Home / General / Inilah Fungsi Dari 9 Jenis Protokol Yang Ada Di Dunia Internet!
Inilah Fungsi Dari 9 Jenis Protokol Yang Ada Di Dunia Internet

Inilah Fungsi Dari 9 Jenis Protokol Yang Ada Di Dunia Internet!

Tentu kita mengetahui bahwa sebuah komputer yang kita gunakan sehari-hari hanya dapat terhubung ke dunia internet dengan menggunakan jaringan internet yang tersedia.

Jaringan internet yang digunakan tersebut ternyata juga memiliki berbagai macam jenis dan pastinya dengan fungsi yang berbeda-beda disetiap jenisnya. Pada umumnya, protokol-protokol tersebut akan bekerja untuk memudahkan setiap penggunanya ketika akan mengakses internet.

Tetapi, masih banyak yang belum mengetahui bahwa suatu jaringan khususnya protokol yang biasa digunakan untuk menghubungkan penggunanya dengan jaringan internet yang ingin digunakan memiliki berbagai macam jenis.
Lalu, apa sebenarnya protokol itu? Apa saja jenis-jenis serta fungsi yang terdapat didalam protokol-protokol tersebut? Berikut beberapa pembahasan mengenai pengertian protokol serta berbagai macam jenis dan fungsi dari protokol-protokol tersebut.

Apa itu protokol?

Didalam jaringan serta dunia internet, protokol dapat diartikan sebagai suatu standar ataupun aturan yang berfungsi untuk memberikan izin atau mengatur suatu hal yang terkait dengan adanya perpindahan data yang terjadi dari satu komputer ke dua komputer atau lebih.

Protokol ini juga dapat digunakan untuk perangkat lunak, perangkat keras ataupun kombinasi dari perangkat lunak dan perangkat keras.

Apa saja jenis-jenis serta fungsi dari setiap protokol?

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa protokol sendiri dibagi menjadi beberapa jenis dan dengan fungsi yang berbeda-beda. Berikut beberapa jenis protokol beserta fungsi yang terdapat didalamnya.

1. RTP (Real Time Transport Protocol)
Jenis protokol yang pertama, yaitu RTP atau Real Time Transport Protocol. Jenis protokol yang satu ini pada umumnya digunakan didalam suatu jaringan IP.
Protokol jenis RTP memiliki fungsi transport jaringan dari ujung ke ujung dengan tujuan aplikasi yang mengirimkan suatu data yang real time. Contohnya adalah video, gambar atau audio. Data-data tersebut biasanya akan dikirimkan dengan menggunakan jaringan unicast atau jaringan multicast.

2. Protokol Ethernet
Jenis protokol yang satu ini merupakan jenis protokol yang hingga saat ini banyak digunakan untuk menghubungkan suatu komputer dengan internet. Protokol ethernet menggunakan metode akses yang disebut CSMA/CD (Carrier Sense Multiple Access/Collision Detection) yang berupa sistem dimana sistem tersebut mengharuskan setiap komputer yang ingin terhubung ke internet harus menunggu instruksi jaringan terlebih dahulu sebelum dapat mengirimkan data ataupun informasi menuju komputer lainnya.

3. DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol)
Protokol DHC atau Dynamic Host Configuration Protocol merupakan jenis protokol yang memiliki fungsi untuk memberikan sebuah alamat internet protokol (IP) yang sifatnya otomatis apabila komputer tersebut telah terhubung dengan cable connection dari ISP.

4. TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol)
TCP/IP atau Transmission Control Protocol/Internet Protocol merupakan jenis protokol yang memiliki standar komunikasi yang pada umumnya digunakan oleh suatu komunitas internet untuk melakukan suatu proses tukar-menukar data yang berasal dari satu komputer menuju ke komputer lainnya yang berada didalam jaringan internet.
Jenis protokol yang satu ini merupakan jenis protokol yang paling banyak digunaka pada saat ini. Protokol ini pada umumnya berbentuk sebagai perangkat lunak yang berada didalam suatu sistem operasi.

