iPhone Simulator

Inilah Emulator Ios Terbaik Untuk PC (Windows Dan Mac) Yang Wajib Kamu Coba!

Pernahkah kamu mendengar kata emulator sebelumnya? Apa itu emulator? Dan bagaimana cara kerja emulator? Sebelum mengetahui emulator iOS apa saja yang dapat digunakan di PC (Windows dan Mac), kamu perlu tau terlebih dahulu tentang emulator.

Berikut ini beberapa pembahasan penting mengenai emulator yang perlu kamu ketahui.

 

Pengertian emulator

Emulator merupakan suatu perangkat lunak atau software yang dapat digunakan untuk menyalin hardware atau perangkat keras lainnya. Pada hal ini, umumnya merupakan suatu simulator perangkat keras (hardware) yang ada dalam suatu perangkat lunak atau software.

Cara kerja emulator

Pada umumnya, didalam emulator terdapat komponen perangkat lunak aplikasi dimana perangkat lunak akan menjalankan beberapa file seperti gambaratau file apk yang terpisah. Contohnya, seperti emulator Android yang mammpu menjalankan file “apk”. Hal ini juga sama dengan emulator PS2 yang mampu memutar file “iso”.

Pengertian emulator iOS

Emulator iOS merupakan suatu perangkat lunak yang memungkinkan setiap penggunanya untuk mengambil fungsionalitas dari perangkat lunak yang ada di iOS. Sehingga, pc yang berbasis Windows pun juga dapat menjalankan perangkat lunak yang ada di iOS.

Hal ini memiliki fungsi sebagai pengembang aplikasi dan juga bagi orang-orang yang ingin melakukan pengujian Apple App Store ataupun aplikasi yang lainnya yang sifatnya eksklusif hanya untuk iOS.

Tidak hanya iPhone, emulator iOS juga mampu mengemulasi iPad dan juga iPod. Perlu diketahui bahwa tidak ada monopoli yang terjadi di pasar ini karena terdapat banyak emulator iOS yang sudah tersedia saat ini.

Emulator iOS terbaik untuk Windows dan Mac

            Berikut ini beberapa emulator terbaik untuk Windows dan Mac dimana emulator-emulator yang ada dibawah ini dapat kamu download dan juga digunakan secara bebas.

iPhone Simulator

  1. iPhone Simulator

iPhone Simulator menjadi salah satu alat ampuh dari emulator iOS yang wajib kamu coba. Perlu diketahui bahwa kekuatan utama dari simulator jenis ini adalah dari jumlah fitur yang mamu dibawanya. Selain itu, User Interface Software yang satu ini juga telah dirancang dengan sangat baik.

Hal ini memungkinkan terjadinya kompatibilitas dengan beberapa aplikasi iOS dan membuat kamu tidak perlu lagi menghabiskan banyak waktu dan usaha didalamnya. Aplikasi-aplikasi yang secara efetif dapat ditiru oleh simulator ini, yaitu Jam, App Store, Kalkulator, Safari, Notepad dan lain sebagainya.

Jenis program yang satu ini akan sangat membantu bagi pengembang yang menyukai lingkungan iOS pada tahap awal pengembangan dari suatu aplikasi.

Mobione Studio

  1. Mobione Studio

Aplikasi emulator iOS yang satu ini menjadi aplikasi yang sangat populer. Aplikasi ini akan membantu penggunanya untuk meniru lingkungan dari iOS pada PC Windows.

Aplikasi ini juga mampu menjalankan berbagai macam aplikasi iOS lainnya secara mudah. Selain itu, aplikasi ini juga akan memberikan kemampuan kepada penggunanya untuk melakukan pengembangan pada aplikasi iOS.

Dengan pengunduh yang lebih dari setengah juta, aplikasi ini tentunya sudah diakui secara luas pada saat ini. Yang menarik dari aplikasi ini, yaitu adanya fitur UI yang mampu kamu personalisasi secara mudah. Selain itu, terdapat juga template yang cukup banyak untuk dipilih.

Kamu juga dapat menggunakan emulator iOS ini dalam mode landscape ataupun potret. Kamu juga akan mendapatkan dukungan untuk melakukan peninjauan serta menguji aplikasi yang memiliki ukurang besar dengan adanya bantuan dari teknologi App Sync.

Perlu diketahui bahwa aplikasi yang satu ini telah dihentikan, tetapi apabila kamu tetap ingin menginstallnya, maka kamu dapat mengunduh alternatif dari situs web lain dengan gratis. Tetapi, kamu perlu mewaspadai adanya virus-virus yang ikut serta dalam file-file yang tidak bisa di eksekusi. Dimana virus-virus tersebut bisa saja mengganggu kinerja dari perangkat yang kamu gunakan.

