Home / Wordpress / Cara Menambahkan File Media Gambar Ke Dalam Artikel WordPress

Cara Menambahkan File Media Gambar Ke Dalam Artikel WordPress

Cara membuat sebuah konten artikel seringkali kita tidak hanya berisikan teks tulisan, tetapi juga kadang-kadang kita ikan gambar atau video atau juga sebuah file untuk didownload. Untuk fitur dari WordPress adalah sebuah tampilan yang sangat user friendly Dimana kita bisa menambahkan file gambar atau file lain ke dalam artikel kita.

Setelah kita login ke admin area,  di halaman content editor saat buat artikel, lalu klik tombol Add Media. Maka di sana kan ada beberapa di kolom kiri maupun di kolom kanan di kolom kanan ada dua tahap yaitu Upload Files dan Media Library. Jika kita sudah memiliki file atau  sudah pernah kita upload sebelumnya maka kita tinggal pilih melalui Media Library sedangkan jika gambar dimaksud belum pernah diupload maka kita klik tombol Select File atau bisa tambahkan dengan cara Drag and Drop yaitu kita menyeret gambar langsung ke halaman Insert Media ini. Setelah gambar berhasil diupload maka jangan lupa kita pilih.

Lalu kolom bagian kanan kita bisa lengkapi data-datanya seperti Titel-nya kemudian Caption Alt Title dan juga Description.  Untuk Alt-title sebaiknya kita isi  karena memang berguna untuk SEO.

Lalu di bagian bawah Attachment Display Setting untuk Alignment kita bisa mengatur apakah gambar untuk tampil di tengah, pinggir kiri atau pinggir kanan. Kemudian untuk menu Link To kita bisa arahkan ke Mediafile yang mana saat gambar diklik akan terbuka jendela baru berisi gambar tersebut, sedangkan untuk  Attachment Page gambar akan muncul dengan ukuran asli dalam sebuah halaman dari wordpress itu sendiri, sedangkan Custom URL, kita bisa arahkan kehalaman lain, atau ke website lain.

Setelah selesai tinggal klik tombol klik Insert into post.

Dengan cara yang sama seperti di atas Anda juga bisa memasukkan file lain seperti video atau musik. Semoga artikel ini bermanfaat. Selamat mencoba.

Versi vide0


Check Also

featured image juragan online

Trik Sederhana Optimasi Blog WordPress Agar Meranking di Google

Kali ini kita akan membahas Bagaimana membuat sebuah website berbasis CMS WordPress agar bisa bercokol …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *