Cara Mudah Mengelola Banyak Toko Online Dengan Woomultistore

Cara Mudah Mengelola Banyak Toko Online Dengan Woomultistore

Apakah anda pernah menggunakan strategi banyak toko online dengan produk yang sama? Jika iya maka plugin woomultistore akan sangat mempermudah pekerjaan. Plugin woomultistore dapat digunakan pada website berbasis wordpress yang menggunakan plugin toko online woocommerce sebelumnya. Seperti kita tahu plugin woocommerce adalah salah satu plugin yang sangat populer yang dapat membantu para pebisnis online toko online.

Membuat banyak toko dengan produk yang sama seringkali di lakukan oleh pebisnis online sebagai salah satu strategi untuk menjangkau sebanyak mungkin calon konsumen. Jika memiliki strategi yang benar tentu saja bukan hal yang tidak mungkin untuk mendominasi pasar.

Akan menjadi masalah jika anda memiliki 4, 5 atau 6 toko online dengan produk yang sama (atau sebagian sama) dan dari setiap toko online memiliki ratusan produk. Tentu saja ini akan sangat menyita waktu bila ada penyesuaian seperti jumlah barang yang laku atau mungkin pembaruan data deskripsi produk. Selain menyita waktu, juga bila dilakukan secara manual akan memperbesar resiko untuk terjadinya kesalahan data.

Kini hal itu tidak lagi menjadi masalah karena ada sebuah plugin woomultistore yang memiliki fungsi untuk mengerjakan semuanya secara otomatis yang melibatkan beberapa toko online sekaligus. Jika ada perubahan data kita cukup melakukan di satu toko online maka sisa dari toko online yang lain akan menyesuaikan.

Baca Juga :  Inilah Perbedaan Antara Marketplace, Ecommerce Dan Online Shop

Apa itu plugin woomultistore

Sebuah plugin dari pihak ketiga yang berfungsi untuk meningkatkan produktivitas dari toko online berbasis wordpress dengan woocommerce yang mana dapat mengelola beberapa toko online sekaligus. Hanya dengan satu admin memiliki akses untuk mengelola banyak toko online.

Masalah yang seringkali dihadapin bagi pebisnis online yang memiliki banyak toko online adalah keakuratan data dari toko online mereka. Jika sebuah barang terjual di 1 toko maka dengan plugin ini akan melakukan penyesuaian untuk stok di toko lain terhadap barang yang sama secara otomatis.

Selain itu plugin woomultistore itu akan membantu untuk pembaharuan data. Jika sebuah produk mesti diperbaharui datanya baik itu stok ataupun deskripsi suatu produk maka produk yang sama di toko yang berbeda juga akan menyesuaikan atau ter-update secara otomatis. Anda bisa bayangkan betapa plugin ini sangat membantu.

Bahkan anda pun bisa membuat pengecualian untuk penyesuaian data dengan kriteria tertentu saja, tidak semua data ingin disamakan, misal toko A memiliki harga harga 100.000 maka di toko B memiliki harga 150.000 untuk barang yang sama.

Inilah beberapa manfaat yang akan anda dapatkan dengan menggunakan plugin woomultistore:

  1. Anda akan menghemat waktu karena tidak mau melakukannya satu persatu
  2. Meminimalkan resiko terjadinya kesalahan input data di mana anda tidak perlu melakukan penyesuaian stok ataupun deskripsi dari sebuah produk
  3. Anda dapat mengekspor sebuah atau beberapa produk dari satu toko ke toko lainnya
  4. Update stock yang sangat baik dimana jika sebuah toko menjual suatu produk maka otomatis terjadi penyesuaian stok produk untuk keseluruhan toko.

Fitur utama plugin woomultistore

Manajemen stok
Dengan opsi sinkronisasi yang dilakukan secara otomatis maka akan sangat membantu pekerjaan dari admin untuk mengelola data stok produk anda.

Diferensiasi dari setiap toko
Setiap toko dapat menggunakan beberapa bahasa, atau mata uang, atau mungkin harga yang berbeda yang semuanya dikelola dalam satu manajemen.

Dashboard terpusat
Dalam satu dashboard dapat melihat keseluruhan data dari semua toko online yang ada termasuk penjualan.

Manajemen produk
Produk dikelola oleh situs utama namun penyesuaian lainnya situs lain juga dapat melakukannya.

Ekspor data produk
Data dari sebuah toko online dapat dipindahkan ke toko online lainnya sesuai kebutuhan.

Jenis produk yang sangat bervariasi
Plugin woomultistore ini dapat menyediakan apapun jenis produknya baik itu simple, grouped, eksternal dan variations

Sinkronisasi data dengan kriteria tertentu saja
Anda dapat mengatur seluruh data dari setiap toko apakah akan dilakukan penyesuaian atau tidak sesuai kebutuhan yang anda inginkan.

Itulah beberapa fitur utamanya namun ada banyak lagi fitur fitur lainnya yang sangat bermanfaat bagi mereka yang memiliki bisnis online khususnya toko online lebih dari satu.

Kesimpulan

Plugin woomultistore sangat bekerja dengan baik dan sangat menghemat waktu dan pekerjaan dari pemilik toko online. Produk ini memiliki harga yang sangat mahal yaitu sekitar $199 hanya untuk lisensi satu buah website. Tetapi jika melihat manfaat dan fitur yang dimilikinya tentunya ini akan sepadan dengan harga yang dikeluarkan.

Anda ingin mencobanya? Semoga artikel ini bermanfaat.