Inilah 3 Cara Mudah Menyembunyikan Alamat IP IP Address Yang Kamu Miliki

Inilah 3 Cara Mudah Menyembunyikan Alamat IP (IP Address) Yang Kamu Miliki!

Taukah kamu bahwa kamu dapat menjadikan aktivitas browsing web yang kamu lakukan menjadi aktivitas browsing web secara pribadi yang dapat kamu lakukan dengan cara menyembunyikan alamat IP (IP Address) kamu.

Tentu kita mengetahui bahwa dengan adanya internet pada saat ini telah memberikan banyak keuntungan bagi kita, selain itu internet juga memberikan kemudahan dari banyaknya aktivitas kehidupan yang kita lakukan sehari-hari. Tetapi, memberikan perlindungan pada aktivitas online yang kamu lakukan tentunya menjadi suatu hal yang harus dan perlu untuk dilakukan.

Apakah kamu mengetahui bahwa dari setiap situs web yang telah kamu kunjungi, sampai barang-barang yang telah kamu beli secara online, situs web, mesin pencari dan juga iklan mampu melacak setiap klik dari perpindahan yang kamu lakukan. Untuk menghindari hal tersebut, kamu dapat melakukannya dengan cara menyembunyikan alamat IP yang kamu miliki.

Alamat IP merupakan suatu nomor yang dengan cara unik dapat mengidentifikasi perangkat seluler ataupun komputer yang kamu gunakan pada saat terhubung dengan jaringan internet. Setiap permintaan web yang kamu buat akan dikirim dari alamat IP, kemudian daata yang dikirimkan kepada kamu kaan dialihkan kepada alamat IP.

Dibawah ini terdapat beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menyembunyikan alamat IP yang kamu miliki serta menutupi jejak kamu yang ada di pada web.

  1. Menyembunyikan alamat IP menggunakan Proxy

Cara pertama yang dapat kamu lakukan untuk menyembunyikan alamat IP atau IP Address adalah dengan menggunakan proxy.

Proxy web dapat berfungsi sebagai perantara antara kamu dan juga internet. Dengan menggunakan proxy, maka permintaan internet akan dikirimkan dari server proxy, kemudian informasi akan dikirimkan kembali kepada kamu dari proxy. Singkatnya, hal ini dapat dianggap sebagai lompatan ekstra bagi permintaan internet sehingga membuat mereka seolah-olah datang dari proxy dan bukan dari alamat IP kamu.

Seperti halnya dengan VPN, proxy anonim dapat menutupi alamat IP asli kamu dan juga mencegah adanya perangkat yang mengetahui dari mana lalu lintas tersebut berasal. Tetapi, tidak seperti VPN, proxy tidak akan mengenkripsi lalu lintas internet. Dan juga, proxy hany akan mengamankan lalu lintas browser, sedangkan VPN akan menggantikan jalur atau perutean ISP lokal kamu untuk semua layanan yang kamu inginkan.

  1. Memblokir alamat IP dengan menggunakan Tor

Bagi kamu yang memiliki tujuan untuk melakukan anonim secara keseluruhan serta menghindari terjadinya pelacakan secara online, maka kamu dapat menggunakan Tor (The Onion Router) yang dapat menjadi alat lain untuk melindungi privasi online yang kamu lakukan.

Dengan menggunakan Tor, maka mampu memantulkan lalu lintas web di berbagai server sehingga dapat membuat alamat IP yang kamu miliki tidak dapat dilacak kembali. Bagi siapapun yang mencoba untuk melacak permintaan daata kamu, mereka hany akan melihat node di jaringan Tor dan bukan kamu.

Untuk memakai jaringan Tor, maka kamu perlu mengunduh atau mendownload terlebih dahulu Bunder Browser Tor dari torproject.org, yang menjadi situs resmi Tor. Untuk menggunakan Tor yang menjadi software gratis dan juga open source, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya apapun, selain itu Tor juga cukup mudah diatur dan digunakan.

Sama halnya dengan Proxy, Tor tidak akan menawarkan enkripsi. Jadi, jika kamu menginginkan adanya enkripsi, maka kamu dapat menggunakan layanan VPN. Hindari menggunakan Tor untuk melakukan torrenting serta jarang gunakan plug-in dari pihak ketiga dengan Tor, hal ini dikarenakan aktivitas tersebut dapat mengganggu privasi kamu.

Baca Juga :  Inilah Alasan Penting Penggunaan VPN Yang Perlu Kamu Ketahui!
  1. Menyembunyikan alamat IP menggunakan VPN Tunnel

Dengan menggunakan VPN atau Virtual Private Network (jaringan pribadi virtual) merupakan salah satu cara terbaik yang dapat kamu gunakan untuk memblokir entitas luar agar tidak dapat melacak IP Address atau alamat IP serta memantau aktivitas online yang kamu lakukan. Hal ini juga termasuk dalam pemantauan atau aktivitas memata-matai yang dilakukan oleh mesin pencari, ISP, pemerintah, situs web, peretas dan juga pemasar iklan.

Penggunaan VPN mampu menyamarkan alamat IP serta mengirimkan lalu lintas internet dengan menggunakan VPN Tunnel yang terenkripsi. Jadi, jika ada yang mencoba untuk meretas ataupun melihat data tersebut, maka mereka hanya dapat melihat VPN Tunnel dan bukan apa yang terdapat didalamnya. Selain itu, VPN juga mampu terhubung dengan server-server lainnya yang berasal dari berbagai negara, hal ini dapat membuat kamu dapat mengakses berbagai macam situs web dan juga konten yang dibatasi secara geografis.

Itulah tadi beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menyembunyikan IP Addres atau alamat IP serta melinduni privasi online yang kamu lakukan sehingga aman dan juga terbebas dari pelacakan serta tindakan yang berpotensi merugikan lainnya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Check Also

animation software terbaik

7 Software Gratis Terbaik Untuk Membuat Animasi yang Wajib Kamu Coba!

Penting untuk diketahui bahwa animasi merupakan salah satu format terbaik bagi konten kamu. Untuk membuat …