Home / Blogging / Inilah Kelebihan dan Keuntungan Menggunakan Cloud Hosting untuk Website!
Inilah Kelebihan dan Keuntungan Menggunakan Cloud Hosting untuk Website

Inilah Kelebihan dan Keuntungan Menggunakan Cloud Hosting untuk Website!

Pada saat ini, website semakin banyak yang beralih untuk host di cloud, namun bukan untuk shared hosting yang ada pada umumnya, sehingga hal ini menjadi alasan untuk mempertanyakan, apa sebenarnya yang bagus dari hosting di cloud.

Dapat dikatakan bahwa cloud hosting adalah versi yang lebih “lengkap” dari shared hsoting. Cloud hosting memakai beberapa servis sekaligus. Hal ini tentunya mampu menyeimbangkan load website serta memaksimalkan uptime server. Dengan cara kerja yang seperti inilah, cloud hosting dapat menjaga website kamu agar tetap online dan juga tidak down.

Nah tidak perlu berlama-lama lagi, berikut ini keuntungan dan kelebihan menggunakan cloud hosting untuk website.

 

Kelebihan Dalam Menggunakan Cloud Untuk Hosting Website Kita

Kelebihan:

  1. Hosting di Cloud Lebih Fleksibel

Kelebihan hosting cloud yang pertama, yaitu lebih fleksibel. Fleksibilitas hosting di cloud pertama kali ini akan ditunjukkan dalam hal sistem pembayaran yang cepat, pada saat kamu hanya dapat membayar untuk sumber daya yang kamu gunakan. Namun, ada juga yang memberikan penawaran berupa sistem pembayaran pay-as-you-go, dimana kamu hanya bisa mendapatkan apa yang kamu bayar.

Poin penting yang lainnya, yaitu kamu bisa mendapatkan akses ke file website kamu darimana pun dan kapan pun. Sehingga, karyawan kamu pun juga akan mendapatkan fleksibilitas dalam pola, cara kerja mereka dan juga praktik, dalam hal ini juga termasuk jam kerja dan geolokasi.

Fleksibilitas ini juga mengenai renovasi secara terus-menerus serta penawaran baru dari layanan cloud.

  1. Hosting di Cloud Lebih Cepat

Kelebihan cloud hosting yang selanjutnya, yaitu tentang kecepatannya yang sangat bagus. Hosting di cloud akan memastikan pemuatan website menjadi lebih cepat, yang menjadi salah satu hal yang sangat vital bagi pengunjung serta lalu lintas kamu. Menjadi hal yang sangat sepele pada saat cloud hosting mulai menawarkan isolasi data, waktu buka menjadi dikurangi sebab data tidak perlu melakukan perjalnan melalui perangkat keras agar dapat mencapai browser pencarian.

Tidak hanya itu, bahkan sebagian besar hsoting yang terkenal di opsi cloud pun juga menawarkan caching, yang sangat mengurangi waktu buka.

Apabila kamu memilih untuk mengaktifkan caching, maka ketika pelanggan kamu mengunjungi suatu halaman web tertentu untuk pertama kalinya, maka halaman HTML akan di-cache pada history cover. Dan di lain waktu, ketika pengguna yang sama mengirimkan permintaan HTTP yang mencoba untuk mengakses halaman kamu, maka hal tersebut akan dimuat langsung dari history cache dan hal itulah yang membuat pengiriman konten menjadi lebih cepat.

Kamu bisa cek disini untuk cloud lokal atau kamu bisa gunakan referensi cloud produk luar disini.

  1. Hosting di Cloud Lebih Murah

Perlu diketahui bahwa pada saat website kamu menggunakan cloud hosting, maka kamu hanya perlu membayar untuk sumber daya server yang sudah kamu gunakan dan bukan baiya tetap bulanan. Hal ini seperti pada saat kamu mengambil paket makanan mewah prabayar, maka kamu hanya perlu membayar tagihan restoran tersebut pada saat kamu sudah selesai makan.

