Home / Blogging / Jenis-Jenis Hosting Yang Wajib Kamu Ketahui!
hawkhost hosting terbaik

Jenis-Jenis Hosting Yang Wajib Kamu Ketahui!

Mengetahui jenis-jenis hosting tentunya menjadi salah satu hal yang cukup penting untuk diketahui karena dengan mengetahui berbagai macam jenis hosting kamu dapat dengan mudah memilih jenis paket hosting ketika akan membeli hosting untuk situs web atau blog yang kamu kelola.

Berikut ini beberapa jenis hosting yang perlu kamu ketahui.

  1. VPS Hosting

Jenis hosting pertama yang perlu kamu ketahui, yaitu VPS Hosting. Jenis hosting yang satu ini merupakan singkatan untuk Virtual Private Server hosting. Jenis hosting yang satu ini memberikan penawaran yang hampir sama dengan shared hosting, yaitu dimana satu komputer server bisa mempunyai beberapa situs yang dapat berjalan di atasnya. Tetapi, teknologi virtualisasi memungkinkan setiap account yang ada perlu diperlakukan selayaknya mesin sendiri dan dengan sumber daya sendiri yang berdedikasi dan juga sistem operasi.

Sebagai contoh, yaitu apabila didalam suatu lingkungan shared hosting semua klien berbagi sumber daya dari salah satu komputer yang sama. Kemudian, kebanyakan penyedia layanan shared hosting akan memiliki skrip yang akan membatasi sumber daya masing-masing dari para klien, sehingga tidak akan ada klien yang menggunakan semua sumber daya. Tetapi, klien tidak akan dijamin sumber daya komputansi yang bisa berfluktuasi dari waktu ke waktu yang tergantung pada seberapa banyak klien yang menggunakan sumber dalam waktu yang bersamaan.

Di sisi lainnya, VPS hosting bisa menjamin ketersediaan dari sumber daya untuk para klien dengan menggunakan teknologi virtualisasi tersebut. Hal ini akan memberikan klien dengan lingkungan hosting yang tentunya jauh lebih stabil dengan menggunakan sedikit atau bahkan tidak ada fluktuasi sumber daya yang tersedia. Niaghoter dan juga IDCloudhost merupakan VPS yang cukup banyak disarankan oleh penyedia hosting. Keduanya cukup cepat dan tentunya dapat diandalkan.

Apabila kamu pernah menggunakan program seperti VMWare, Workstation, Microsoft Virtual PC dan lain sebagainya, maka kamu sudah menggunakan konsep yang sama pada komputer yang kamu gunakan. Perangkat lunak seperti itu akan memungkinkan penggunanya untuk melakukan hal yang sama terhadap komputer pribadi yang kamu gunakan dengan memungkinkan kamu untuk hampir bisa menjalankan lingkungan dengan sistem operasi lain di atas salah satu yang telah diinstal. Seseorang yang menggunakan teknologi seperti ini pada komputer pribadi mereka terutama untuk test ataupun untuk menjalankan suatu software dan juga website di lingkungan yang terbilang berbeda tanpa perlu menimbulkan biaya lebih untuk membeli komputer yang baru.

  1. Shared Hosting

Jenis hosting yang kedua, yaitu Shared Hosting. Shared Hosting merupakan istilah yang biasa digunakan untuk layanan web hosting dimana terdapat beberapa situs yang berbagi sumber daya dari web server yang terbilang besar. Perlu diketahui bahwa terdapat banyak WordPress web hosting yang menyediakan tawaran shared hosting dengan harga yang cukup terjangkau mulai dari $1,98/bulan dan juga $3,89/bulan. Jenis hosting yang satu ini merupakan jenis hosting dengan pilihan yang paling murah dan juga paling terjangkau dari jenis web hosting lainnya, seperti VPS atau Dedicated Server.

Karena menawarkan biaya yang cukup terjangkau, shared web hosting dianggap cukup ideal untuk usaha kecil, situs web portofolio dan juga blog dan juga kebanyakan para pemula tidak memerlukan sesuatu yang lebih dari shared web hosting.

Mungkin beberapa dari kalian bertanya-tanya, mengapa shared hosting menawarkan harga yang cukup murah? Nah dengan mempunyai beberapa situs yang ada pada server yang sama, maka perusahaan web hosting hanya bisa memberikan layanan pada tingkat yang jauh lebih terjangkau. Contohnya, jika kamu menyewa suatu rumah sendirian, maka kamu akan bertanggung jawab untuk membayar seluruh biaya sewa sendirian. Tetapi, jika kamu memiliki teman sekamar ataupun teman yang lainnya, maka kamu bisa membagi pembayaran biaya sewa bersama temanmu tersebut, sehingga biaya sewa yang perlu kamu keluarkan pun menjadi lebih murah karena ditanggung bersama-sama oleh beberapa orang.

  1. Cloud Hosting

Cloud Hosting merupakan jenis hosting yang menggunakan teknologi terbaru yang mungkin saja belum kamu temui di penyedia layanan web hosting. Lalu, apa itu Cloud Hosting?

Cloud Hosting merupakan jenis hosting yang menggunakan teknologi dengan konsep komputasi awan yang memiliki kecepatan yang terbilang lebih baik dan juga lebih aman karena tidak hanya mengandalkan satu server saja, tetapi menggunakan banyak server yang tersebar di berbagai negara dan di berbagai titik. Dengan hal tersebut, tentunya membuat Cloud Hosting terbukti lebih aman, pasalnya apabila satu server tidak bekerja, maka server yang lain dapat menggantikan server yang tidak bekerja tersebut.