Appetize Io

  1. Io

Appetize.Io merupakan jenis emulator iOS yang didasarkan pada cloud. Oleh sebab itu, kamu tidak dapat mendownload serta menginstall software atau perangkat lunak yang satu ini secara langsung pada laptop atau desktop kamu.

Ini menjadi salah satu pilihan yang cukup bagus bagi para pengembang. Apabila kamu sedang mencari alternatif yang mampu membantu kamu dengan perangkat lunak kamu, maka kamu dapat mencoba untuk menggunakan Appetize.Io.

Kamu bisa mendapatkan versi gratis yang mampu digunakan selama 100 menit per bulan. Tetapi, jika kamu ingin mengupgrade layanan ini, maka kamu perlu mengeluarkan biaya sebesar $0,05. Kemudian, karena berbasis cloud, maka kamu tidak akan bisa menginstall aplikasi apapun di perangkat lunak tersebut.

Tetapi, kamu dapat menguji file.IPA di atasnya. Bahkan, kamu hanya perlu mengunggah file “.IPA” ke akun yang kamu miliki, setelah itu kamu dapat menggunakan aplikasi ini selama kamu membayar. Setelah proses pengunggahan selesai, maka kamu dapat meng-klik mainkan dan kemudian dapat debug aplikasi kamu.

iPadian iOS Emulator

  1. iPadian iOS Emulator untuk Windows 10

iPadian merupakan jenis emulator iOS yang mampu mengemulasi sistem operasi yang ada di iPad. Ini akan berjalan pada Windows XP dan juga versi Windows yang ada diatasnya. Dengan menggunakan iPadian, maka kamu dapat menemukan adanya tampilan launcher yang hampir sama dengan iPad. Tetapi, perlu diketahui bahwa sebenarnya iPadian bukanlah sebuah emulator, melainkan sebuah simulator iOS.

Ini didasarkan pada platform Adobe Air dan juga dilengkapi dengan adanya toko aplikasi bawaan yang didalamnya mencakup aplikasi yang mampu berjalan di Windows. Oleh sebab itu, kamu akan mendapatkan pengalaman dari aplikasi iOS. Tetapi, ada salah satu kelemahan yang perlu kamu ketahui dari iPadian, yaitu tidak bisa mengemulasi seluruh iPad, seperti Touch Function.

Masalah yang ada pada iPadian, yaitu tidak dapat meniru seluruh iPad, seperti fungsi Touch. Oleh sebab itu, kamu tidak dapat mengelami interaksi sentuhan yang sama ketika kamu bekerja dengan menggunakan tool di Windows dan fungsi gesek yang berhubungan dengan iPad juga tidak dapat bekerja secara maksimal.

Tetapi, hal hebat yang dapat dilakukan oleh iPadian, yaitu penggunanya mampu mendownload atau mengunduh versi gratis dimana telah disediakan App Store serta fitur-fitur lainnya. Tetapi, masih ada beberapa aplikasi yang terkunci.

Adobe AIR ios emulator

  1. Adobe AIR

Dengan menggunakan framework Adobe AIR runtime, maka kamu dapat membuat suatu instance baru GUI iOS secara langsung di PC Windows yang kamu miliki. Alat yang satu ini akan memungkinkan penggunanya untuk merasakan seperti apa suatu aplikasi yang akan terlihat dan juga berperilaku seperti halnya di iOS tanpa perlu benar-benar menjalankannya dalam sistem operasi tersebut.

Perlu diketahui bahwa batas replikasi perangkat keras memiliki arti bahwa kamu mungkin tidak mendapatkan perbandingan anatara apple dengan apple dalam hal perilaku aplikasi kamu, dan juga apa kamu yang kamu lihat di dalam AIR iPhone belum tentu sama persis dengan apa yang ada dirender atau yang terjadi di perangkat iOS yang sebenarnya.

Itulah tadi beberapa emulator iOS terbaik untuk PC (Windows dan Mac) yang dapat kamu coba. Kamu dapat menggunaka emulator iOS untuk PC (Windows dan Mac) yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Semoga bermanfaat!

Check Also

animation software terbaik

7 Software Gratis Terbaik Untuk Membuat Animasi yang Wajib Kamu Coba!

Penting untuk diketahui bahwa animasi merupakan salah satu format terbaik bagi konten kamu. Untuk membuat …