Hal ini tentunya menjadi pilihan yang sangat menguntungkan bagi sebagian besar pemilik bisnis, sebab kamu bisa memakai sumber daya server (memori, CPU dan lain-lain) sebanyak mungkin dan seperti yang kamu inginkan dan hanya membayarnya sesudah kamu menggunakannya.

Sementara itu, pada shared hosting, apabila kamu memerlukan lebih banyak sumber daya, maka kamu perlu meningkatkan paket berlangganan kamu sepenuhnya.

Secara keseluruhan, biaya kamu akan sama dengan jumlah seluruh sumber daya server yang kamu manfaatkan.

  1. Hosting di Cloud Lebih Mudah untuk Dipulihkan

Kelebihan hosting cloud selanjutnya, yaitu kemudahannya untuk diperbaiki pada saat ada situasi buruk yang terjadi. Keberhasilan dari suatu bisnis sebagian besar juga terletak pada kesinambungannya, dimana hal ini berkaitan erat dengan keamanan data. Sehingga kelangsungan dari bisnis kamu terutama yang berkaitan dengan pemeiliharaan website, tergantung pada pemulihan data.

Kehilangan data bisa menjadi hal yang menyebabkan masalah serius, bahkan bisa menyebabkan kerugian atau bahkan bisa menyebabkan bisnis tersebut mati.

Server cloud mempunyai sarana pemulihan data yang kuat serta sistem yang sangat berhati-hati, seperti misalnya mengenai mekanisme backup data otomatis, hal ini terlepas dari backup rutin yang terjadwal.

Jadi, apabila ada situasi yang kurang menyenangkan, entah itu kehilangan data besar ataupun hanya kecelakaan kecil, maka kamu bisa mengambil keuntungan dari langkah-langkah keamanan preventif dengan tujuan untuk mengembalikan data kamu secara mudah.

  1. Hosting di Cloud Aman

Kelebihan dari penggunaan hosting di cloud selanjutnya, yaitu mengenai keamanan. Apabila kamu menggunkana cloud hosting, maka kamu tidak akan pernah sendirian. Hal ini karena penyedia yang kuat cukup peduli untuk mengurus segalanya yang dapat mengamankan situs kamu.

Data kamu juga tidak melakukan perjalanan yang melalui perangkat keras fisik, namun sebagai gantinya akan langsung diunggah ke cloud. Hal ini berbeda dengan server shared hosting, serangan hacker serta masalah perangkat keras tidak begitu menakutkan bagi hosting di cloud.

Hosting di cloud juga seringkali hadir dalam bundel pemeriksaan keamanan tertanam serta tindakan yang bsia kamu lakukan. Pada saat yang bersamaan, penyedia hosting juga mengambil tindakan mereka sendiri dengan tujuan untuk memastikan keamanan kamu, sebab mereka berkomitmen pada protokol keamanan tingkat tinggi.

 

Keuntungan Dalam Menggunakan Teknologi Cloud Untuk Website

Keuntugan:

  1. Dapat Mengelola Website dengan Mudah

Keuntungan menggunakan cloud hosting yang pertama, yaitu mudah untuk dikelola. Ini mempunyai berbagai macam opsi pengaturan serta pengelolaan website. Opsi yang dimiliki pun juga seklias hampir sama dengan yang ada pada layanan shared hosting. Hal ini tentunya membuat pemilik webiste yang ingin melakukan upgrade ke cloud hosting tidak perlu khawatir untuk mengelola websitenya.

Namun, layanan cloud hosting pun tetap mempunyai cPanel atau kontrol panel untuk mengatur segala hal teknis yang ada di dalam website. Tidak hanya itu, ada juga fitur WordPress Management untuk melakukan konfigurasi auto update dan juga melakukan preview web sebelum online ke publik.

Kemudian, layanan cloud ini juga kompatibel dengan Laravel dan Web Packages. Dengan adanya kedua software ini, maka kamu bisa mengembangkan aplikasi berbasis web dengan PHP.

Selain itu, kamu juga bisa menginstal platform yang diperlukan hanya dengan satu kali klik saja. Hal ini karena layanan web hosting yang satu ini juga mempunyai fitur auto installer. Dengan adanya fitur ini, maka platform yang ingin kamu gunakan, seperti Joomla, Laravel, WordPress, Weebly dan lainnya langsung siap untuk digunakan.

  1. Layanan Bantuan

Keuntungan dari penggunaan cloud hosting, yaitu ketersediaan bantuan. Bagi kamu yang melakukan upgrade ke cloud hosting, maka kamu tidak perlu khawater mengenai konfigurasi web. Pada umumnya, pihak support yang akan membantu kamu untuk memigrasikan website kamu, sehingg kamu tidak perlu memulai segalanya dari awal.

Tidak hanya mengenai migrasi website, kamu juga akan mendapatkan bantuan dari customer service bahkan selama 24/7. Kendala yang berkaitan dengan web hosting dan juga webisite kamu akan bisa diselesaikan pada saat itu juga.

  1. Website Selalu Online dan Cepat Diakses

Perlu diketahui bahwa cloud hosting mempunyai kemampuan yang setara dengan VPS. Ini memakai beberapa server sekaligus untuk menampilkan website. Hal seperti ini tentunya akan membuat website tidak akan down walaupun diakses oleh pengguna dengan jumlah yang banyak sekalipun.

Dengan adanya sistem yang sama, web hosting yang ada dalam bentuk cloud juga umumnya lebih cepat dibandingkan dengan layanan lainnya. Hal ini karena data hanya akan di transfer dari server yang dianggap paling responsif. Apabila terdapat gangguan dari salah satu jaringan server, maka data tersebut akan ditransfer dengan melalui server lainnya.

  1. Aman dari Serangan Malware dan Hacker

Mengenai keamanan, kamu juga tidak perlu ragu lagi dengan performa dari cloud hosting ini. Layanan hosting yang satu ini siap untuk mengatasi berbagai macam celah keamanan yang ada pada website. Hal ini karena layanan cloud yang satu ini juga dilengkapi dengan berbagai macam fitur keamanan yang dapat digunakan untuk menghalau malware dan hacker.

Itulah tadi beberapa keuntungan dan kelebihan dari penggunaan cloud hosting untuk website. Tentunya kamu tetap bisa memilih untuk menggunakan jenis hosting yang kamu inginkan yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Semoga bermanfaat dan semoga sukses!

Check Also

Cache Enabler

5 Rekomendasi Plugin Cache Terbaik untuk Percepat Situs WordPress!

Bagi kamu yang menggunakan WordPress, plugin cache menjadi salah satu plugin yang wajib untuk kamu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EBOOK GRATIS!

Dibongkar tuntas, rahasia para mastah menghasilkan puluhan hingga ratusan juta dari affiliate

Cek detail ebook dulu… klik disini

GRATIS!

Ebook ini bisa tuntun kamu miliki BRAND yang kuat – mudah untuk jualan – mudah dapatkan follower

mockup ebook panduan brand dikenal orang

Download sekarang juga. Gratis!

DIBONGKAR RAHASIA PARA MASTAH BER-BISNIS AFFILIATE

super affiliate e1522321658510
  • Mengapa bisnis ini menjadi favorit para pebisnis online
  • Tools apa saja yang mereka gunakan
  • Skill yang mesti kamu tahu untuk bisnis affiliasi ini
  • Bagaimana menciptakan "GIFT" untuk kumpulkan data
  • Traffic yang jadi andalan untuk jaring list email
  • Serta tips dan trik lainnya

Download Segera Sebelum Halaman Ini Saya Hapus!!

Bisnis affiliate hampir dilakukan oleh semua pebisnis online. Ebook ini akan bocorkan rahasia mengapa mereka dapatkan income puluhan juta bahkan ratusan juta dalam satu tahun

  • Sama seperti Anda, saya juga tidak menyukai SPAM. Data email Anda aman bersama Tim JuraganOnline