5. IMAP (Internet Message Access Protocol)
IMAP atau Internet Message Access Protocol merupakan jenis protokol standar yang biasanya digunakan untuk mengambil ataupun mengakses e-mail yang berasal dari sebuah server.
Protokol IMAP memungkinkan setiap penggunanya untuk memilih terlebih dahulu jenis e-mail yang akan diambil, menghapus e-mail yang ada serta mencari suatu e-mail.

6. SSH (Sucure Shell)
SSH atau Sucure Shell merupakan jenis protokol jaringan dimana protokol ini memungkinkan setiap penggunanya untuk melakukan aktivitas penukaran data yang dapat dilakukan secara aman anatara dua komputer ataupun lebih.
Pada umumnya, protokol SSH memiliki fungsi untuk mengendalikan suatu informasi yang berasal dari jarak jauh seperti mengirim ataupun menerima suatu file.

7. HTTP (Hypertext Transfer Protocol)
HTTP atau Hypertext Transfer Protokol merupakan jenis protokol yang sering digunakan untuk melakukan aktivitas transfer halaman web. Sebelum adanya protokol HTTP, para webmaster biasanya menggunakan protokol Gopher.

8. UDP (User Datagram Protocol)
UDP atau User Datagram Protocol merupakan jenis protokol yang terletak pada lapisan TCP/IP. Protokol yang satu ini dapat mendukung suatu komunikasi yang tidak andal (unrealiable) atau dapat dikatakan sebagai komunikasi tanpa koneksi TCP/IP.

9. FTP (File Transfer Protocol)
FTP atau File Transfer Protocol merupakan jenis protokol yang pada umumnya digunakan untuk melakukan aktivitas menggunggah ataupun mendownload suatu file. Pada protokol jenis ini, tingkat keamananannya akan didasarkan pada password serta username yang dibuat oleh komputer.

Itulah tadi beberapa jenis protokol beserta fungsi-fungsi yang terdapat didalamnya. Dengan perkembangan teknologi yang saat ini semakin canggih, tentunya membuat kita menjadi lebih mudah untuk mengakses ataupun mencari informasi yang kita inginkan. Oleh sebab itu, manfaatkanlah teknologi tersebut dengan sebaik mungkin. Semoga bermanfaat!

Incoming search terms:

  • fungsi protokol jaringan untuk sehari hari

Check Also

7 CMS Untuk Membuat Website yang Perlu Kamu Ketahui

7 CMS Untuk Membuat Website yang Perlu Kamu Ketahui!

Tentu kita mengetahui bahwa konten menjadi peran untuma untuk perjalanan dalam membangun perluasan informasi dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EBOOK GRATIS!

Dibongkar tuntas, rahasia para mastah menghasilkan puluhan hingga ratusan juta dari affiliate

Cek detail ebook dulu… klik disini

GRATIS!

Ebook ini bisa tuntun kamu miliki BRAND yang kuat – mudah untuk jualan – mudah dapatkan follower

mockup ebook panduan brand dikenal orang

Download sekarang juga. Gratis!

DIBONGKAR RAHASIA PARA MASTAH BER-BISNIS AFFILIATE

super affiliate e1522321658510
  • Mengapa bisnis ini menjadi favorit para pebisnis online
  • Tools apa saja yang mereka gunakan
  • Skill yang mesti kamu tahu untuk bisnis affiliasi ini
  • Bagaimana menciptakan "GIFT" untuk kumpulkan data
  • Traffic yang jadi andalan untuk jaring list email
  • Serta tips dan trik lainnya

Download Segera Sebelum Halaman Ini Saya Hapus!!

Bisnis affiliate hampir dilakukan oleh semua pebisnis online. Ebook ini akan bocorkan rahasia mengapa mereka dapatkan income puluhan juta bahkan ratusan juta dalam satu tahun

  • Sama seperti Anda, saya juga tidak menyukai SPAM. Data email Anda aman bersama Tim JuraganOnline