Home / SEO / Cara Mudah Optimasi Gambar Untuk Datangkan Trafik ke Website

Cara Mudah Optimasi Gambar Untuk Datangkan Trafik ke Website

/
/
36 Views
img

Panduan singkat plugin wordpress Auto Image Attribut

Untuk mendapatkan traffic menuju blog kita, bisa melalui konten berupa teks video dan juga gambar. Gambar bisa menjadi salah satu sumber trafik namun tidak semua blogger memanfaatkan ini khususnya mereka yang masih pemula. Di dalam dunia digital kita mesti memanfaatkan semua sumber daya yang  ada untuk mendatangkan traffic ke website kita termasuk trafik dari gambar.

Gambar penting untuk memberikan konten website menjadi lebih menarik. Dengan gambar bisa menjadi daya tarik tersendiri sekaligus juga bisa memberikan gambaran dari apa yang sedang dibahas dalam sebuah konten.

Namun seperti kita tahu bahwa mesin pencari seperti Google juga bisa melakukan pencarian berdasarkan nama gambar, tidak melulu berupa konten teks seperti gambar dibawah ini.

pencarian-konten-gambar-dengan-teks
pencarian konten gambar dengan teks
pencarian-konten-dengan-teks
pencarian konten dengan teks

Jadi adalah hal penting untuk kita memberikan nama sebuah gambar yaitu title tag dan dan alternatif teks tag (alt text) dari sebuah gambar sesuai dengan kata kunci yang kita target dan memberikan keterangan akan gambar tersebut.

Hanya saja terkadang kita suka lupa saat mengupload gambar di website kita tanpa menyertakan atribut alt text dan title gambar. Namun dengan adanya plugin optimasi gambar seperti Auto Image Attributes maka kedua atribut tersebut dapat diisi secara otomatis berdasar nama file gambar itu sendiri. Dengan demikian gambar kita menjadi lebih mudah terindex oleh mesin pencari dan menambah peluang untuk menambah traffic ke blog kita melalui gambar.

Dalam optimasi SEO website kita khususnya gambar ada beberapa hal yang harus kita tahu:

Atribut Alt text adalah komponen yang harus kita isi sesuai dengan kata kunci yang kita target namun menggambarkan keterangan dari gambar tersebut. Alt Text inilah yang dibaca oleh mesin pencari lalu kemudian ditampilkan pada browser website anda.

Atribut title adalah komponen yang sebaiknya kita isi untuk membantu bagi pengunjung website mendapatkan informasi tentang judul gambar.

Atribut description menjelaskan dari gambar yang dimaksud yang juga bermanfaat bagi mesin pencari untuk memahami gambar tersebut.

Cara Menggunakan Plugin Auto Image Attributes

Seperti biasa kita harus menginstal nya terlebih dahulu ke dalam halaman admin website wordpress kita yang telah dibahas lengkap cara install plugin pada wordpress.

Tampilan pada halaman setting plugin ini seperti gambar dibawah ini. Anda bisa setting sesuai kebutuhan. Sangat kaya fitur dan sangat membantu dalam optimasi gambar. Plugin ini juga bisa melakukan bulk optimasi gambar secara massal apabila ada gambar-gambar lama yang belum dioptimasi.

cara-setting-plugin-Auto-Image-Attribut
cara setting plugin Auto Image Attribut

Anda bisa mengaktifkan fitur otomatisnya agar setiap kali anda upload gambar ke dalam website anda maka title dan alt text akan otomatis terisi sesuai setingan. Nama file gambar sebaiknya sesuai dengan keterangan dari gambar yang dimaksud dan mengandung kata kunci yang memang Anda target. Nama file gambar inilah yang akan otomatis mengisi pada all title dan title Tag gambar pada saat di upload.


  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
  • Buffer
  • Pocket
  • stumbleupon
  • Reddit

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views :