Cloud hosting juga menjelaskan metode konfigurasi server dengan cara yang cukup fleksibel yang memungkinkan kerja web yang paling terjangkau, terukur dan tentunya mampu diandalkan dalam infrastruktur web.

Walaupun cloud hosting memiliki harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan paket shared hosting, dan biaya yang perlu kamu keluarkan juga tergantung pada seberapa banyak sumber daya yang kamu gunakan. Tetapi, hal ini tentunya akan cocok dengan situs-situs yang berkembang di setiap waktu. Selain itu, dengan menggunakan cloud hosting juga akan lebih mudah ketika kamu membutuhkan sumber daya yang lebih besar.

  1. Dedicated Hosting

Dedicated hosting merupakan istilah yang pada umumnya digunakan untuk memberikan gambaran berupa paket web hosting yang menyediakan dedicated server dengan adanya sumber daya yang didedikasikan bagi klien tunggal. Dedicated hosting terbilang cukup ideal bagi website WordPress yang memiliki jumlah pengunjung yang sangat banyak atau sangat besar. Saat ini, banyak penyedia layanan WordPress hosting yang juga menawarkan Hosting Dedicated Plan Shared dengan VPS hosting Plan.

Misalnya, apabila dalam suatu rencana shared hosting terdapat klien yang ingin berbagi komputer dengan banyak klien lainnya, maka dalam kasus hosting VPS plan, klien akan berbagi mesin tetapi bukan sumber daya dengan klien lainnya yang ada pada komputer yang sama. Tetapi, rencana hosting khusus klien yang menyewa seluruh server dengan seluruh sumber dayanya. Perusahaan web hosting juga memberikan penawaran paket yang berbeda untuk Dedicated Hosting. Mengenai harga juga didasarkan pada pilihan klien terhadap hardware dan juga alokasi sumber daya.

  1. Managed WordPress Hosting

Managed WordPress Hosting merupakan jenis hosting yang dibangun khusus dengan tujuan menjalankan website yang menggunakan platform WordPress. Seperti yang telah kita ketahui bahwa WordPress merupakan platform website yang populer dan juga telah menguasai berbagai macam jenis platform yang telah ada saat ini, dengan mengetahui hal-hal tersebut, banayk penyedia layanan hosting yang membangun server mereka khusus bagi para pengguna WordPress dan bahkan terdapat perusahaan hosting seperti Bluehost yang memiliki paket hosting khusus untuk menjalankan WordPress dengan WooCommerce.

Kelebihan yang akan kamu dapatkan ketika menggunakan hsoting jenis ini jika dibandingkan dengan jenis hosting lainnya ketika kamu menjalankan WordPress adalah pada sisi server yang telah di optimalkan secara khusus sehingga WordPress dapat berjalan dengan baik.  Selain itu, terdapat beberapa keuntungan lainnya, seperti:

  1. Backup harian atau mingguan secara otomatis.
  2. Dukungan khusus dari ahli WordPress.
  3. Terdapat mekanisme keamanan yang terintegrasi dan dioptimalkan untuk WordPress.
  4. Update situs secara otomatis atau WordPress.
  5. Pengoptimalan kecepatan yang terpasang melalui jaringan caching dan juga CDN.
  6. Terdapat pengaturan server yang dioptimalkan khusus bagi perangkat lunak WordPress.
  7. Optimasi database built-in bagi WordPress.
  8. Optimalisasi skalabilitas (server dapat menangani lebih banyak lalu lintas apabila diperlukan).

Itulah tadi beberapa jenis hosting yang perlu kamu ketahui. Kamu dapat menggunakan jenis hosting yang sesuai dengan kebutuhan website kamu. Semoga bermanfaat!

Mau tau hosting yang dipakai website JuraganOnline.net ini ? Cek disini ya

Check Also

000Webhost

5 Layanan Web Hosting Terbaik dan Gratis yang Wajib Kamu Ketahui!

Layanan web hosting merupakan salah satu dari jenis layanan hosting internet yang mana memungkinkan setiap …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EBOOK GRATIS!

Dibongkar tuntas, rahasia para mastah menghasilkan puluhan hingga ratusan juta dari affiliate

Cek detail ebook dulu… klik disini

GRATIS!

Ebook ini bisa tuntun kamu miliki BRAND yang kuat – mudah untuk jualan – mudah dapatkan follower

mockup ebook panduan brand dikenal orang

Download sekarang juga. Gratis!

DIBONGKAR RAHASIA PARA MASTAH BER-BISNIS AFFILIATE

super affiliate e1522321658510
  • Mengapa bisnis ini menjadi favorit para pebisnis online
  • Tools apa saja yang mereka gunakan
  • Skill yang mesti kamu tahu untuk bisnis affiliasi ini
  • Bagaimana menciptakan "GIFT" untuk kumpulkan data
  • Traffic yang jadi andalan untuk jaring list email
  • Serta tips dan trik lainnya

Download Segera Sebelum Halaman Ini Saya Hapus!!

Bisnis affiliate hampir dilakukan oleh semua pebisnis online. Ebook ini akan bocorkan rahasia mengapa mereka dapatkan income puluhan juta bahkan ratusan juta dalam satu tahun

  • Sama seperti Anda, saya juga tidak menyukai SPAM. Data email Anda aman bersama Tim JuraganOnline