img
Home / Internet Marketing / Bagaimana Memilih Niche Blog Yang Sesuai Dengan Diri Anda

Bagaimana Memilih Niche Blog Yang Sesuai Dengan Diri Anda

/
/
527 Views

Alasan Pemilihan Niche Blog

Menentukan niche dalam membuat blog Dalam pemilihan niche dipengaruhi banyak hal. Dan setiap pilihan yang diambil akan memberikan hasil yang berbeda pula.

Berikut alasan yang biasanya diambil dalam menentukan niche :

  1. HPK (High Paying Keyword)

Ada yang karena melihat HPK sehingga tertarik menulis blog tersebut. Dengan melakukan banyak riset kecil-kecilan atau menyadur ulang artikel lain.

  1. Suka Atau Minat Akan Sesuatu

Ada yang karena minat yang tinggi dan menyukai akan niche tertentu. Sehingga rela dan dengan senang hati menulis blog karena minatnya yang tersalurkan.

  1. Pengalaman Dan Atau Pengetahuan

Ada karena alasan pengalaman dan pengetahuan yang baik akan niche yang dipilih sehingga dengan jelas dan gamblang menulis semunya dalam sebuah blog

  1. Hobby

Ada juga yang karena hobby lalu dituangkan dalam tulisan. Ada seorang blogger yang memang hobby akan kegiatan tertentu lalu berniat berbagi kisahnya dalam sebuah blog.

  1. Alasan Bisnis

Maksudnya adalah mereka yang fulltimer bisnis internet marketing dan sudah memiliki pengalaman serta sumber daya untuk mengerjakan penulisan blog. Seperti menggaji karyawan untuk menulis artikel. Meski tidak menguasai niche blog yang digarap tetapi ia sanggup untuk sewa jasa penulis artikel sesuai dengan kata kunci yang didberikan.

Menentukan Niche Sekarang

Buat pemula dan buat mereka yang menjadikan bisnis internet sebagai sampingan maka sebaiknya memilihi niche yang memang mereka sukai atau kuasai. Sehingga dalam perjalanannya tidak mudah jenuh atau mentok kehabisan ide dalam penulisan.

Untuk mempermudah menentukan niche coba tanyakan kepada diri sendiri apakah niche yang anda pilih memiliki market? Adakah orang lain diluar sana memiliki minat yang sama dengan blog anda? Jika ada seberapa besar?

Semakin besar minat atau marketnya maka akan semakin besar pula peluang untuk mendapatkan income dari Google Adsense. Google Adsense bisa mendatangkan traffic tidak hanya dari iklan yang di-klik visitor tetapi juga jumlah iklan yang tampil.

Dengan minat anda yang tinggi maka juga tentu akan semakin besar peluang blog anda akan terus bertahan dan update. Karena kesukaan anda tadilah membuat anda gemar dan rajin menulis artikel terkait. Sambil berjalannya waktu jumlah artikel anda terus bertambah yang akan berpengaruh juga pada jumlah traffic yang masuk.

 

Menentukan Niche bagi Pebisnis Internet Marketer

Anggap saja anda tidak memiliki sumber daya yang besar seperti untuk menyewa jasa penulis artikel.

Dalam menentukan niche blog, bisa mempertimbangkan point-point diatas. Lalu pertimbangan berikutnya adalah carilah niche yang pesaingnya sedikit, namun ada minat dan pasar di niche tersebut.

Setelah dapatkan niche pilihan, dan itu bukan bidang yang anda sukai apalagi kuasai maka bisa gunakan strategi menulis ulang artikel dari berbagai sumber. Bisa dari banyak artikel yang dikemas jadi satu, atau dari satu artikel yang langsung ditulis ulang dari angle yang berbeda.

Jika anda seorang internet marketer yang memiliki sumber daya untuk menyewa jasa penulis, maka target anda adalah bagaimana blog bisa menghasilkan. Berarti anda harus riset terlebih dahulu keyword yang akan menjadi target anda. Lalu dari keyword-keyword yang terpilih anda kembangkan menjadi artikel.

Berikut daftar niche yang memiliki market luas dan banyak pencarinya:

  1. Kesehatan
  2. Blog tutorial
  3. Internet marketing
  4. Teknologi – komputer, hp, gadget
  5. Pengembangan diri

Kesimpulan :

Ada dua hal yang bisa mempengaruhi anda dalam menentukan blog.

Hal pertama jika anda pemula dan belum memiliki sumber daya sewa jasa penulis maka tentukan niche berdasar minat, hobby atau pengalaman yang anda punya.

Hal kedua; jika anda memiliki sumber daya untuk sewa jasa penulis dan itu berarti anda berniat untuk berbisnis maka carilah niche yang memang dicari banyak orang, memiliki HPK tinggi dan banyak market disana. Meskipun anda tidak menulis, anda cukup riset kata kunci dan berikan kepada jasa penulis untuk mengembangkan menjadi artikel.

 

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

BINGUNG MAU MULAI DARI MANA ?

Segera bergabung di grup Facebook, belajar bisnis online untuk pemula, dari tingkat Basic hingga Advance. Sekarang atau tidak sama sekali.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

It is main inner container footer text
mastering bisnis online
mastering super affiliate
GRATIS!!Panduan Lengkap Menjadi Super Affiliate

GRATIS!!
Panduan Lengkap Menjadi Super Affiliate

Bongkar Tuntas Bagaimana Para Mastah Jalankan Bisnis Affiliasi Lokal


Powered by Kirim.Email

You have Successfully Subscribed!