Home / General / Inilah Etika Penulisan Yang Baik Digunakan Di Dunia Maya Atau Internet
Inilah Etika Penulisan Yang Baik Digunakan Di Dunia Maya Atau Internet

Inilah Etika Penulisan Yang Baik Digunakan Di Dunia Maya Atau Internet

Saat ini, untuk melakukan aktivitas berkomunikasi, kita dapat melakukan berbagai macam cara mulai dari bertatap muka secara langsung, menghubungi melalui telepon ataupun melalui pesan atau chat dengan menggunakan aplikasi untuk chatting.

Dulu, sebelum adanya aplikasi untuk berkomunikasi, biasanya kita menggunakan SMS (Short Message Service) untuk berkomunikasi dengan kerabat kita, tetapi saat ini sudah banyak tersedia berbagai macam aplikasi untuk chatting yang dapat kamu gunakan untuk berkomunikasi,seperti Line, WhatsApp, weChat, Telegram dan berbagai macam aplikasi chatting lainnya.

Ketika kita berkomunikasi di dunia maya atau internet, tentunya juga terdapat etika-etika penulisan perlu ditaati oleh setiap pengguna internet. Hal ini dilakukan agar orang yang kita ajak untuk berkomunikasi tidak merasa tersinggung dengan perkataan yang kita tuliskan. Selain itu, etika tersebut juga akan membantu kita untuk mendapatkan berbagai macam manfaat yang ada di internet tersebut, seperti mendapatkan edukasi atau pengetahuan yang tentunya bermanfaat bagi setiap orang yang mengaksesnya.

Berikut beberapa etika khusus yang perlu kamu perhatikan ketika berkomunikasi di dunia maya atau internet.

  1. Hindari perilaku menghina orang lain

Etika pertama yang perlu kamu perhatikan ketika berkomunikasi di dunia maya atau internet adalah dengan tidak menghina orang lain. Ketika berkomunikasi di dunia maya, sebaiknya perkataan yang sifatnya menghina agama, status sosial, ras, gender dan lain sebagainya yang dapat memicu timbulnya debat kusir yang pada akhirnya akan menuju ke situasi yang emosional.

  1. Memberikan perlakuan yang seharusnya terhadap pesan pribadi yang kamu terima

Ketika sedang berkomunikasi di dunia maya, tak jarang kita akan menerima suatu pesan pribadi (private message) yang memang ditujukan untuk kita. Ketika menerima pesan seperti itu, sebaiknya jawab pesan tersebut secara pribadi juga dan tidak menjawabnya melalui suatu forum umum.

  1. Hindari menggunakan huruf kapital yang berlebihan

Perlu diketahui bahwa penggunaan huruf kapital yang berlebihan sering kali disalah artikan oleh sebagian orang. Beberapa orang dapat menganggap bahwa penggunaan huruf kapital yang berlebihan memberikan kesan suasana hati dari si pengirim pesan tersebut. Pada umumnya, penggunaan huruf kapital yang berlebihan akan dianggap sebagai cerminan seorang pengirim yang sedang marah, berteriak ataupun sedang emosi. Oleh sebab itu, gunakanlah huruf kapital yang sewajarnya.

  1. Ketika ingin membahas atau menyimpang dari topik yang sedang dibicarakan (out of topic atau OOT)

Tak jarang ketika berada di suatu forum atau pesan pribadi yang membahas mengenai suatu topik tertentu, terdapat beberapa topik lain yang ingin kita bahas dan menyimpang dari topik yang tengah dibicarakan. Untuk mengatasi hal tersebut, maka kamu dapat memberikan keterangan yang lebih jelas agar subjek diskusi tersebut tidak menjadi rancu.

  1. Mengutip seperlunya

Ketika kamu ingin memberikan sebuah tanggapan terhadap suatu postingan orang lain yang berada didalam suatu forum yang sama, maka kamu dapat langsung mengutip bagian inti dari postingan yang ingin anda tanggapi tersebut dan jangan membahas hal lainnya yang terkesan tidak perlu untuk dibahas.

  1. Memberikan kritik dan saran dengan semestinya

Ketika ingin memberikan sebuah kritik dan juga saran yang sifatnya pribadi, maka kamu dapat langsung mengirimkan pesan pribadi (personal massage) dan hindari mengkritik orang lain didepan forum yang dapat dibaca oleh banyak orang.

  1. Menggunakan etika bertanya yang baik

Ketika kamu memiliki pertanyaan yang ingin ditanyakan dalam suatu forum, maka kamu dapat menggunakan beberapa etika atau cara seperti dibawah ini:

  • Menggunakan bahasa yang sopan.
  • Hindari pemikiran bahwa pertanyaan yang kamu ajukan harus mendapatkan pertanyaan yang sesuai dengan apa yang kamu harapkan.
  • Memberikan judul yang sesuai dengan deskriptif yang ada.
  • Ajukan pertanyaan dengan menggunakan bahasa yang baik serta dengan urutan kata yang mudah di mengerti oleh pihak yang ingin kamu tuju.
  • Setelah pertanyaan yang kamu ajukan mendapatkan jawaban, maka kamu dapat membuat kesimpulan dari jawaban-jawaban tersebut.

Itulah tadi beberapa etika yang perlu kamu perhatikan ketika sedang berkomunikasi di dunia maya. Tidak hanya perlu memperhatikan etika ketika berkomunikasi ketika berada di dunia maya, etika berkomunikasi di dunia nyata pun juga harus diperhatikan. Semoga bermanfaat!

Check Also

7 Aplikasi Edit Foto Instagram Terbaik Yang Wajib Kamu Coba

7 Aplikasi Edit Foto Instagram Terbaik Yang Wajib Kamu Coba!

Tentu kita sudah tidak asing lagi dengan sosial media Instagram yang saat ini sudah banyak …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *