh dan menjadi terlalu besar untuk server, maka kamu mungkin saja akan dikenakan biaya sebelum kamu melakukan upgrade ke VPS (Virtual Private Server) atau dedicated server. Dengan hal tersebut tentu saja dapat memperlambat situs kamu, bahkan dapat menyebabkan down karena adanya peningkatan lalu lintas. Atau, apabila ada orang lain yang menggunakan sumber daya bersama terlalu banyak,maka kecepatan situs kamu juga dapat terpengaruh.

Ketika kamu menggunakan shared hosting, maka kamu tidak akan mempunyai kebebasan dalam shared hosting untuk melakukan penyesuaian pada server kamu. Kamu juga tidak memiliki akses. Hal ini merupakan sisi buruk lainnya yang ada pada hosting yang sepenuhnya dikelola oleh penyedia tersebut. Bagi kamu yang memiliki kontrol, tentunya memiliki sedikit kebebasan tentang bagaimana situs kamu beroperasi, shared hosting mungkin belum menjadi pilihan yang terbaik. Kamu mungkin akan merasa lebih baik ketika menggunakan VPS atau bakan dedicated server apabila kamu memiliki ukuran situs yang memang membutuhkan untuk menggunakan paket tersebut. Kamu juga dapat melakukan perubahan sendiri secara teknis untuk server situs yang kamu kelola.

 

Kesimpulan

Penggunaan Shared hosting tentunya juga akan memberikan banyak keuntungan bagi para penggunanya. Kamu juga dapat melakukan pemilihan mengenai harga yang terjangkau dan banyak pelanggan juga setuju bahwa shared hosting menjadi pilihan yang terbaik bagi pemula. Jenis hosting yang satu ini dianggap sebagai jenis hosting yang ideal yang dapa digunakan oleh para pemula yang masih belajar dalam dunia web dan juga blogging, bahkan para blogger pemula juga biasanya akan merasa cocok untuk menggunakan shared hosting.

Dengan menggunakan shared hosting, maka kamu akan menjadi lebih fokus terhadap konten situs yang kamu miliki daripada manajemen server seperti jenis paket hosting yang berada di atasnya.

Itulah tadi beberapa pembahasan mengenai shared hosting yang perlu kamu ketahui. Kamu tentunya dapat menentukan jenis hosting apa yang kamu butuhkan dengan menyesuaikan pada kebutuhan website yang kamu miliki. Semoga bermanfaat dan semoga sukses!

Hosting Terbaik Yang Kami Gunakan

Check Also

7 CMS Untuk Membuat Website yang Perlu Kamu Ketahui

7 CMS Untuk Membuat Website yang Perlu Kamu Ketahui!

Tentu kita mengetahui bahwa konten menjadi peran untuma untuk perjalanan dalam membangun perluasan informasi dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EBOOK GRATIS!

Dibongkar tuntas, rahasia para mastah menghasilkan puluhan hingga ratusan juta dari affiliate

Cek detail ebook dulu… klik disini

GRATIS!

Ebook ini bisa tuntun kamu miliki BRAND yang kuat – mudah untuk jualan – mudah dapatkan follower

mockup ebook panduan brand dikenal orang

Download sekarang juga. Gratis!

DIBONGKAR RAHASIA PARA MASTAH BER-BISNIS AFFILIATE

super affiliate e1522321658510
  • Mengapa bisnis ini menjadi favorit para pebisnis online
  • Tools apa saja yang mereka gunakan
  • Skill yang mesti kamu tahu untuk bisnis affiliasi ini
  • Bagaimana menciptakan "GIFT" untuk kumpulkan data
  • Traffic yang jadi andalan untuk jaring list email
  • Serta tips dan trik lainnya

Download Segera Sebelum Halaman Ini Saya Hapus!!

Bisnis affiliate hampir dilakukan oleh semua pebisnis online. Ebook ini akan bocorkan rahasia mengapa mereka dapatkan income puluhan juta bahkan ratusan juta dalam satu tahun

  • Sama seperti Anda, saya juga tidak menyukai SPAM. Data email Anda aman bersama Tim JuraganOnline