img
Home / Internet Marketing / Cara Jitu Membangun List Building Dengan Lead Magnet

Cara Jitu Membangun List Building Dengan Lead Magnet

/
/
639 Views

Membangun list sebaiknya sudah Anda mulai saat ini. Jika Anda sudah lama memulainya, saya ucapkan selamat. Jika Anda belum memulai, mulailah saat ini juga.

Dalam membangun list, entah itu email, no hp, tidak akan terlepas dengan yang namanya lead magnet. Lead magnet adalah istilah yang digunakan untuk produk digital yang diberikan gratis sebagai daya tarik untuk orang lain mau memberikan data mereka. Dalam hal ini email dan nama atau mungkin juga no hp.

Sebelum membahas list building dan lead magnet. Maka kita memerlukan beberapa bahan atau tools untuk membangun list kita. Disini kita akan memerlukan tool autoresponder, autoresponder ini bertugas untuk mengirimkan email terjadwal, yang mana memiliki peranan untuk berkomunikasi dengan list kita, atau sekedar menyapa, mengirimkan link download lead magnet yang kita janjikan dan lain-lain.  Untuk uraian lebih jelas mengenai autoresponder ini silahkan menuju link dibawah ini.

Review Autoresponder Terbaik

Baik, kita mulai pembahasan utama artikel ini.

Urutan prosesnya adalah kita menawarkan suatu produk (biasanya gratis, dan produk digital) kepada pengunjung website dan jika mereka tertarik, mereka harus memberikan email mereka guna menerima alamat link download produk yang ditawarkan.

Biasanya penawaran atau promosi lead magnet gratis ini bisa beupa widget optin, popup, optin ditengah artikel atau di akhir artikel, atau halamn khusus seperti squeeze page. Semuanya itu berfungsi untuk menangkap email dari pengunjung, tergantung seberapa besar anda bisa membawa mereka untuk optin/bergabung masuk list email anda.

Langkah Dalam Membangun List Building

Ada rangkaian proses yang optimal ditiap langkah dari membuat lead magnet hingga terkonversi menjadi subscriber. Berikut beberapa langkah dalam membangun list email.

  1. Lead Magnet Sesuai Dengan Konten Artikel/Niche

Pastikan lead magnet sesuai dengan konten / niche website. Dan pastikan topik yang dibahas lebih bersifat spesifik dan dalam, jika berupa ebook. Selain ebook juga bisa berupa graphic penunjang desain cover, ebook, gambar ilustrasi dan lain-lain.

  1. Buat Banyak Lead Magnet

Dalam sebuah website terkadang memiliki banyak topik atau kategori. Maka akan lebih baik jika memiliki banyak lead magnet sesuai dengan topik yang ada. Maka akan memberikan peluang lebih banyak list email karena minat setiap orang yang berbeda-beda.

Berikan optin untuk mendapatkan lead magnet yang telah Anda buat berdasar konten yang ada. Misal ada artikel dengan kategori list building, maka berikan optin disana dimana Anda memberikan penawaran lead magnet gratis sebuah ebook tentang teknik jitu membangun list building.

Lakukan hal yang sama untuk kategori artikel yang lainnya.

  1. List Building Yang Terkategorisasi

Dari setiap pengunjung yang melakukan optin/menjadi subscriber pisahkan mereka sesuai dengan list lead magnet masing-masing. Nantinya perlakuan kita terhadap masing-masing list akan berbeda, bentuk cara komunikasi melalui email dengan mereka akan menyesuaikan. Teknik marketingnya akan berbeda bila berbicara dengan orang yang minat pada suatu lead magnet tentang list building dengan peminat desain grafis.

  1. Lakukan Test Dan Ukur

Lakukan pengujian dan pengukuran dimanakah letak optin yang paling konversi, gambar, dan headline yang seperti apa yang banyak peminatnya. Lakukan test dan ukur untuk mengetahui chemistry yang terbaik.

  1. Promosi, Promosi Dan Promosi

Promosi bisa dilakukan melalui social media, ada banyak social media saat ini berkembang dengan pesat. Promosi juga bisa dilakukan melalui forum online.

Semakin banyak orang yang tahu tentang website/blog Anda semakin besar peluang mereka melihat optin penawaran Anda, semakin besar peluang mendapatkan list email.

  1. Persiapkan Seluruh Email Autoresponder

Persiapkan konten-konten bermanfaat terkait dimana list Anda berada (segmen/nama list Anda berada), artinya konten yang akan Anda berikan sesuaikan dengan minat awal mereka menjadi list Anda.

lead magnet

Macam-macam Lead Magnet

Sekarang jenis  lead magnet seperti apa yang cocok untuk digunakan pada website akan kita bahas.

Ada banyak jenis lead magnet yang bisa gunakan, silahkan sesuaikan dengan kemampuan skill dan finance dan niche website.

  1. Ebook

Ini adalah jenis lead magnet yang paling populer dan relatif paling murah dan paling mudah. Pastikan ebook yang diberikan berkualitas, bukan ebook yang dibuat asal-asalan.

Materi yang diberikan dalam ebook sesuaikan dengan niche website dan lakukan riset kecil-kecilan melalui google. Setelah didapatkan topik yang akan dibahas, tinggal cari kembali dengan melakukan searching di google lalu kumpulkan semua bahan yang didapat, ceritakan kembali berdasar penulisan sendiri.

Setelah lakukan editor singkat, dirangkai menjadi sebuah ebook, berikan cover yang menarik dan berikan headline yang mengginggit. Dan ebook siap untuk dipromosikan.

  1. Video

Video juga bisa menjadi produk lead magnet yang sangat menarik. Konten bisa berupa video tutorial atau studi kasus bahkan bisa berupa penjelasan sebuah artikel secara verbal, contoh penjelasan cara membuat produk lead magnet. Anda tidak memberikan dengan cara artikel, namun berikan penjelasan melalui video dengan teknik membuat slide sambil Anda menjelaskan dengan suara Anda.

  1. Kursus kilat

Benar,  ini adalah salah satu cara yang cukup manjur dengan mengadakan kursus kilat gratis. Kursus diberikan via email selama beberapa hari. Konten email bisa berisi konten artikel disertai modul dan video.

Contoh : kursus singkat belajar bisnis model affiliasi.

Dihari pertama saat mereka join berikan email ucapan selamat datang, jika perlu berikan daftar apa saja yang akan dipelajari.

Hari kedua berikan materi pertama hal dasar mengenai bisnis affiliasi. Bisa berupa artikel atau penjelesan melalui video. Dan seterusnya. Sampai beberapa hari saja kursus singkat berlangsung.

  1. Kupon diskon

Kupon bisa menjadi salah satu daya tarik dalam menjual produk digital sekaligus daya tarik untuk memancing visitor menjadi subscriber list email kita.

Berikan popup menarik disaat visitor berkunjung ke website. Tawarkan kupon yang Anda miliki saat menjadi affiliate sebuah produk dan jika memungkinkan berikan tambahan bonus penunjuang lainnya jika mereka mau memberikan data emailnya kepada Anda.

  1. Template

Produk digital yang satu ini juga bisa menarik visitor menjadi subscriber kita. Template disini bisa berupa template presentasi powerpoint, mock up, grafis penunjang promosi untuk halaman salespage, landingpage, dan lain-lain.

  1. Konten pdf website

Ada beberapa artikel panjang dan detil sehingga pembaca tidak bisa membacanya sekaligus. Atau ada diantara mereka ingin membaca secara offline, dan bisa kapan saja mereka ingin membaca. Maka bisa dilakukan dengan menawarkan file pdf untuk artikel dimaksud.

Berikan optin diakhir artikel untuk mendapatkan file pdf tersebut. Setelah mereka bergabung lalu berikan link download otomatis setiap mereka masukkan email.

  1. Content upgrade

Hampir sama polanya dengan teknik di nomor 6 diatas, dimana berikan artikel yang sangat bermanfaat dan berkualitas. Lalu ada tool atau informasi tambahan mengenai artikel terkait. Nah tool atau artikel tambahan ini berikan jika mereka memberikan data email mereka.

Lalu bentuk kontennya seperti apa? Ya bisa dilakukan dengan seluruh jenis lead magnet yang sedang kita bahas ini. Bisa video, template, artikel pdf penunjang dan lain-lain.

  1. Komunitas yang eksklusif

Cara ini bisa dilakukan dengan mempromosikan sebuah grup/komunitas online (contohnya group Facebook) dimana berisi konten yang lebih menjurus dan spesifik serta bisa saling sharing informasi bermanfaat.

Contoh : website Anda memberikan artikel berkualitas tentang bisnis online menjadi dropshiper. Berikan artikel tersebut secara lengkap dan mendetail.

Lalu ditengah artikel atau diakhir artikel tawarkan untuk bergabung bersama dengan komunitas online lainnya dengan memberikan email mereka, lalu bawa mereka kedalam akun group Facebook.

  1. Daftar kerja To do List atau checklist

Bisa berupa file pdf atau mindmap yang memuat konten seperti planning kerja, checklist langkah-langkah dalam berbisnis, atau mindmap seorang pebisnis dalam mencapai targetnya. Konten bisa disesuikan dengan tema yang sedang dibahas dalalm sebuah artikel.

Itulah beberapa jenis lead magnet yang bisa Anda manfaatkan untuk menarik banyak subscriber. Teknik ini bisa Anda kombinasikan sedemikian rupa dan disesuaikan kebutuhan.

Jika kita pemula yang bingung ingin membuat lead magnet. Solusinya adalah tentukan jenis lead magnet yang akan digunakan dan serahkan pekerjaannya ke outsourcing. Anda bisa mencari dengan googling atau menuju ke website kaskus, ads-id, marketplace outsourcing lainnya.

strategi promosi lead magnet

Strategi Promosi Lead Magnet

Setelah memutuskan jenis lead magnet yang dibuat, kini kita bahas strategi umum yang bisa kita kerjakan untuk mempromosikan lead magnet ini.

  1. Social media

Silahkan posting di akun personal dan di komunitas yang Anda ikuti. Promosikan disana lead magnet apa yang Anda tawarkan.

  1. Komunitas online

Ada komuitas online selain social media. Seperti Kaskus misalnya. Cari thread yang sesuai lalu postinglah disana apa yang Anda tawarkan.

  1. Iklan berbayar

Jika perlu berinvestasilah dengan iklan berbayar. Pastikan iklan yang baik dan eye catching sehingga bisa menjangkau banyak orang.

Anda bisa beriklan dengan Facebook ads, google ads dan lain-lain.

  1. Endorse influencer

Ajaklah kerjasama seorang yang memiliki pengaruh dan cukup dikenal dibidang/niche yang kita bidik. Hal ini bisa sangat membantu menarik banyak visitor.

  1. Promosi di blog sendiri

Pasang pop up, banner atau apapun yang sekiranya membuat visitor tahu dan menarik untuk mereka segera optin ke list Anda.

  1. Blogwalking

Silahkan jalan-jalan online dari blog ke blog lain, komentarlah pada postingan artikel yang satu niche dengan lead magnet Anda.

  1. Guest posting

Mungkin Anda bisa lakukan guest posting pada sebuah website yang memiliki traffic yang cukup banyak. Kontak adminnya, minta ijin jika Anda ingin posting artikel di website mereka. Tentunya Anda harus memiliki artikel berkualitas terlebih dahulu sebelum melakukan ini.

Itulah sedikit ulasan mengenai cara sederhana membangun list building dengan lead magnet. Semoga bermanfaat.

 

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

BINGUNG MAU MULAI DARI MANA ?

Segera bergabung di grup Facebook, belajar bisnis online untuk pemula, dari tingkat Basic hingga Advance. Sekarang atau tidak sama sekali.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

It is main inner container footer text
mastering bisnis online
mastering super affiliate
GRATIS!!Panduan Lengkap Menjadi Super Affiliate

GRATIS!!
Panduan Lengkap Menjadi Super Affiliate

Bongkar Tuntas Bagaimana Para Mastah Jalankan Bisnis Affiliasi Lokal


Powered by Kirim.Email

You have Successfully Subscribed!