Home / Blogging / Kamu Wajib Tau, 3 Jenis Blog Yang Banyak Di Temukan Di Internet!
Kamu Wajib Tau 3 Jenis Blog Yang Banyak Di Temukan Di Internet

Kamu Wajib Tau, 3 Jenis Blog Yang Banyak Di Temukan Di Internet!

Blog adalah sebuah web yang didalamnya berisi berbagai macam konten mulai dari artikel, tulisan ataupun catatan yang diposting secara online dan sifatnya terbuka. Saat ini, kita sudah menemukan berbagai macam blog apabila melakukan browsing di internet, berbagai macam blog ini tentunya juga memiliki banyak tema yang semakin bertambah setiap harinya.

Saat ini, blog telah memiliki lingkungannya sendiri, memiliki pembahasan serta karakter khas sendiri-sendiri. Lalu, jenis blog apa saja yang sudah berkembang saat ini? Berikut penjelasan singkat mengenai jenis-jenis blog yang berkembang saat ini.

A. Blog berdasarkan kontennya

1. General Blog

General Blog merupakan blog yang didalamnya berisi berbagai macam tema atau topik yang sifatnya umum. General Blog ini bisa membahas banyak topik dalam sekali posting karena mereka memiliki beberapa penulis yang menguasai bidang-bidang yang telah mereka pilih.

2. Niche Blog

Niche Blog merupakan blog yang ditulis oleh seorang blogger dengan menggunakan tema-tema tertentu atau topik khusus. Salah satu contoh dari Niche Blog adalah blog pendidikan, blog Teknologi, blog kesehaan, blog fashion dan berbagai macam tema-tema lainnya.

B. Blog berdasarkan Plarformnya

 1. Micro Blog

Micro Blog adalah blog yang didalamnya berisi konten yang dengan jumlah karakter yang terbatas atau tidak sebanyak dari jenis-jenis blog lainnya.

 2. Blog Gratis (Free Blog)

Blog gratis atau free blog adalah blog yang disediakan secara gratis yang berasal dari pihak ketiga dengan tujuan penyedia layanan, baik itu hosting maupun subdomainnya.

Blog Gratis ini biasanya memiliki karakteristik pada penulisan nama dari pihak ketiga yang sudah dibuat.

 3. Self-Hosting Blog

Self-Hosting Blog merupakan salah satu jenis blog yang dibuat dengan memanfaatkan hosting serta domain sendiri dimana pemilik blog ini yang akan membayar biaya layanan tersebut.  Blog Self-Hosting ini biasanya dimiliki oleh seorang blogger yang terbilang professional serta para internet maker. Beberapa contoh dari Self-Hosting Blog adalah Ndorokakung.com dan Radityadika.com.

 4. Blog Perusahaan (Corporate Blog)

Blog Perusahaan atau Corporate Blog merupakan sebuah blog yang berada dalam naungan website perusahaan yang didalamnya terdapat konten-konten berita seputar perusahaan tersebut, terkadang juga ditemukan beberapa keluhan pelanggan di blog tersebut.

 5. Citizen Journalism Blog

Citizen Journalism Blog merupakan blog yang kontennya dibuat oleh masyarakat (bukan jurnalis yang profesional) dan biasanya disediakan oleh media-media tertentu. Contoh dari Citizen Journalism Blog adalah Blogdetik, Kompasiana dan lain-lain.

 

 C. Blog berdasarkan Formatnya

 1. Linklog

Linklog merupakan jenis blog yang didalamnya hanya terdapat kumpulan-kumpulan link. Contoh dari linklog adalah Jennifer’s Linklog.

 2. Blog Copy Paste

Blog Copy Paster merupakan blog dimana kontennya diambil dari blog orang lain dengan cara copy paste. Blog jenis ini biasanya dimiliki oleh seorang blogger yang malas untuk membuat kontennya sendiri. Yang unik dari blog jenis ini adalah adanya beberapa blog perusahaan yang menerapkan cara ini di blog perusahaanya.

 3. Photoblog / Phlog

Photoblog atau Phlog adalah jenis blog yang didalamnya hanya berisi konten-konten foto. Contoh dari Phlog atau Photoblog adalah Kathleen Connaly’s Photoblog.

 4. Sketchblog

Sketchblog adalah jenis blog yang memiliki format konten yang berisi kumpulan hasil portofolio orang lian. Contoh dari Sketchblog adalah Kristen’s Sketchblog.

 5. Vlog

Vlog merupakan jenis blog yang didalamnya hanya berisi konten-konten video.

 6. Typecasting Blog

Typecasting Blog merupakan jenis blog yang didalamnya berisi kumpulan notes, tulisan tangan atau bahkan tulisan dari mesin ketik yang sudah di scan. Contoh Typecasting Blog adalah typeten.com

7. Audioblog

Audioblog merupakan jenis blog yang konten utamanya berisi file musik yang bisa di unduh oleh publik secara bebas.

8. Tumbleblogs

Tumbleblogs merupakan jenis blog yang kontennya berisi text-text pendek dan ada juga beberapa konten yang berasal dari media.

9. Blog Iklan Baris

Blog Iklan Baris adalah jenis blog yang kontennya hanya berisi iklan-iklan baris. Jenis blog yang satu ini sebenarnya sudah sering kita temukan di internet.

10.Splog

Splog merupakan jenis blog yang didalamnya memiliki berbagai macam iklan. Splog biasanya dikenal sebagai spam blog. Jenis blog yang satu ini banyak dimiliki oleh para spammer yang berada di Indonesia.

Itulah beberapa jenis blog yang sudah berkembag saat ini. Jadi, blog kamu masuk dalam kategori yang mana?

Check Also

hawkhost hosting server terbaik

5 Hal Yang Tidak Boleh Anda Abaikan Dalam Memilih Hosting Server Untuk Website

Pengertian mudah dan sederhana dari hosting atau server adalah layanan online berbasis internet yang menyediakan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *