Home / Wordpress / Cara Membuat Contact Form

Cara Membuat Contact Form

/
/
314 Views
img

Dalam sebuah website kita memerlukan sarana komunikasi antara pengunjung website dengan kita sebagai pemilik website. Dengan menggunakan sebuah form isian untuk bertanya yang kemudian dikirimkan melalui website menuju email kita.

Secara default WordPress tidak memberikan form kontak namun kita bisa menggunakan plugin gratis untuk membuat form kontak sesuai kebutuhan kita. Plugin tersebut adalah Contact Form 7 yang dapat kita gunakan dengan mudah dan tentunya Gratis.

Form kontak ini dapat berguna diantaranya memberikan orang lain jika ingin bertanya, ajakan kerja sama, proposal penawaran dan lain lain. Selain itu website kita menjadi lebih profesional jika dilengkapi sarana bagi visitor untuk mengontak owner website.

 

Langsung saja kita mulai. Silahkan download plugin contact form 7, lalu segera install dan aktifkan. Lalu masuk ke bagian menu Sidebar Menu WordPress – Contact, lalu tambahkan kontak form.

Pada bagian ini kita akan mendapatkan 4 tab menu yaitu form, mail, message, dan additional setting. Pada bagian tab menu Form, adalah bagian untuk kita mengatur kolom yang kita perlukan dan ini adalah tampilan yang dilihat oleh pengunjung. Pada bagian kotak merah nomor 2, itu adalah template/kode yang bisa kita gunakan dengan mengklik tombol yang diinginkan sesuai dengan kebutuhan kita.

Kita berpindah pada tab menu Mail. Pada menu ini kita bisa mengatur ke email mana saat si visitor menghubungi kita. Secara default email dari Contact Form ini akan terkirim ke email admin dari website.

Lalu pindah ke tab menu Message, disini adalah pesan-pesan dalam bahasa Inggris kita bisa mengubahnya menjadi bahasa Indonesia.

Sedangkan pada bagian tab menu additional setting, nggak bisa melihatnya seperti contoh pada halaman ini additional setting.

Setelah semuanya sudah siap Anda setting seperti yang diinginkan lalu silahkan copy shortcode di bagian biru.

Setelah itu copas di postingan atau page halaman yang ingin Anda gunakan di text editor. Sebaiknya Anda tulis dahulu bahasa pengantar tepat diatas shortcode yang Anda copas.

 

Itulah cara sederhana dalam membuat form kontak untuk website kita. Untuk yang lebih Advance lagi dalam mengolah Contact Form 7 ini akan diposting di artikel lainnya.

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
  • Buffer
  • Pocket
  • stumbleupon
  • Reddit

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views :