Home / Tips dan Trik / Hal-Hal Yang Wajib Kamu Ketahui Dari VPN!
Hal Hal Yang Wajib Kamu Ketahui Dari VPN
Image by Stefan Coders from Pixabay

Hal-Hal Yang Wajib Kamu Ketahui Dari VPN!

Apa itu VPN?

VPN adalah singkatan dari Virtual Private Network. Pembuatan VPN ditujukan untuk menghubungkan jaringan dari 1 tempat ke tempat lain yang tentunya dapat digunakan dengan aman melalui jaringan publik.

Saat ini, VPN sudah banyak digunakan oleh masyarakat. Tujuannya? Tentu saja untuk mendapatkan koneksi internet yang aman dan private.

Terdapat beberapa penjelasan dari kata VPN, yaitu:

  1. Virtual : artinya hal yang semu atau tidak nyata
  2. Private : sesuatu yang tidak bisa diakses oleh sembarang orang
  3. Network : jaringan koneksi yang terhubung satu sama lain.

Apa saja manfaat yang didapatkan dari penggunaan VPN?

Terdapat banyak manfaat yang akan anda dapatkan dari penggunaan VPN, seperti:

  1. Hemat Biaya

VPN dapat membantu anda untuk menghemat biaya pengaturan jaringan terutama penggunaan pada jaringan lokal yang luas, kenapa? Karena menggunakan jaringan internet yang sudah tersedia sehingga anda tidak perlu membangun jaringan sendiri.

  1. Remote Acces

Maksud dari Remote Acces adalah kita dapat mengakses jaringan internet yang berada di komputer kantor atau dimanapun melalui jaringan internet yang tersedia.

  1. Privasi

Menggunakan VPN akan membuat privasi anda lebih terjamin karena terdapat fitur yang dapat menyembunyikan kegiatan yang anda lakukan dari ISP saat browsing di internet.

  1. Keamanan

Menggunakan VPN juga dapat melindungi jaringan internet anda dari serangan hacker terutama bagi kamu yang menggunakan Wi-Fi umum.

Apa saja fungsi-fungsi yang terdapat pada VPN?

Menggunakan VPN merupakan cara yang cukup aman untuk mengakses Local Area Network (LAN) yang berada pada area tertentu melalui jaringan atau koneksi internet lainnya. Penggunaan VPN juga dapat menghindarkan kita dari penyusup pada saat melakukan transmisi data yang bisa saja masuk secara tiba-tiba ke lalu lintas jaringan yang anda gunakan.

Sesuai dengan pengertian VPN yang sudah dijelaskan, berikut beberapa fungsi-fungsi VPN yang perlu anda ketahui:

  1. Origin Authentication (Otentikasi Sumber)

Fungsi pertama yang berada pada VPN yaitu Origin Authentication atau Otentikasi Sumber dimana VPN mampu mengautentikasi atau pembuktian terhadap identitas dari sumber pengirim data yang akan diterima. Jika proses autentikasi berhasil maka informasi atau data yang diterima akan disetujui. Dalam hal ini VPN akan menganalisis sumber-sumber data yang diterima sehingga dapat mencegah adanya pengiriman malware atau virus.

  1. Confidentially (Kerahasiaan Data)

VPN dapat menjaga kerahasiaan data serta informasi dari pengguna VPN agar tidak bisa digunakan oleh sembarang orang. Saat ini, penggunaan jaringan publik tidak sepenuhnya aman terutama bagi anda yang memiliki bisnis-bisnis besar seperti asuransi atau jasa konsultan yang memang sangat rentan dengan informasi-informasi penting. Tetapi anda tidak perlu khawatir karena dengan menggunakan VPN, kerahasiaan data anda akan terjaga melalui metode enkripsi.

  1. Data Integrity (Keutuhan Data)

Selain 2 fungsi yang sudah disebutkan sebelumnya, VPN juga memiliki fungsi untuk menyelamatkan data dari penyusup-penyusup yang tidak bertanggung jawab. Program VPN dapat memastikan bahwa program transmisi data dapat selesai dan diterima oleh penerima yang sudah ditentukan oleh user sebelumnya tanpa adanya perubahan atau manipulasi dari data yang dikirimkan.

Apa saja kelebihan dan kekurangan dari VPN?

Terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh VPN seperti:

  1. Kelebihan VPN:
  • Terdapat fitur keamanan VPN yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda
  • Penggunaan VPN dapat membuat mobilitas perusahaan menjadi lebih baik karena para pekerja dapat terhubung dengan jaringan kantor dimana saja bahkan dirumah sekalipun
  • Memiliki biaya yang murah sehingga sangat cocok bagi perusahaan yang membutuhkan jaringan khusus yang aman.
  • Mendapatkan keamanan optimal bahkan dari hotspot Wi-Fi
  • Dapat mengunduh berbagai data dari web seperti video, lagu dan film

  1. Kekurangan VPN:
  • Dibutuhkan perhatian lebih dalam penetapan sistem keamanan VPN
  • Bagi kamu yang menggunakan VPN untuk perusahaan dan dapat diakses oleh semua karyawan maka faktor keamanan memiliki resiko tersendiri karena informasi sensitif perusahaan dapat diakses
  • Terdapat batas untuk VPN yang digunakan bagi perangkat seluler
  • Navigasi menjadi lambat karena digunakan untuk kebutuhan enkripsi untuk mengamankan data user

Itulah beberapa pembahasan mengenai VPN yang perlu diketahui baik oleh kamu yang menggunakan VPN ataupun yang hendak menggunakan VPN. Apapun tujuanmu menggunakan VPN, sebaiknya gunakanlah fasilitas ini dengan bijak dengan tidak menimbulkan kerugian bagi pihal lain.

Check Also

game hilangkan stres sekaligus asah otak

Kamu Wajib Tau! 5 Website Gratis Yang Seru, Menghibur Dan Menambah Kecerdasan Otak!

Saat bosan umumnya seseorang akan melakukan sesuatu yang membuat rasa bosannya hilang, seperti jalan atau …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *