Home / General / Berbagai Macam Sosial Media Yang Pernah “Naik Daun” Di Indonesia
Berbagai Macam Sosial Media Yang Pernah “Naik Daun” Di Indonesia
Image by Gerd Altmann from Pixabay

Berbagai Macam Sosial Media Yang Pernah “Naik Daun” Di Indonesia

Kita semua pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya media sosial atau biasa disingkat “Medsos”. Media sosial merupakan sebuah media online dimana para penggunanya dapat berbagi, berpartisipasi atau menciptakan sesuatu seperti wiki, blog, forum, dunia virtual dan jejaring sosial.

Saat ini, media sosial yang paling banyak digunakan adalah Facebook dengan pengguna yang mencapai lebih dari 1,5 Milyar orang. Selain itu, terdapat juga media sosial lainnya yang juga populer saat ini, seperti Instagram, Twitter, Kaskus, Pinterest dan lain-lain. Tetapi, sebelum semua media sosial seperti facebook, twitter atau instagram populer seperti saat ini, terdapat beberapa media sosial lainnya yang juga pernah populer di Indonesia loh, berikut beberapa media sosial yang pernah populer di Indonesia.

  1. Yahoo Messenger

Yahoo messenger merupakan salah satu aplikasi yang pernah populer di Indonesia. Yahoo Messenger juga merilis beberapa aplikasi chatting bagi para pengguna emailnya. Aplikasi ini mulai naik daun sebelum muncul aplikasi chatting seperti Facebook Chat, Whatsapp, Line, BBM dan aplikasi chatting lainnya.

  1. Mig33

Mig33 merupakan layanan aplikasi yang berfungsi untuk mengirim pesan secara instant melalui telepon seluler. Mig33 merupakan komunitas telepon seluler terbesar pertama di dunia, bahkan penggunanya sempat mencapai lebih dari 50 juta jiwa dimana penggunanya banyak berasal dari Indonesia. Melalui aplikasi ini, para penggunanya dapat bertukar emoticon, berkomunikasi dengan teman, bermain games, menemukan teman baru dan mengirimkan kado secara virtual.

  1. Plurk

Plurk merupakan layanan jejaring dan mikroblog gratis yang memberikan izin kepada para penggunanya untuk mengirimkan pembaruan melalui pesan singkat, antarmuka web, atau cara-cara lainnya dengan panjang karakter tidak boleh lebih dari 140 karakter. Jejaring sosial yang ini hampir sama dengan Twitter, walaupun sudah sedikit yang menggunakan jejaring sosial ini tetapi keberadaannya masih tetap diakui oleh beberapa kalangan.

  1. Friendster

Media sosial Friendster mungkin merupakan media sosial yang paling populer pada tahun 2004-2008. Aplikasi ini mengizinkan para penggunanya untuk mengubah tampilan halaman sesuka hati tanpa perlu mengeluarkan biaya alias gratis. Selain itu, terdapat fitur untuk melihat siapa saja yang sudah melihat profil kita. Menarik sekali bukan? Aplikasi ini paling banyak digunakan oleh penduduk Asia bahkan mencapai 90%.

  1. Ebuddy

Ebuddy merupakan aplikasi untuk mengirimkan pesan instant dengan menggunakan jaringan internet berbasis website dan telepon seluler yang didirikan pada tahun 2008. Untuk menggunakan Ebuddy melalui komputer, para penggunanya tidak perlu mengunduh ataupun menginstall aplikasi ini karena para penggunanya hanya perlu terhubung ke internet dan menggunakan web browser untuk menjalankan Ebuddy tersebut. Aplikasi ini ternyata juga mendukung beberapa layanan pengiriman pesan instant lainnya, seperti Google Talk, ICQ, Windows Live Messenger, Facebook, Myspace IM, Yahoo! Messenger dan AIM.

  1. mIRC

Media sosial yang dianggap sebagai nenek moyang atau buyut dari media sosial chatting yang lainnya adalah mIRC. mIRC didirikan pada tahun 1995. mIRC berfungsi untuk berkomunikasi dengan teman yang berada di berbagai belahan dunia. Media sosial yang satu ini sempat memilik pengguna terbanyak dalam kategori chatting dengan pengunduhnya mencapai 9.129.578 kali dari CNET pada Oktober 2007. Bagi kamu yang merupakan kalangan generasi antara akhir 90an sampai awal 2000an tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah-istilah pada aplikasi ini seperti ASL PLZ. Benar bukan?

  1. MySpace

Media sosial MySpace dibangun pada tahun 2004 oleh News Digital Media yang dimiliki oleh News Corporation. Aplikasi ini sering digunakan untuk mempromosikan hasil karya musik ke seluruh belahan dunia, bahkan aplikasi ini pernah mencoba untuk menyaingi Youtube dengan menampilkan berbagai macam bentuk video. Oleh sebab itu, aplikasi ini banyak digunakan oleh para musisi untuk mempromosikan hasil karyanya kepada publik. Hanya saja, pengguna aplikasi ini sekarang sudah tidak sebanyak dulu lagi.

Itulah beberapa media sosial yang pernah “Naik Daun” di Indonesia. Kemajuan teknologi saat ini ternyata telah membuat kita mengenal lebih banyak hal, termasuk aplikasi-aplikasi seperti yang sudah disebutkan diatas.

Check Also

Kamu Wajib Tau Inilah 5 Ciri Ciri Ponsel Yang Sedang Disadap

Kamu Wajib Tau, Inilah 5 Ciri-Ciri Ponsel Yang Sedang Disadap!

Untuk mendapatkan informasi mengenai sesuatu tanpa diketahui orangnya langsung banyak orang yang melakukan kegiatan penyadapan. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *