Home / Wordpress / Cara Menonaktifkan Editor Gutenberg Pada WordPress

Cara Menonaktifkan Editor Gutenberg Pada WordPress

Saat artikel ini ditulis WordPress telah melakukan update besar-besaran ke versi 5.0. Di mana versi ini membawa editor bawaan dengan konsep seperti Drag and drop atau biasa disebut editor Gutenberg.

Editor Gutenberg ini mirip dengan cara bekerjanya plugin page builder lainnya (seperti elementor) yang mana kita bisa melakukan Drag and drop item atau komponen ke dalam postingan atau halaman. Harapan yang mereka bawa adalah agar dari setiap user WordPress bisa memperkaya tampilan dan tata letak yang unik dari setiap konten yang mereka posting.

Jika anda sebelumnya telah terbiasa membangun sebuah website dengan menggunakan plugin tipe page builder, mungkin tidak terlalu kesulitan dengan editor yang baru ini. Tapi jika anda benar-benar seorang yang tidak pernah menggunakan plugin page builder maka diperlukan waktu untuk beradaptasi.

Jika anda masih kesulitan dan ingin kembali ke editor yang lama karena sudah terlanjur upload WordPress anda, anda bisa melakukannya dengan menggunakan plugin “Classic Editor“. Saran saya tetap menggunakan plugin daripada men downgrade wordpress ke versi sebelumnya karena alasan keamanan website wordpress Anda.

Jadi caranya cukup mudah untuk kembali editor yang lama hanya dengan cukup menginstal plugin classic editor.

Setelah plugin anda aktifkan, silakan masuk ke menu Settings-> Writing. Dan pada pilihan Default Editor for All Users silakan pilih Classic Editor.

Jika sudah ada aktifkan maka dari setiap halaman postingan atau teks saat Anda akan mengedit akan terdapat menu hover classic editor.

Dengan demikian anda telah berhasil menggunakan editor WordPress yang lama. Saran saya tetap belajar menggunakan editor Gutenberg karena membawa banyak fitur dan tentunya kedepannya akan pasti lebih mudah dalam penggunaan.

Jika anda ingin belajar bisa Anda lakukan dengan cara menginstal WordPress secara offline dan tutorial lengkapnya ada di sini => WordPress Offline


Check Also

featured image juragan online

Trik Sederhana Optimasi Blog WordPress Agar Meranking di Google

Kali ini kita akan membahas Bagaimana membuat sebuah website berbasis CMS WordPress agar bisa bercokol …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *